Ganti Judul dan ALt sendiri

Transportasi Darat Jabodetabek Dari Masa ke Masa

 Transportasi darat di Jabodetabek


Transportasi Indonesia dari Masa ke Masa. Wah Umma langsung auto Dian lama. Secara bukan pengamat transportasi dan tidak pernah menyelami jauh mengenai hal ini.  Tapi baiklah kita akan bahas dari sisi kulit saja sesuai pengetahuan Umma ya. Mari kita mulai bahas. 

Perkembangan Transportasi di Indonesia

Dikutip Wikipedia Transportasi sendiri berasal dari bahasa Inggris Transportation yang artinya perpindahan manusia atau barang dari satu tempat ke tempat lainnya dengan menggunakan sebuah kendaraan yang digerakkan oleh manusia atau mesin. 

Transportasi atau pengangkutan ini digunakan untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan aktivitas sehari-hari. 

Di Indonesia sendiri transportasi sangat mempengaruhi kemajuan sebuah daerah. Semakin maju daerahnya maka moda transportation yang digunakan semakin canggih. 

Transportation sendiri terbagi tiga yaitu darat, laut dan udara. Transportasi darat terdiri dari angkutan umum, bus, kereta api, bemo, bajaj, sepeda, becak dan banyak lagi. 

Begitu juga dengan udara yaitu pesawat dan helikopter. Air yaitu kapal feri, kapal pesiar dan lainnya. 

Perkembangan Transportasi Darat Jabodetabek

Umma kali ini hanya ingin mengupas transportasi darat di wilayah Jabodetabek. Umma tertarik karena Umma ingat awal pertama kali ke Jakarta pada saat umur Umma masih 8 tahun. 

Meskipun saat itu Umma hanya berkunjung karena liburan setidaknya Umma pernah menikmati beberapa kali fase perkembangan Transportasi Darat ini di Jabodetabek. 

Mulai dari bus yang harus dikejar lari-lari, menikmati pengamen dan pedagang asongan menawarkan barang-barang, hiruk pikuk bajaj dan banyak lagi kenangan lainnya. 

Umma juga pernah merasakan naik bus tingkat keliling Jakarta.  Seru sekali. Sampai Umma yang baru menikah dengan pak su pernah juga menikmati kereta api jadul dengan sederet cerita lucu di dalamnya. Berikut kita kupas perkembangan transportasi umum di Jabodetabek:

1. Becak 

Becak adalah salah satu moda transportasi yang sangat populer pada tahun 1970-an. Sejarawan Susan Abeyasekere dalam bukunya, 'Jakarta: A History' menerangkan bahwa pada tahun 1970 terdapat 92.650 becak yang terdaftar di Jakarta.

Meskipun sampai detik ini becak masih ada di beberapa daerah tapi sebagian berpendapat moda-transport seperti ini dianggap bentuk eksploitasi kepada manusia dan banyak juga yang nggak tega jika kang becak mengayuh becak. 

2. Helicak 

Umma sendiri tidak pernah lihat langsung Helikopter Becak atau Helicak beroperasi. Helicak sendiri pertama kali diluncurkan di Jakarta pada Maret 1971 (saat pemerintahan Gubernur Ali Sadikin). Sekilas mirip becak tap pada Helicak bagian penumpang dihias mirip helikopter jadi penumpang bebas dari panas dan hujan. 

Helicak hanya bertahan selama 5 tahun hingga 1976  dan tergantikan oleh bajaj. 

3. Bajaj 

Sebagai perantau, Umma sangat antusias pertama kali ke Jakarta dan bisa langsung melihat dan naik bajaj. Meskipun sangat berisik tapi punya pengalaman tersendiri di hati kami yang jadi wisatawan lokal saat itu. 

Bajaj berasal sendiri berasal dari India  dan mulai  diekspor ke Indonesia sejak tahun 1970-an. Nama bajaj sendiri  merupakan merek salah satu perusahaan otomotif di India, Bajaj Auto.

Tapi saat ini kita masih menikmati bajaj dengan mesin yang tidak lagi berisik terutama daerah pusat seperti Monas, tanah Abang, Gondangdia, Cikini dan beberapa daerah Jakarta Pusat lainnya. 

4. Taksi

Taksi sebenarnya sudah jadi moda transportasi sejak dahulu. Tercatat sejak 1940-an. Bedanya dulu tidak menggunakan taksi seperti saat ini hanya  menggunakan mobil-mobil klasik bukan seragam seperti sekarang. Bahkan saat ini sudah ada taksi online yang siap pesan kapan saja dari rumah. 

5. Bus Tingkat

Nah ini yang paling Umma ingat waktu liburan di Jakarta. Bus Tingkat sudah mulai beroperasi sejak tahun 1990 dan hanya sebentar saja. Karena dianggap berjalan lamban dan tidak ramah di semua rute jalanan Jakarta. 

Tapi saat ini bus tingkat masih bisa dinikmati kok jika berkunjung ke Jakarta tapi hanya di beberapa rute saja terutama rute perjalanan di Jakarta Pusat dan bukan lagi jadi transportasi umum tapi untuk kepentingan wisata Jakarta. 

6. Moda Transportasi Darat Jabodetabek: Oplet, Angkot hingga Jaklingko Trans

Dulu angkutan umum paling dikenal adalah Oplet dan mulai terus berkembang hingga saat ini dikenal dengan nama angkot. Hanya saja saat ini terutama di wilayah Jakarta sudah ada namanya Jaklingko Trans dimana angkutan umum tidak berbayar yang memiliki beberapa rute di seluruh wilayah Jakarta. Keren ya. 

7. Transjakarta 

Umma mulai menikmati transportasi satu ini sejak Umma merantau setelah kuliah dan bekerja di ibukota. Transjakarta merupakan sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dan Selatan, yang mulai beroperasi sejak tahun 2004 di Jakarta, Indonesia. 

Perkembangan Transjakarta semakin tahun. semakin mengalami kemajuan. Sayang Umma sudah tidak punya pengalaman Transjakarta sejak tahun 2013. Tapi menurut informasi lebih canggih karena terintegrasi dengan banyak moda transportasi darat lainnya. 

8. KRL Commuter Line

Umma juga sangat antusias dengan perkembangan transportasi kereta api di Jabodetabek. Mulai dari kereta yang sangat tidak terawat dan banyak pedagang kaki lima bolak balik menjajakan makanan. Mulai dari kereta yang banyak penumpang duduk di bagian atas badan kereta hingga saat ini kereta yang lebih canggih dan bersih Umma pernah merasakan. 

Sebenernya layanan ini sudah mulai dioperasikan dengan nama KRL Jabotabek sejak tahun 1970-an hingga pemekaran Kota Depok pada 1999 dengan nama alternatif KRL Jabodetabek. Tapi tidak begitu populer. 

Tapi kini KRL Commuter Line sudah jadi transportasi yang paling diminati masyarakat Jabodetabek. 

9. MRT dan LRT

Salah satu moda transportasi yang belum pernah Umma rasakan sampai saat ini. Sebuah bukti kemajuan transportasi dari masa ke masa yang patut warga Jabodetabek berbangga hati. Pilihan transportasi yang bisa mengurai kemacetan. 

Bahkan saat ini, transportasi akan ditargetkan terintegrasi antara satu moda dengan moda lainnya, sehingga akan semakin memudahkan seseorang dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari. 

Nah, sekian cuap-cuap Umma mengenai transportasi darat Jabodetabek dari masa ke masa. Apa saja moda transportasi yang pernah teman-teman nikmati? Sharing yuk di kolom komentar..

Posting Komentar