Ganti Judul dan ALt sendiri

Yuk Mengenal Panahan, Olahraga Rasulullah Bikin Sehat Jiwa dan Raga

Panahan Olahraga Rasulullah

Mendengar kata panahan, yang terlintas dibenak adalah olahraga Rasulullah. Memanah jadi salah satu olahraga yang disunnahkan oleh Rasulullah selain berkuda dan berenang. Tahukah ternyata olahraga panahan bikin sehat jiwa dan raga lho? Kok bisa? Yuk kita kepoin bareng Umma!

Mengenal Panahan, Olahraga Rasulullah Bikin Sehat Jiwa Raga

Sejarah Panahan, Olahraga Rasulullah Bikin Sehat Jiwa Raga

Dari literasi yang dibaca dituliskan bahwa panahan atau memanah merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan pada zaman purba untuk berburu dan bertahan hidup di hutan. Tetapi pada masa penyebaran Islam oleh Rasulullah dan para sahabat, memanah jadi salah satu senjata penting saat berperang. Diantara sahabat Rasulullah yang terkenal ahli memanah adalah Sa’ad bin Abi Waqash, Rafi bin Khadij dan Hamzah. 

Di Indonesia sendiri, tidak ada informasi kapan awal olahraga panahan. Hanya saja pada tanggal 12 Juli 1953 yang diprakarsai oleh Sri Paku Alam VIII, Persatuan Panahan Indonesia (PERPANI) dibentuk di Yogyakarta. 

Mengenal Nama Perlengkapan Panahan

Seperti kita tahu panahan adalah salah satu cabang olahraga yang menggunakan busur untuk menembakkan anak panah ke sasaran. Tapi tahukah ternyata tidak hanya busur dan anak panah saja lho perlengkapan panahan. Ada beberapa nama perlengkapan panahan lainnya. Berikut nama perlengkapan panahan yang perlu diketahui:

Busur 

Busur merupakan alat yang digunakan untuk menembakkan anak panah. Ada tiga jenis busur panah yaitu compound, longbow, dan recurve. 

Anak Panah 

Anak panah biasanya dibuat dengan panjang dan kekuatan tertentu. Di antara bahan yang digunakan untuk membuat anak panah adalah karbon, kayu, aluminium dan juga kombinasi karbon dan aluminium serta rotan. Ciri khas dari anak panah adalah runcing pada ujungnya. 

Nama perlengkapan panahan olahraga Rasulullah

Quiver 

Quiver adalah tempat menyimpan anak panah yang akan ditembakkan kepada target. Ada dua jenis quiver yang populer yaitu back quiver dan hip quiver. Back quiver diletakkan di bagian belakang tubuh sementara hip quiver yaitu quiver yang diletakkan di bagian pinggul. 

Finger Tab

Finger tab adalah perlengkapan panahan yang melindungi jari agar tidak sakit saat menarik busur. Finger tab terbuat dari kulit untuk memberikan kenyamanan kepada pengguna. 

Thumb Ring 

Thumb ring atau cincin ibu jari merupakan salah satu perlengkapan memanah yang digunakan untuk melindungi ibu jari saat menarik busur panah. Biasanya thumb ring digunakan untuk menarik busur jenis kuda karena menarik busur kuda menggunakan ibu jari dan telunjuk. 

Chest Guard

Chest guard atau pelindung dada merupakan perlengkapan panahan yang berfungsi untuk melindungi dada ketika menembakkan anak panah. Memanah tanpa pelindung dada akan membuat dada menjadi sakit karena terkena busur dan anak panah. 

Pelindung Lengan

Pelindung lengan merupakan salah satu  perlengkapan memanah yang berfungsi untuk melindungi tangan kiri dari tali busur saat menembakkan anak panah saat memegang busur dengan tangan kiri. Sebaliknya bagi yang kidal, maka pelindung lengan digunakan pada tangan kanan. 

Papan Target 

Papan target merupakan tempat anak panah ditembaki. Biasanya dalam panahan papan target terbuat dari busa agar anak panah terawat. Ciri khas papan target dalam olahraga panahan adalah adanya sepuluh lingkaran yang terdiri dari 5 warna (kuning, merah, biru, hitam, putih). Masing-masing warna menunjukkan skor yang berbeda. 

Nah, jadi tahukan banyak sekali nama perlengkapan panahan yang digunakan saat menekuni olahraga ini. Olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam yang menjadikan jiwa dan raga semakin sehat. Diantara manfaat olahraga panahan yaitu menguatkan otot tubuh, menyehatkan jantung, melatih keseimbangan, fokus, kesabaran, relaksasi, melatih koordinasi dan meningkatkan percaya diri. Patutlah Rasulullah sangat menganjurkan umatnya untuk ahli memanah karena dengan kemampuan ini seseorang bisa melatih keseimbangan diri antara lahir dan batin. Jiwa dan raga. Masya Allah, yuk mulai olahraga memanah biar sehat jiwa dan raga atas izin Allah!  Jangan lupakan perlengkapan panahannya agar olahraga makin maksimal ya!



12 komentar

  1. Wah jadi tahu kalau panahan itu nggak sekedar busur dan anak panah. Ternyata ada beberapa perlengkapan untuk keamanan juga ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget, mbak. Ternyata panahan tuh perlengkapannya banyak dan juga ga sekedar memanah aja

      Hapus
  2. Di pesantren anakku, archery termasuk ekskul yang paling diminati. Meski kudu ada biaya tambahannya untuk membeli peralatan memanah secara lengkap. In syaa Allah nanti kelas 8, kakak ikut memanah. Karena targetnya ingin lebih fokus dan kalau bisa ikut kejuaraan. Aamiin~

    Barakallahu fiik~

    BalasHapus
  3. Wah baru tahu kalau olahraga panahan memiliki alat-alat yang cukup beragam bahkan cukup banyak jenisnya, tapi kalau sudah mencobanya pastinya ngak bingung lagi ya. Olahraga panahan kalau kata guru anakku bisa melatih fokus dan daya konsentrasi juga.

    BalasHapus
  4. MasyaAllah. Kebetulan anak saya juga sedang belajar menekuni olahraga satu ini Umm. Saya sendiri sebenarnya juga berminat sekali dengan panahan. Tapi belum bertemu tempat latihan yang pas. Karena untuk anak, sementara kali ini masih berlatih melalui kegiatan eskul di sekolah dulu.

    BalasHapus
  5. Masya Allah. Save duu deh! Kebetulan anakku ikut ekskul archery dan pengen serius aku beliin partnya. Ga kebayang banget apa aja yang mesti disiapkan, baca ini jadi lebih kebayang

    BalasHapus
  6. Simpan dulu ah infonya buat nanti kalau anakku besar bisa ikut eskul archery, biar melatih fokus dan konsentrasi anakku juga

    BalasHapus
  7. Dari dulu pengen cobain olahraga satu ini. Tapi belum dapat yang sesuai, terutama yg khusus akhwat dan deket rumah.

    BalasHapus
  8. Ah iya
    Seingatku ada 3 olahraga sunnah yang dianjurkan ya mbak
    Selain memanah, ada berenang dan berkuda

    BalasHapus
  9. MasyaAllah dari dulu pengen banget ikutan olah raga ini gak kesampaian. Karena sayanya gak kesampaian, Akhirnya anak2 saya yg dari kecil sudah saya kenalkan dengan olahraga panahan 😍

    BalasHapus
  10. Alat panahan itu apa memang berat ya? anakku cowok kok sampe tangannya kesakitan kalo narik busurnya berat banget katanya. itu belum ngarahin ke titik targetnya

    BalasHapus
  11. Pernah mencoba menarik busur gini, waahh ternyata klo ga latihan, habis itu sakit semua jari, tangan dan lengan yaaa.. berat juga ternyata latihannya

    BalasHapus