Ganti Judul dan ALt sendiri

Skala Prioritas Muslimah: Ilmu Penting Dipelajari Seorang Wanita

Skala Prioritas Muslimah: Ilmu Penting Dipelajari Seorang Wanita
Skala Prioritas Muslimah: Seorang perempuan harus mempersiapkan diri sejak kecil agar kelak perannya di masa akan datang bermanfaat bagi dirinya, keturunannya dan agamanya

Umma terinspirasi dari kajian Ustaz Muhammad Nuzul Dzikri yang berjudul "Ilmu Apa Yang Harus Dipelajari Seorang Wanita?  . Sebuah nasehat yang penting sekali untuk diketahui oleh setiap muslimah. 

Ya, memiliki cita-cita yang tinggi tentu saja hak setiap manusia termasuk muslimah. Tetapi ada hal penting lainnya yang perlu dipersiapkan yang menjadi skala prioritas seorang muslimah. Pastikan poin-poin ini sudah dipersiapkan agar tidak menyesal kelak di akhirat. Tempat berpulang kita selamanya. (Surga atau Neraka). 

Dalam video tersebut ada 3 urutan skala prioritas yang penting sekali dipersiapkan oleh seorang wanita muslimah:

1. Ilmu Mempersiapkan Kematian Agar Khusnul Khatimah

Orang yang cerdas adalah orang yang bisa menentukan skala prioritas dalam hidupnya. Dan tentu saja prioritas utama setiap orang adalah sesuatu yang pasti terjadi di masa yang akan datang. 

Sesuatu yang pasti adalah kematian.

Saat kita sudah mengetahui bahwa kematian adalah suatu kepastian, tentu saja sebagai manusia kita wajib memprioritaskan diri kita untuk menghadapinya. 

Tentu saja kita akan memastikan diri kita masuk dalam golongan orang yang Khusnul Khatimah saat menemui kematian. 

Kita akan memastikan diri kita masuk ke dalam surganya Allah sebagia tujuan akhir hidup kita. Maka prioritas pertama kita sebagai muslimah adalah mempersiapkan diri dengan belajar mengenai kematian yang Khusnul khatimah dan masuk surga. 

Tentu saja yang perlu kita lakukan dalam mempersiapkan dengan mempelajari ilmu din yang sesuai dengan tuntunan Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam. 

2. Skala Prioritas Muslimah: Mempelajari Ilmu Istri dan Menikah

Yup, fitrah seorang perempuan adalah menjadi seorang istri. Sehingga sebelum menikah penting sekali setiap muslimah untuk mempelajari ilmu yang berkaitan dengan menjadi seorang istri. 

Pepatah Arab mengatakan

 الأُمُّ هِيَ المدْرَسَةُ الأُوْلَى فِي حَيَاةِ كُلِّ إِنْسَانٍ

Ibu adalah sekolah pertama bagi kehidupan setiap orang.”

Jadi konsentrasi utama seorang muslimah adalah menyiapkan diri menjadi madrasah bagi keluarganya terutama anak-anaknya kelak. 

Menikah bukan hanya bermodalkan kesiapan lahir dan batin saja. Tapi juga dipersiapkan ilmunya. Bagaimana menjalankan kewajiban sebagai istri, mengatur rumah, keuangan, anak dan lainnya..Hal itu semua wajib dipersiapkan dari awal. Tentu saja, balasannya surga Allah. 

3. Bidang Lain Yang Bisa bermanfaat bagi Umat 

Jika dua hal diatas sudah dipersiapkan dan dipelajari maka seorang wanita bisa mempelajari bidang lain yang dirinya sukai dan tentu saja bermanfaat bagi umat. 

Apapun pilihan profesi seorang muslimah, wajib mempelajari ilmu mempersiapkan kematiannya yang Khusnul khatimah dan mempelajari ilmu menjadi seorang istri. 

Jadi itulah skala prioritas penting yang wajib dipelajari oleh setiap muslimah. Memilih skala prioritas akan menentukan masa depan kita nanti. Wallahu alam. 

Sekian ya coretan singkat Umma kali ini. Semoga bermanfaat untuk diri Umma dan pengingat bagi kita sebagai seorang perempuan. Semangat. 

Posting Komentar