Ganti Judul dan ALt sendiri

Mengenal Nasi Kapau, Salah Satu Kuliner Wajib Dicoba Jika Berkunjung Ke Bukittinggi

Nasi Kapau khas Nagari Kapau Tilatang Kamang Agam Sumatera Barat 

Nasi Kapau tentu tidak asing bagi sebagian orang terutama perantau Bukittinggi. Kuliner ini berbeda dengan nasi Padang. Apa aja sih bedanya? Yuk kita bahas.

Apa Sih Nasi Kapau?

Bagi sebagian orang tentu saja belum familiar dengan nasi Kapau. Bedanya dengan nasi Padang terletak pada jenis lauknya.Nasi Kapau sendiri merupakan nasi ramas khas nagari Kapau Tilatang Kamang Agam Sumatera Barat. Makanya disebut nasi Kapau.

Jika ke Bukittinggi tidak sulit menemukan kuliner satu ini. Banyak restoran yang menyajikan menu nasi Kapau. Bahkan di dekat Jam Gadang ada area yang khusus menyediakan menu nasi Kapau. Tepatnya di Los Lambuang Pasa Lereng.

Biasanya ramai pengunjung pada hari libur dan lebaran.

Menu Apa Saja Yang Disajikan di Nasi Kapau?

Ciri khas nasi Kapau ini ada pada lauk Pauk nya yang hampir semuanya menggunakan santan. Diantara menunya adalah gulai cubadak (Sayur Nangka), tunjang , tambunsu, cancang, dendeng batokok, kuah rabuang (rebung), gulai paku (pakis), jengkol , sambalado dan banyak lagi.

Tak hanya itu kadang ada juga menu dandang yang tidak terlalu kering, ayam goreng, sambalado tanak, teri balado, ayam goreng kado hijau, gulai ikan kuah kuning, Kapalo ikan kakap dan masih banyak pilihan lainnya. Hampir semua menu bercita rasa pedas meskipun ada beberapa yang tidak pedas.

Review Umma Makan Nasi Kapau

Jika pulang kampung biasa Umma selalu menyempatkan diri makan nasi Kapau langsung di Los Lambuang. Biasanya Umma akan memesan tambusu dan dendeng batokok serta sambalado tanak. Rasanya benar-benar mantap sekali. Seperti malapeh Salero (melepas selera).

Harga untuk satu porsi Nasi Kapau mulai dari 25K dan akan bertambah sesuai lauk yang diminta. Tapi termasuk terjangkau ya. 

Tapi memang karena Umma sedikit bermasalah makan nangka makanya Umma hanya meminta sedikit kuah nangka saja. Tapi bagi pecinta kuliner khas Bukittinggi, wajib deh coba Nasi Kapau.




Posting Komentar