Ganti Judul dan ALt sendiri

Cara Pasang Google Search Console Terbaru dan Termudah

Cara Pasang Google Search Console Terbaru

Masya Allah, blogging itu ternyata nggak hanya sekedar nulis dan publish saja lho ternyata. Tapi banyak hal yang mesti dipersiapkan termasuk Google Search Console. Sebuah  alat yang difasilitasi oleh Google untuk memahami performa blog kita. Kok bisa, yuk kenalan dengan Google Search Console!

Apa Sih Google Search Console?

Sebelum bernama Google Search Console (GSC), nama sebelumnya adalah Google Webmaster Tools. GSC sendiri merupakan  platform gratis dari google diperuntukkan bagi para webmaster.
Layanan ini fungsinya untuk meningkatkan keterlihatan situs di hasil pencarian Google dan menampilkan laporan status indeks pada web yang didaftarkan.

Manfaat dan Fungsi Google Search Console

1. Menganalisa Kinerja Situs Web

Memasang GSC akan membuat pemilik blog bisa mengetahui GSC membuat kita bisa mengetahui tampilan hasil pencarian yang dilakukan terhadap situs kita di mesin pencarian. Pemilik blog bisa  mengevaluasi apakah judul dan deskripsi situs sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pengguna.
Selain itu kita bisa menganalisa kinerja kata kunci mana yang mengarahkan pengunjung ke situs. Kita bisa mengoptimalkan konten dan menargetkan kata kunci yang relevan untuk kemajuan blog kita ke depannya.

2. Google Search Console Mengatasi Masalah Teknis

GSC akan memberikan laporan jika ada kesalahan crawling, seperti adanya halaman yang tidak dapat ditemukan/diakses oleh robot google. GSC  ini akan membantu kita memperbaiki masalah teknis yang dapat mengganggu pengalaman pengguna berada di blog.

Selain itu GSC juga memberikan peringatan jika ada masalah keamanan di blog sehingga bisa diperbaiki.

3. GSC Bisa Meningkatkan SEO

GSC akan memberikan info tentang backlink yang ada di blog, sehingga pemilik blog bisa melihat situs mana yang terhubung dengan blog, dan bisa memeriksa apakah tautan itu berkualitas atau tidak. Bahkan juga bisa di akses menggunakan berbagai perangkat termasuk perangkat seluler.

4. GSC Dapat Melacak dan Memahami Perilaku Pengguna

Google Search Console dapat  memberikan laporan tentang statistik halaman mana yang paling sering dikunjungi. Ini sangat membantu pemilik blog memahami konten yang populer dan menarik perhatian pengguna. GSC juga memberikan data tautan keluar. Secara umum GSC bisa membantu kita mengetahui performa blog kita dan strategi apa yang bisa kita terapkan ke depan.

Yuk Pasang Google Search Console, Sangat Mudah Kok!

Pasang Google Search Console

Ada dua cara masuk ke Google Search Console. Pertama akses ke google search console. Jika tidak memiliki akun google bisa membuat terlebih dahulu. Kedua bisa juga mengakses melalui laman blogger. Tinggal buka bagian setting dan pada bagian Crawlers and indexing klik Google Search Console.

Tampilan Google Search Console

Setelah itu pemilik blog akan diarahkan masuk ke laman berikutnya. Pilih URL Prefix, masukkan alamat situs, dan continue. Lalu akan muncul pop up Verifikasi kepemilikan. Pilih go to property

Pemilik blog akan diarahkan ke laman untuk pengaturan verifikasi ulang dan START.

Verifikasi Kepemilikan

Cara verifikasi kepemilikan google search console dengan cara klik bagian verifikasi kepemilikan dan muncul pernyataan bahwa "Anda adalah pemilik terverifikasi". Kita verifikasi lagi dengan klik bagian Analytics Google. Maka muncul pop up google analytics, lanjutkan klik tombol Verifikasi dan  berhasil. Pada bagian metode verifikasi sudah ada update status google analitik dan penyedia nama domain sudah "berhasil diverifikasi"

Hubungkan dengan Google Analytics

Cara menghubungkan GSC dengan GA4 adalah dengan membuka akun google analytics kemudian masuk ke bagian admin dan pada product link pilih search console links.
Lalu tambahkan link. Pilih (checklist) situs yang dimaksud. Lalu kita harus memilih Search Console Property, choose properties. Pilih akun blog, dan nanti akan muncul nama situs blog sudah tersambungkan. 

Kemudian, next. Web Stream. Pilih web stream dan selanjutnya review dan submit. Lalu cek kita lihat di bagian search console link di google analytics, sudah muncul property blog.

Submit Sitemap

Caranya buka Google Console Search lalu pilih bagian sitemap. Ketikkan sitemap.xml pada kolom add a new sitemap. Lalu submit. 

Jika berhasil, maka statusnya success. Setelah itu lanjut submit pages, dan feed. 

Indexing Sitemap

Indexing sitemap dengan cara copas link salah satu artikel yang ingin diindex. Masuk ke URL Inspection, lalu masukkan link tersebut, dan request indexing. Biarkan sampai proses indexing selesai dan klik ok.

Pengalaman Umma Memasang Google Search Console

Tampilan Google Search Console Terbaru
Tampilan Google Search Console Terbaru 

Masya Allah, jika GA4 Umma memiliki banyak kendala. Di tahap GSC Umma merasa sedikit mudah. Alhamdulilah berkat tutorial dari materi Blogspedia Coaching dan arahan dari Coach Sugi.  dan Coach Marita. Jazakumullahu Khair.

Oh ya jika sudah memasang GSC jangan lupa manfaatkan semaksimal mungkin semua peluang untuk meningkatkan performa blog kita. Semoga Allah mudahkan kita menjadi seseorang blogger profesional. 

Posting Komentar