Ganti Judul dan ALt sendiri

Personal Branding Ruang Umma



Personal Branding? Wah Umma mulai berpikir keras untuk memvisualisasikan dua kata ini ke dalam tulisan. Apa ya Personal Branding yang Umma inginkan dan kenapa ya?

Tapi sebelum kita ngobrolin personal branding Ruang Umma, kita bahas dulu yuk kenapa sih Branding Diri ini penting bagi seseorang tidak hanya bagi seorang blogger tapi bagi setiap orang. Yuk kita bahas!

Definisi Personal Branding

Personal Branding atau istilah sederhananya adalah citra diri merupakan satu hal yang sangat penting bagi seseorang di era digital saat ini. Proses pembentukan citra diri dimata orang lain terhadap aspek-aspek yang dimiliki seseorang itulah yang dimaksud dengan personal branding.

Promosi diri ini biasanya meliputi kepribadian, pencapaian yang telah dicapai, bakat dan minat yang dimiliki oleh seseorang.

Manfaat Personal Branding

Tentu saja citra diri ini penting sekali bagi seseorang. Seperti yang disampaikan oleh Coach Marita dalam kelas Blogspedia Coaching 4 saat penyampaian materi 'Personal Branding" memaparkan manfaat dari citra diri ini yaitu

1. Memperkenalkan dan mempertajam citra diri seseorang
2. Mempermudah orang lain mengingat kita
3. Memudahkan dalam menentukan pilihan
4. Memfokuskan diri pada apa yang ingin dicapai

Strategi Mudah Membangun Personal Branding

Menurut coach Marita ada 6 langkah membangun personal branding yang bisa kita praktekkan.

Kenali Diri Kita

Yup, penting sekali sebelum kita promosi diri kita harus mengenal diri kita  Misalnya sebagai seorang Blogger kita perlu sekali mengenal diri kita, alasan kita ngeblog, memilih nama blog, domain dan niche.

Temukan Positioning Differentiation Brand

Langkah kedua untuk membuat personal branding, kita perlu menemukan Positioning Differentiation Brand (PDB). Kita perlu mengetahui keunikan dari diri kita. Jika kita seorang blogger maka kita perlu memiliki keunikan blog kita.Apa yang membedakan blog kita dengan blog lainnya.

Buktikan  dan Konsisten

Ya setelah kita mengenal diri, mengetahui keunikan diri, langkah berikutnya dalam membangun personal branding adalah buktikan. 
Jika kita seorang blogger, maka penting sekali untuk  konsisten menulis artikel di blog. Kalau perlu buatlah jadwal menulis, jadwal publish dan lainnya. Dengan ini kita bisa membuktikan citra diri blog kita.

Optimalisasi Media Sosial

Langkah selanjutnya adalah mengoptimalkan sosial media. Sosial media saat ini adalah salah satu jalan ninja untuk membangun personal branding.

Promosi diri akan terbangun dengan sendirinya. Jika kita seorang blogger maka kita bisa menjadikan sosial media jadi ajang memperkenalkan branding diri kita seperti apa. Konsisten berbagi tulisan terbaru, mengikuti berbagai event dan konten lainnya yang tentu saja mempercepat promosi diri.

Kolaborasi

Strategi selanjutnya dalam membangun citra diri adalah dengan melakukan kolaborasi. Jika kita seorang blogger kita bisa berkolaborasi. Diantara kolaborasi yang bisa dilakukan adalah gabung komunitas blogger, blogwalking, medsos walking dan kolaborasi lainnya.

Evaluasi


Langkah terakhir dalam membangun promosi diri adalah evaluasi sejauh mana capaian usaha kita membranding diri kita kepada orang lain.

Coba evaluasi melalui angket atau diskusi melalui sosial media atau
bertanya secara pribadi kepada banyak orang lain.

Jadi Personal Branding ini bisa kita wujudkan melalui beberapa tahap.



Inilah Personal Branding Blog Ruang Umma

Nah setelah kita bahas personal branding dan strategi yang bisa dilakukan. Kali ini kita akan mencoba membahas mengenai personal branding Ruang Umma.

Ruang Umma berharap bisa dikenal sebagai seorang blogger Sunnah. Keunikan dari Ruang Umma adalah sebuah blogger yang cinta Sunnah.

Umma berharap personal branding ini makin melekat di hati setiap orang. Ingat Sunnah maka ingat blogger sunnah.

Sekian ya bahasan kita tentang personal branding dan semoga bermanfaat. 


Posting Komentar