Ganti Judul dan ALt sendiri

Cara Daftar Google News Tercepat Direview

Cara daftar google news tercepat

Kali ini Umma masih mau ngomongin tentang blogging yang penting bagi pemula. Setelah Google Analytics dan Google Search Console, selanjutnya kita kan pasang Google News sebuah layanan gratis dari google. Untuk apa sih? Yuk kita bahas bareng Umma!

Google News

Google News sendiri adalah salah satu layanan dari Google yang fokus dalam  memberikan konten berita dari berbagai website di seluruh dunia termasuk di dalamnya Indonesia.
Peluang artikel kita untuk dibaca oleh banyak orang sangat besar dan tentu saja akan menebar manfaat lebih luas lagi. Insyaallah.

Manfaat Mendaftar Google News

Jangkauan Blog Lebih Luas

Dengan mendaftar google news aja  membuat blog  berpeluang untuk mencapai audiens yang lebih luas, karena konten akan muncul pada hasil pencarian GoogleNews. Seperti kita ketahui om google merupakan sumber pencaharian informasi apapun zaman sekarang..

Traffic Blog Meningkat

Peluang meningkatkan traffic blog sangat besar dengan kita mendaftarkan di layanan gratis ini. Karena jika artikel kita menarik dan google akan memberikan apresiasi dengan menempatkannya di halaman pertama mesin pencari google. 

Niche Kita Diakui

Jika kita konsisten menulis sesuai dengan niche blog kita. Lambat laun Niche kita diakui dan bisa jadi acuan informasi bagi google dan pengunjung.

Peluang Masuk Halaman Pertama Mesin Pencari Google Sangat Besar

Jika kita memiliki konten yang berkualitas dan unik, peluang kita untuk masuk di halaman pertama mesin pencari sangat besar lho. Selain konten berkualitas juga perlu didukung oleh optimasi SEO pada setiap konten blog.

Cara Mendaftar Google News Tercepat 

Percayalah jika Sahabat Umma serius dengan blog maka jangan sia-siakan layanan gratis ini. Cara mendaftarnya juga sangat mudah. Berikut panduannya;

Buatlah Akun Google News

Daftar Google News Cepat di review


Bukalah link berikut Google News  
Kemudian isikan URL dengan alamat situs blog, berikut nama dan pilih negara dan bahasa yang digunakan. Jangan lupa check kotak persetujuannya ya agar tidak salah mendaftar dan Add Publication.

Explore Product

Setelah itu kita masuk ke bagian Google News dan open. Nanti akan muncul tampilan data basic blog kita. Edit dan isi sesuai dengan blog yang kita punya.

Pastikan Logo Blog Sudah Tersedia Dengan Tiga Ukuran

Logo akan digunakan untuk melengkapi data tentang situs. Ada tiga ukuran yang dibutuhkan yaitu square, rectangle dengan komposisi 10:1 latar terang dan rectangle dengan komposisi 10:1 latar gelap. Masukkan logo itu sesuai kolom yang diminta. 

Menambah Section 

Pilih feed pada bagian Section. Lalu akan muncul isian rinci dan RSSnya. Ada dua cara mengisi RSS. 

1.  Isikan RSS dengan tulisan berikut. Selanjutnya, sesuaikan view aksesnya untuk anyone. Lalu Add. 

2. Bisa dengan menggunakan aplikasi RSS feed generator di https://rss.app . Masukkan alamat situs dan di generate. Copy alamat RSS feednya ke bagian add feed di atas. 

Buatlah Akses Grup

Akses grup bisa diisi jika blog dikelola bersama. Tapi jika dikelola secara pribadi, maka tidak perlu diisi ya.

Review and Publish

Jika kita sudah selesai dengan isian content dan section, maka tahap selanjutnya adalah review and publish. Tapi jangan lupa teliti, jika masih ada tulisan missing di bagian "issues" artinya ada yang harus dibenahi. Klik saja review, maka akan diarahkan ke bagian mana yang perlu direvisi.
Jika sudah selesai, maka kita perlu menekan review pada bagian terms of service. Setelah itu, muncul pop up untuk diisi nama, email, title dan organisasi. Jangan lupa checklist, oke ya.

Setelah itu kembali ke halaman review, tombol publish (biru) akan muncul. Kemudian tekan tombol itu lalu selamat menunggu approval dari google terkait permintaan kita untuk bergabung sebagai publisher di Google News. 
Kemudian tekan tombol biru publish, and then pop up "submitted for review" lalu got it. Setelah itu tampilan akan terlihat dengan tulisan "Sedang Ditinjau".

Bersabarlah Menunggu dan Taraa Selamat Akun Google News Sudah Tayang 

Yup, setelah proses tersebut selesai dan sudah ada informasi sedang ditinjau. Maka tugas kita selanjutnya sabar menunggu sampai akun kita disetujui. Bersabarlah pada tahap ini. Karena setiap orang akan berbeda waktu persetujuannya. Kalau Umma menunggu selama 3 hari sejak diajukan ke Google. Alhamdulilah akhirnya bisa tayang.
Dari informasi di grup Blogspedia Coaching ada yang disetujui setelah 4, 5 dan seminggu. Alhamdulilah.

Inilah hasil akhir penampakan akun Google News setelah disetujui

Daftar Google News Tercepat
Penampakan Google News Setelah direview 

Pengalaman Umma Daftar Google News

Tak perlu waktu lama untuk mendaftar di google news. Tapi hanya butuh kesabaran yang banyak sampai akun kita disetujui. Hari pertama setelah Umma daftar belum berubah, "sedang ditinjau". Hari kedua pun sama. Begitu juga hari ke-3, masih dengan status yang sama. Dan alhamdulilah saat dilihat status pada hari ke-4 berubah. Tara... inilah penampakan setelah disetujui oleh google. Alhamdulilah semoga jadi penyemangat untuk Umma konsisten ngeblog dan bisa menulis sesuai niche Umma yaitu Lifestyle.
Semoga bermanfaat ya Sahabat Umma. Oh ya jika sudah daftar google news cerita dong pengalamannya.

10 komentar

  1. Kebetulan beberapa waktu yang lalu saya cari informasi tentang info ini, karena yang saya dengar kalau blog kita sudah terdaftar di google news artikel di blog kita akan mudah terindex. Bersyukur ketemu artikel ini jadi saya bisa belajar dari sini. Terima kasih ya...

    BalasHapus
  2. wuah terima kasih sudah mengingatkan
    aku udah daftar google news
    terus lupa gak pernah ditengok
    baca tulisan ini, mau gak mau aku jadi tengok google news ku, hehehe

    BalasHapus
  3. aku daftar di google news dulu karena artikel blogku banyak yang nggak keindeks mbak. alhamdulillah setelah diterima di google news artikel bisa cepat keindeks sama google

    BalasHapus
  4. Pengen ngoprek google news lagi masak cuma 1 artikel Yang masuk. Jadi mau praktik ngoprek google news setelah baca artikel ini

    BalasHapus
  5. Udah daftar google news tapi ga pernah ku oprek lagi setelah daftar hahahahha, jadi mau oprek-oprek lagi deh

    BalasHapus
  6. Nanti setiap artikel yang kita tulis, otomatis juga tayang di google news.
    Gitu kah, Umma?

    Aku mau ikutin step by stepnya.
    Syukron wa jazzakillahu khayran Umma.

    BalasHapus
  7. Wah, aku kok tertarik
    Itu RSS nya dari blog kita yang di copas gitu ya mbak?

    BalasHapus
  8. Langsung nyobain nih, tapi mentok di tahap verified. Padahal klo di console udah lama loh. Mungkin harus nunggu beberapa hari ya untuk terverifikasi.

    BalasHapus
  9. Sekarang juga ada fitur untuk nambah penghasilan dari google news ini. Kalau bikin ini emang menurutku lebih cepat dindeks google

    BalasHapus
  10. dua layanan google itu yang saya tahu, kalau google news ini baru mengerti mbak, benar-benar informasi yang bermanfaat dan dibutuhkan nih buat eksplore artikel lebih luas ya

    BalasHapus