Ganti Judul dan ALt sendiri

Mudahnya Membuat Content Plan

 

mudahnya-membuat-content-plan

Content Plan? Yup bicara perencanaan kita semua sepakat akan lebih terarah daripada tanpa perencanaan. Termasuk dalam perkontenan. Banyak para blogger pemula karena mampu membuat perencanaan konten dengan baik, rating blognya cepat naik. Kok bisa? Yuk kita bahas tentang content plan ini

Apa Sih Content Plan?

Content Plan atau dalam bahasa Indonesia disebut perencanaan konten adalah merencanakan konten/artikel pada blog yang akan dibagikan dalam jangka waktu tertentu secara sistematis dan terukur. Dengan adanya perencanaan membuat konten kita lebih terarah.

Jenis Content Plan Berdasarkan Waktu

Dalam membuat perencanaan, seorang blogger bisa membuat konten mengikuti waktu. Ada 4 jenis perencanaan konten berdasarkan waktu:

1. Yearly

Perencanaan konten tahunan artinya blogger akan membuat rencana konten yang ingin dicapai dalam kurun waktu setahun. Seorang blogger akan memetakan rencana konten, target dan  strategi untuk mencapainya.

2. Monthly

Setelah memetakan konten tahunan, seorang blogger bisa menjabarkan detail lagi, konten bulanan. Rencana tahunan bisa di plot menjadi konten bulanan.

3. Weekly

Setelah itu, seorang blogger akan bisa membuat detail perencanaan per Minggu. Perencanaan konten per Minggu ini akan membuat target bisa tercapai dengan mudah.

Contoh planning mingguan (Source; Blogspedia)

4. Daily / Harian

Jika kita sudah membuat konten tahunan, bulanan, mingguan maka tahap berikutnya adalah membuat perencanaan harian. Rencana harian ini adalah tingkatan paling detail untuk perencanaan konten dan menjadi penentu kesuksesan content plan tahunan.

Doc Blogspedia 

Seorang blogger bisa membuat rencana membuat artikel setiap hari/memiliki hari khusus untuk do action membuat artikel.

Hal yang perlu dibuat untuk content plan harian ini adalah membuat outline tulisan (judul, sub judul,sub sub judul,internal/eksternal link,menyiapkan infografis/gambar pendukung) dan juga riset keyword. Lakukanlah hal ini secara bertahap jika kita masih memiliki keterbatasan dalam mencari kata kunci.

Ini Manfaat Membuat Content Plan

Bagi pemula, penting sekali mempelajari perencanaan konten sebelum action lho! Banyak sekali manfaat membuat content plan ini lho!

1. Menjadikan Blogger Lebih Produktif


Percayalah perencanaan yang telah dibuat setiap hari, minggu, bulan dan tahun akan membuat kita lebih terarah. Pencapaian kita lebih terukur dan tentu saja ini semua akan membuat kita produktif setiap hari.

2. Blogger Makin Rajin & Konsisten

Percayalah sesuatu yang sudah jelas akan membuat kita lebih termotivasi untuk melakukannya. Secara tidak langsung kita akan rajin dan konsisten karena sudah tahu apa yang harus dikerjakan.

3. Konten Blog Kita Rapi dan Seimbang 

Dengan perencanaan tentu saja membuat kita sudah mempertimbangkan semua konten sesuai dengan rubrik dan niche blog yang kita miliki. Hal ini akan membuat blog kita lebih rapi, mudah di Crawling google dan rubrik yang ada di blog seimbang. 

4. Blog Kita Selalu Ditunggu-Tunggu

Tidak bisa dipungkiri, jika kita sudah memiliki konsisten menulis yang membuat pengunjung jatuh cinta. Yakinlah setiap konten yang sudah kita rencanakan untuk jadwal publish akan ditunggu-tunggu.

5. Kaya Ide

Perencanaan konten membuat kita tidak miskin ide. Bahkan ada yang sampai bingung mau nulis apa. Dengan konten yang sudah diren membuat seorang blogger kaya ide dan sudah mengantri untuk di eksekusi.

6. Waktu Lebih Berkualitas

Perencanaan akan membuat waktu kita lebih berkualitas. Tidak terbuang hanya untuk urusan mencari ide. Karena semua sudah terarah hingga satu tahun ke depan. Waktu untuk urusan lain lebih banyak lagi.

So banyak sekali ya manfaat dari perencanaan konten ini ya Sahabat Umma.

Cara Sederhana Membuat Content Plan Blog

Menentukan Media Content Plan

Hal pertama yang perlu kita lakukan adalah menentukan media apa yang akan kita gunakan untuk membuat perencanaan konten ini. Berikut beberapa pilihannya:

Manual 
Bagi yang suka coret-coret membuat catatan pakai pensil/pena di buku. Sangat cocok memakai media ini.
Printable 
Bagi yang ingin terlihat rapi bisa mendesain kemudian dicetak dan siap dibuat sesuka hati pemiliknya.
Digital 
Bagi yang suka praktis dan memang lebih ramah lingkungan bisa menuliskannya di smartphone, laptop atau PC kita. Jika kita punya ide bisa langsung dituliskan. Bahkan saat ini banyak aplikasi berbayar maupun gratisan memudahkan kita membuat konten plan.

Membuat Jadwal dan  Rincian Content Plan

Hal berikutnya kita akan membuat jadwal rincian konten blog kita mulai dari rencana tahunan, bulanan, mingguan dan harian. Dalam rincian harian maka hal yang penting adalah menentukan outline (mind map) postingan. Hal ini untuk membantu menyusun artikel.

Outline berisi tema, keyword, latar belakang masalah, narasumber, konten pendukung, tujuan, kesimpulan dan daftar pustaka (referensi). Penting sekali menentukan outline ini.

Action

Jika sudah membuat semua perencanaan tersebut maka yang perlu dilakukan berikutnya adalah action. Lakukan semua rencana tersebut dengan disiplin. Bonusnya blog kita makin naik trafficnya dan makin dikenal. Bahkan google akan mudah mengindeks artikel kita jika kita sudah konsisten dengan jadwal.

Bonus Dari Konsisten Dengan Content Plan

Yup, bicara konsistensi maka akan ada nilai tambah yang kita peroleh lho Sahabat Umma. Selain traffic blog naik, kita juga memiliki peluang job lho. Diantara peluang job untuk blogger adalah

  • Job review event, product dan jasa
  • Placement content
  • Google adsense
  • Affiliate 
  • Menyewakan banner space untuk pengiklan


Tentu saja job ini akan kita dapatkan jika kita bisa konsisten dan salah satu caranya adalah dengan membuat content plan ini. Yuk mulai kita praktekkan.


1 komentar