Ganti Judul dan ALt sendiri

Resep Oncom Leunca Mudah Dibuat

 

Oncom Leunca Terenak di Indonesia 



Sejujurnya saya baru tahu oncom sejak merantau. Itupun tidak terlalu tertarik karena saya pikir paling juga manis, tidak enak dan bau. Secara oncom kan dari sisa ampas tahu yang di fermentasi. Tapi tahukah setelah saya mencoba. Ternyata enak juga, apalagi dimakan dengan nasi hangat. Rasanya mantap. 

Nah, beberapa waktu lalu saya mencoba membuat sendiri oncom leunca. Benar-benar simpel sekali dan rasanya enak dan mantap betul. Tiada duanya. (Hihi maklum emak terlalu lebay saat tahu rasanya seenak ini). 

Berikut saya coba sharing resep yang kami buat di dapur keluarga. Setelah sering mencoba saya berkesimpulan makin pedas makin mantap rasanya ya teman-teman. Sesuaikan saja dengan selera keluarga. 


RESEP ONCOM  LEUNCA TERENAK DI INDONESIA


Bahan-Bahan Oncom: 


2 papan oncom hancurkan
segenggam leunca bersihkan
1 sdt garam
1/2 sdt kaldu jamur

Leunca dan Oncom








Bumbu Halus: 


4 siung bawang merah
3 siung bawang putih
4 buah cabe merah 
2 buah cabe rawit atau sesuai selera



Cara Membuat:


1. Tumis bumbu halus
2. Masukkan leunca hingga layu
3. Masukkan oncom
4. Aduk merata dan tambahkan garam dan kaldu. Coba dan sajikan bersama nasi hangat. 

Masya Allah, mudah dan anti ribet. Apalagi modal membuat oncom leunca murah sekali. Per Juli 2022 harga 1 papan oncom Rp. 1000,-  dan segenggam leunca hanya seribu rupiah juga. 

Murah tapi rasanya tidak murahan lho. Meski terkesan masakan tidak berkelas. Wow saat dicoba saya yang dari kecil berlidah Padang ternyata juga menyukai menu satu ini. 

Katanya kalau ditambah daun kemangi juga rasanya makin mantap. Aroma Kemangi membuat makin membuka nafsu makan. Anak-anak juga suka lho. 

Penasaran? Wajib coba ya dan jangan lupa sharingnya. 


Oh ya selain dibuat Oncom Leunca, juga bisa dibuat tumis, campuran teri tempe, membuat combro, bola-bola oncom, nasi tutug, tumis kangkung, olahan tauge dan banyak lagi sesuai kreasi masing-masing. 

Semoga menginspirasi ya. Salam sayang dari Enak Fadhlan yang dikenal dengan nama Juwita. 



 

Posting Komentar