Ganti Judul dan ALt sendiri

Luar Biasa, Ini Pengalaman Mengunjungi Istana Panda Taman Safari Indonesia

Pengalaman Mengunjungi Istana Panda Taman Safari Indonesia
Keindahan alam Kaki Gunung Pangrango Bogor berpadu dengan bangunan khas Cina tempat Giant Panda di Istana Panda Taman Safari Indonesia 

Ayo siapa yang pernah mengunjungi Istana Panda Taman Safari Indonesia (TSI)? Atau yang masih penasaran dan belum berkesempatan mengunjungi Istana Panda Taman Safari Indonesia? Mau tahu seperti apa sih pengalaman keluarga Umma mengunjungi tempat ini untuk pertama kalinya! Yuk kepoin!

Profil Istana Panda Taman Safari Indonesia

Istana Panda ini dibuka pada 28 September 2017 yang ditandai dengan kedatangan satwa panda bernama Hu Chun dan Cai Tao dari China. Sejak dibuka tempat ini jadi salah satu tempat paling favorit untuk dikunjungi. Rasanya belum lengkap jika belum ke tempat ini. 

Menariknya tempat ini berada di panorama tebing kaki Gunung Pangrango yang berada di ketinggian 1800 meter dari permukaan laut. Mengunjungi serasa berada di Cina. Hampir semua bangunan bernuansa Cina. 

Seperti yang disebutkan di awal, tempat ini istimewa karena kehadiran duo panda raksasa Cai Tao dan Hu Chun. 

Cai Tao adalah panda jantan yang lahir tanggal 4 Agustus 2010. Nama Cai Tao sendiri berarti pemuda yang tampan, karismatik, dan bangsawan. Sementara itu, Hu Chun adalah panda betina yang lahir pada 8 September 2010. Nama Hu Chun berarti danau di musim semi atau si cantik dari alam. Cai Tao dan Hu Chun lahir di China Conservation and Research Center for Giant Panda di Bifengxia, Yaan, Provinsi Sichuan, Tiongkok.

Harga Tiket Masuk dan Cara Menuju Istana Panda 

Shelter Bus Istana Panda 

Harga tiket masuk Istana Panda sudah include dengan tiket ketika masuk ke dalam Taman Safari Indonesia (TSI). Untuk harga Tiket Taman Safari Indonesia Terbaru  bisa cek ya disini. 

Nah, jika melihat binatang kita bisa menggunakan kendaraan pribadi dan fasilitas TSI, berbeda dengan menuju Istana Panda. Pihak TSI sudah menyediakan bus tersendiri menuju lokasi. 

Silahkan menuju Parkir E, disana sudah tersedia shuttle bus menuju Istana Panda. Jika ingin membawa stroller juga bisa kok. 

Jalan menuju lokasi sangat tinggi dan berkelok. Butuh keahlian khusus untuk menuju lokasi. Ini juga yang mungkin menyebabkan disediakan mobil khusus. Menuju lokasi di kelilingi pohon bambu di kanan kiri. Udara sejuk sangat terasa sekali. 

Tapi jangan lupa ya, awasi anak-anak saat di dalam bus karena medan curam dan berkelok bisa membuat anak-anak terjatuh dari tempat duduknya. Hanya butuh 8 menit untuk sampai di lokasi. 

Spot Penting di Istana Panda Taman Safari Indonesia

Pemandangan Indah Gunung Pangrango Bogor

Gunung Pangrango Istana Panda Taman Safari Indonesia
Spot yang kita lihat setelah keluar dari bus 
Istana Panda Taman Safari Indonesia


Sesampai di lokasi, kita akan langsung disuguhkan oleh indahnya pemandangan Gunung Pangrango Bogor. Hutan yang hijau dan sejuk membuat tempat ini begitu spesial. Perjalanan yang menegangkan terbayar dengan pemandangannya yang indah. Masya Allah. 

Street Food

Area di sebelah kanan saat keluar dari bus 

Setelah keluar dari bus, kita juga bisa menemukan street food. Banyak sekali pilihan makanan ringan yang bisa kita pilih. Semuanya tentang Panda mulai dari Roti, Cupcake, Donat, Bapao, Popcorn dan Aneka Minuman Hangat dan Dingin. 

Kisaran harga mulai dari 20k-50k. 

Landmark Giant Panda

Ini nih tempat yang tidak lupa untuk diabadikan oleh pengunjung Giant Panda. Landmark dengan tulisan Giant Panda dilengkapi dengan 3 Patung Giant Panda. Dibelakang terdapat bangunan khas Cina yang semakin menambah cantik tempat ini. Suasananya serasa di Cina. 

Landmark Giant Panda Istana Panda Taman Safari Indonesia 

Istana Panda

Istana Panda Taman Safari Indonesia 

Ini nih yang spesial dari lokasi ini, Istana Panda. Bangunan tiga lantai yang semakin membuat kita jatuh cinta pada Giant Panda. Menuju Istana Panda kita akan menelusuri beberapa anak tangga kemudian ada pintu besar dengan aksesoris khas negeri Cina. 

Lantai 1: Ada spot foto dengan duo panda dilengkapi dengan tulisan Istana Panda. Tempat ini juga terdapat Toko Souvernir khas Istana Panda. Semuanya berbau panda mulai dari gantungan kunci, baju kaos boneka dan banyak lagi. 

Toko Souvernir Oleh-oleh Istana Panda 

Lantai 2: Lantai 2 terdapat Restauran dan toilet yang bersih. Kebanyakan menu di restaurant ini menawarkan menu Chinese Food tapi juga ada menu Indonesia seperti nasi goreng dan lada cumi hitam. Harga menu di restaurant ini mulai dari 13k-150k. 

Kemudian di lantai 3, kita akan menemukan rumah Giant Panda. Selain itu kita akan melihat berbagai edukasi tentang Panda, bagaimana kehidupan mereka dan perjalanan mereka menuju Indonesia. 

Dalam kaca besar kita akan melihat kegiatan Duo Panda berguling, memakan bambu, berjalan dan lainnya. Seru deh sangat mengedukasi. 

Restaurant Istana Panda Taman Safari Indonesia
Restaurant di lantai 2 menyediakan aneka Makanan Chinese, Indonesia dan Eropa 

Pada setiap lantai ada beberapa pilihan akses yaitu menggunakan lift, eskalator dan tangga. Nah jika memilih akses tangga kita akan menemukan berbagai spot cantik dan menarik. 

Pada bagian bawah ada Red Panda ,  Mei Mei dan Yan Yan yang menggemaskan. Kita juga bisa berfoto dan memberi makan kepada mereka. Cukup membayar 50k saja. 

Satwa Tunggang 

Tahukah selain Panda disini juga ada binatang lain yang bisa ditunggangi yaitu kuda poni dan unta. Kita perlu membayar 50k untuk bisa menunggangi mereka. 

Pengalaman Keluarga Umma Mengunjungi Istana Panda Taman Safari Indonesia

Istana Panda Taman Safari Indonesia Bogor
Suasana di dalam bangunan Istana Panda dari sini kita bisa melihat aktifitas Panda 

Masya Allah, sebuah kenikmatan terbesar Umma dan anak-anak bisa mengunjungi Istana Panda. Maklum tinggal di kota yang minim pemandangan alam membuat kita begitu antusias ketika berkunjung ke pegunungan seperti ini. 

Dari awal menuju lokasi, kita sudah disuguhkan petualangan seru dengan jalan yang tinggi dan berkelok. Kadang yang menegangkan berpapasan dengan bus yang membawa pengunjung kembali ke lokasi shuttle bus. Umma sangat cerewet mengingatkan anak-anak berpegangan pada saat bus berkelok takut mereka jatuh. (Hihihi dasar emak). 

Awalnya Umma sedikit ragu ke Istana Panda, paling juga cuma lihat Panda. Kata pak su pemandangannya bagus. Dengan berat hati akhirnya Umma ikut juga. 

Tapi sesampai disana, Umma sangat takjub dengan kebesaran Allah. Benar sekali keluar dari bus kita disuguhkan keindahan alam pegunungan Pangrango dengan hutan yang hijau dan sejuk. Sudah lama Umma tidak menikmati suasana alam seperti ini. 

Kemudian kami menuju Istana Panda sambil penasaran dimana sih Giant Panda. Kami telusuri tangga demi tangga kemudian masuk ke dalam tak ada Panda hanya ada patung Panda dan toko souvernir. Kemudian kami menuju lantai 2, hanya ada Food Court. Anak-anak makin penasaran dan selalu bertanya.

"Mana sih mi Pandanya?" tanya mereka.

"Mungkin di lantai 3"jawab Umma. 

Kami menggunakan lift menuju lantai 3. Tetap belum menemukan Hu Chun dan Cai Tao yang terkenal itu. 

Panda sedang bermain di Istana Panda Taman Safari Indonesia Bogor 

Hanya ada edukasi mengenai Panda dan ruang teater. Setelah bertanya kepada petugas. Baru tahu kalau salah satu dari mereka sedang tidur. Satu lagi bermain di area outdoor. Maklum kami datang sudah sore menjelang tutup. (Buka 09.00-17.00). 

Apalagi mau naik satwa tunggang masih banyak antrian sementara hari sudah semakin sore. So far anak-anak sangat senang berkunjung ke Istana Panda. Melihat langsung Panda dan Red Panda serta beberapa binatang lainnya. 

Red Panda sedang asyik mengelilingi pohon 

Saran Umma bagi teman-teman yang ingin berkunjung ke Istana Panda. Lebih baik berkunjung pada saat weekday jadi tidak terlalu ramai. Tetapi jika hanya punya waktu weekend, sebaiknya sebelum eksplore spot lain di TSI, lebih baik kunjungi Istana Panda terlebih dahulu ya. Apalagi baca review dari Rumika s Journey makin menggebu-gebu lho pingin segera ke lokasi. Nggak percaya? Baca deh pengalaman Bubu Dita, Yaya Indro, Biru "Boo" dan Mika 

Sekian ya cerita pengalaman Umma mengunjungi Istana Panda Taman Safari Indonesia bersama anak-anak. Semoga review Umma bermanfaat. 



28 komentar

  1. Bisa nih ajak anak-anak weekend nanti. Noted sebelum eksplore spot lain di TSI, kunjungi Istana Panda terlebih dahulu!

    BalasHapus
  2. Keren tempatnya, seperti mall mini penuh asesoris panda dan ada pula panda aslinya. Lokasinya di tengah pegunungan nan asri. Saya belum pernah ke sana, tapi udah masuk list tempat yang harus dikunjungi suatu hari nanti.

    BalasHapus
  3. Wah aku belum pernah ke Taman Safari, soalnya setiap berencana kesana pasti full terus apalagi kalau liburan padahal waktu luang suami hanya saat libur hari besar. Makasih mbak referensinya, semoga bisa liburan ke Taman Safari dan tidak lupa mengunjungi istana panda.

    BalasHapus
  4. Masyaa Allah, seru banget ya kelihatannya. Banyak spot yang bisa dikunjungi, nggak cuma liat patung panda tapi juga bisa liat panda.y secara langsung.

    BalasHapus
  5. Waah, makin lengkap yaa fasilitas dan wahana taman safari sekarang, saya sudah lama sekali enggak ke sini. Coba ke sini lagi deh untuk mengunjungi istana Pandanya.

    BalasHapus
  6. Wah, seru banget jalan-jalan ke istana Panda ini Bunda. Selain udara sejuk, ada hutan juga, makin berasa pas gitu ya jalan-jalan ke taman Safari ini.

    BalasHapus
  7. Serasa kie negeri panda yak mba sepertinya, lengkap sekali dengan angunan khas neneri bambu

    BalasHapus
  8. Wah ada Panda asli kirain cuman replika aja sama patung-patung. Bisa jadi rekomendasi wisata kalau ke Jakarta

    BalasHapus
  9. asyiiikkk bgt
    destinasi yg ciamik
    patut dikunjungi bareng kluarga ya

    BalasHapus
  10. Masha Allah, serunya tempatnya dan panda jg lucu. jd pengen ke taman safari

    BalasHapus
  11. Ke istana panda ini wisatanya lengkap ya mbak, bisa memperkenalkan binatang pada anak, bisa wisata kulineran dan juga menikmati keindahan gunung pangrango

    BalasHapus
  12. MashaAllaa~
    Anak-anak pasti seneng banget ketemu panda.
    Dan anakku kalau nonton video Panda suka bilang "Ma, kerja yang paling besar gajinya tuh sebagai pemeluk panda."
    So Excited~

    BalasHapus
  13. Kyaaa pengen ikutaaan, kalo di Taman Safari sini kaga ada masihan pandanyaaa. huhu.. padahal pengen banget lihat red panda juga >.<

    BalasHapus
  14. Baru tahu kalau ada red Panda, jadi berasa jalan jalan juga nih kak. Pengen eksplore taman Safari Indonesia, semoga next bisa ajak anak anak ke sana

    BalasHapus
  15. ah klo ajak anak2 ke sana kayanya pada girang banget nih, sayang jauh banget dari malang hihi, tiket masuknya berapa kak?

    BalasHapus
  16. waaa ku blum pernah ke sini mbaaa

    seru kali yhaaa klo.pas liburan sekolah cuss rame2 bareng kluargaaaa

    BalasHapus
  17. Ya ampun lucu banget maskot pandanya di Taman Safari Indonesia , Mengingatkan saya pada kungfu Panda. Duh harus nabung kalau mau mengunjungi istana Panda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih Mbak berasa nonton live action-nya Kung Fu Panda karena ada patung-patung Panda yang lucu

      Hapus
  18. Taman Safari termasuk destinasi wisata favorit di Bogor ya, ga heran sih sering macet tapi antusias berlibur ke sana tetap besar. Anak-anak pasti betah nih liat panda yang lucu-lucu...

    BalasHapus
  19. Menarik nih tujuan wisatanya, jadi ingat Poo si Panda yang lucu di KungFu Panda
    semoga bisa berkunjung kesana suatu saat nanti

    BalasHapus
  20. aku pengen banget ke daerah barat, biasanya travelling ke timur
    mungkin next aku bisa usulkan untuk main ke sini wkwk

    BalasHapus
  21. wah ternyata ada panda juga ya di Taman Safari. saya belum kesampaian eh mau ke sana padahal kemarin sempat ke Bogor

    BalasHapus
  22. Meski dulu merasa gak mungkin ada panda bisa hidup di indonesia kini semuanya sudah terbukti nyata ya. Panda sehat dan lucu bisa jadi tontonan kita tak harus ke luar negeri

    BalasHapus
  23. Wah, kebetulan sudah lama sekali rasanya belum mampir lagi ke TSI. Banyak perubahan yang menarik seperit Instana Panda ini ya. Kebayang serunya eksplorasi di sana bersama anak-anak. Mudah-mudahan nanti ada kesempatan lagi untuk mampir ke Taman Safari ya.

    BalasHapus
  24. Wah, seru banget jalan jalan ke Taman Safari Indonesia yang di Bogor
    Aku belum pernah sih
    Aku pernahnya ke Taman Safari Prigen

    BalasHapus
  25. Oh ternyata tiket masuk ini include all in dari Taman Safari Bogor ya? Worth it sih kalau sudah termasuk beberapa atraksi dan wahana seperti Istana Panda, Safari Journey, Wahana Permainan, Komodo Dragon Island dan masih banyak lainnya.

    BalasHapus
  26. Langka juga yaaa ada red panda, selama ini taunya panda ya yang warn putih hitam aja. Coba deket nih, pasti saya susul umma dan anak2. 😉

    BalasHapus
  27. Wah lucu ya ada istana panda di Taman Safari, jadi pengen berkunjung ke sana ,,udah lama Aku gak ke Taman Safari

    BalasHapus