Ganti Judul dan ALt sendiri

Blogger Pemula Wajib Terapkan, Ini Manfaat SEO on Page Bagi Blog

Ini Manfaat SEO on Page Bagi Blog
Manfaat SEO on Page Bagi Blog 

SEO on Page sepenting apa sih? Umma juga baru tahu setelah ikut coaching Blogspedia ini! Sebelumnya Umma hanya menulis saja tanpa panduan. Tahu juga baru sekarang dan tahukah bahwa banyak sekali manfaat dari SEO on Page ini jika diterapkan pada setiap artikel kita. Yuk kita bahas!

Yuk Mengenal SEO on Page

SEO on Page adalah cara mengoptimasi website sehingga berpengaruh pada peringkat halaman website. Singkatnya tujuan kita nge-blog  tidak sekedar menulis tetapi bagaimana artikel kita ini berkualitas dan masuk dalam pencarian google. Dampaknya blog kita akan mendapatkan trafik yang baik dan ramai pengunjung secara organik (alami). 

Bagaimana cara mengoptimasi nya, ya itu tadi dengan memilih kata kunci yang relevan dengan tujuan kita menulis, memilih judul yang menarik pembaca, memperhatikan struktur heading - sub heading, menyematkan internal link, membuat meta deskripsi, menambahkan keterangan gambar dan beberapa teknik lainnya.

Intinya SEO on Page adalah optimasi website dengan mengoptimalkan konten yang kita punya dan faktor pendukung lainnya. (Bingung atau sudah mulai ada gambaran? Sahabat Umma, agar makin paham yuk kita lanjut!).

Ini Manfaat Optimasi SEO on Page

Nah, sebagai blogger pemula sebaiknya baca dulu informasi terkait optimasi website dan mulai bertahap praktekkan. Berikut manfaatnya bagi blog kita, jika kita terapkan secara optimal.

1. Artikel Kita Mudah Dikenal Mesin Pencari

Siapa yang sering menggunakan Mbah google untuk mencari berbagai informasi? Tentu saja kita sudah familiar dengan mesin pencari. Ketika kita tulis sebuah kata kunci maka sekejap Mbah google akan menampilkan banyak sekali pilihan artikel sesuai kata kunci tersebut. Nah itulah manfaat dari SEO on Page tersebut.

Jika kita menulis sebuah artikel, pastikan kita sudah menerapkan optimasi tersebut step by step agar mesin pencari mudah mengenali artikel kita. Alhasil artikel kita akan terlihat di mesin pencari. Apalagi bisa terlihat di lama pertama mesin pencari google. (Sungguh kerja keras yang membuahkan hasil).
Begitu juga sebaliknya jika kita mengabaikan optimasi ini, artikel kita tak kenal dan hanya dibaca oleh orang-orang tertentu saja.

2. Jangkauan Semakin Luas

Umma juga baru sadar begitu besarnya manfaat jika kita menerapkan optimasi ini. Tujuan kita nge-blog semakin jelas dan artikel janji kita tulis memiliki jangkauan sangat luas. Tentu ini adalah tujuan semua blogger bukan?

Artikel kita bisa bermanfaat oleh banyak orang dan ramah mesin pencari google.

3. Bisa Menyasar Target Pembaca Yang Tepat

Umma juga jadi paham betapa pentingnya jika kita menerapkan dengan maksimal. Maka tujuan nge-blog kita semakin tercapai lho. Seperti blog Umma yang ingin berniche Lifestyle sesuai Sunnah Rasulullah maka dengan penerapan optimasi ini, pembaca yang sedang mencari informasi gaya hidup sesuai Sunnah akan mudah menemukan blog Umma. (Semoga Allah mudahkan).

4. Sangat Membantu Personal Branding  Blog

Tentu saja dengan kita sering tampil di laman awal google dengan sendirinya personal branding kita semakin terbentuk. Google dengan mudah menginformasikan mengenai blog kita kepada para pembaca. Pada akhirnya personal branding blog kita akan semakin dikenal.

5. Masya Allah, Peluang Rezeki Datang Tak Terduga

Tentu saja salah satu tujuan nge-blog bagi sebagian orang adalah profesi. Jika kita sudah memilih blog sebagai profesi tentu saja kita perlu menerapkan optimasi ini secara maksimal.

Jika ini sudah jadi profesi atau pekerjaan dengan nilai tambah pekerjaan yang menyenangkan tentu peluang kadang rezeki akan terbuka lebar jika blog kita mudah dikenal mesin pencari.

Dampaknya ladang rezeki terbuka lebar dari blog bisa dari monetasi, adsense, endorse, afiliasi, menjual produk digital dan banyak lagi peluang lainnya.

Bahkan jika kita sudah masuk pasar ranah blogger profesional kita akan diundang sharing berbagai hal terkait blog atau Niche yang kita geluti di blog.

Tampilan Mesin Pencari Google saat Mencari kata kunci Blogger Sunnah 

Berikut Cara Sederhana Blogger Optimasi SEO on Page

Setelah kita tahu mengenai SEO on Page dan manfaatnya bagi blog kita, sekarang saatnya kita menerapkan poin-poin optimasi tersebut.

1. Pilihlah Kata Kunci Yang Tepat

Mulailah riset kata kunci pada pencarian google. Pilihlah kata kunci yang sedikit persaingannya. Sederhananya kita bisa memilih kata kunci dengan melihat jumlah artikel yang muncul di mesin pencari google. Makin banyak artikel dengan kata kunci tersebut maka kita perlu atur strategi memilih kata kunci yang memiliki peluang bisa masuk page one. 

Jika kita telah menentukan kata kunci maka langkah selanjutnya tempatkan kata kunci tersebut di beberapa tempat strategis yaitu  pada penulisan judul, sub judul, paragraf pertama, meta deskripsi, alt gambar, dan tentunya konten utama serta simpulan.

Tapi jangan hanya menulis kata kunci saja, tapi kombinasikan dengan pemilihan kata lain yang menarik.

2. Pilihlah Judul Yang Menarik

Tahap berikutnya adalah memilih judul yang menarik bagi pembaca. Jangan sampai click bait atau berlebihan. Judul click bait  akan menyebabkan pembaca tidak mau mampir ke blog kita lagi.

Apalagi jika judul tersebut tidak sesuai dengan isi konten yang kita buat. Alhasil blog kita buruk performanya. Jangan lupa masukkan kata kunci pada judul agar mudah dikenali oleh mesin pencari google.

3. Terapkan Struktur Heading dan Sub-heading Dalam Artikel

Tahukah sahabat Umma ternyata heading-subheading dalam penulisan artikel sangat penting bagi optimasi blog kita lho. Google menyukai sesuatu yang teratur sehingga jika kita bisa menerapkan ini pada artikel kita, maka mesin pencari akan cepat mengindeks artikel kita.

Penerapan Heading Sub-Heading akan membantu pembaca memahami poin per poin arah tulisan kita.

4. Terapkan Prinsip "Content is A King"

Benar banget, Umma juga jadi berfikir bahwa selain kita perlu memperhatikan masalah optimasi. Jangan sampai kita menghadirkan tulisan yang tidak berkualitas. Selalu gunakan prinsip "content is a king".

Intinya hadirkan tulisan berkualitas yang penuh manfaat dan membuat tulisan tersebut mengikuti standar optimasi yang SEO Friendly.

5. Pastikan Blog Kita Mudah Diakses dan Mobile Friendly

Satu lagi yang penting sekali kita perhatikan apalagi bagi blogger pemula adalah memastikan blog kita mudah diakses dan ramah bagi pengguna handphone.

Hal ini tidak bisa kita abaikan, teknologi membuat orang sangat dekat dengan handphone. Apapun dilakukan lewat gadget mereka dari urusan pekerjaan, hiburan, transaksi hingga mencari berbagai informasi.

Ini juga harus kita pikirkan bagaimana blog kita bisa ramah pengguna gadget. Begitupun dengan loading halaman blog kita jangan sampai lelet. Karena akan berdampak pada pengunjung enggan berlama-lama di blog kita.

Nah sekian ya bahasan Umma tentang SEO on Page dan manfaatnya. Apalagi bagi blogger pemula penting sekali. Jangan sampai tulisan kita berkualitas tapi tidak bisa diindeks oleh mesin pencari google sayang sekali bukan? Yuk bertahap kita terapkan. 

 

 




3 komentar

  1. Masyaallah jadi reminder materi Blogspedia Coaching lagi ini Umma. Keren nih blognya udah mudah dicari dan muncul di rangking teratas.

    BalasHapus
  2. MasyaAllah harus berguru sama umma nih soal blog. Pengen tahu gimana menjaga konsistensi nya umma

    BalasHapus
  3. Kalo ada kopdar kayaknya umma cocok jadi mentor juga nih

    BalasHapus