Ganti Judul dan ALt sendiri

Kenapa Sebagian Sekolah Sunnah Mahal?

Sekolah Sunnah Mahal
Sekolah Sunnah Mahal, ini penyebabnya 


Pertanyaan yang tidak pernah berhenti ditanyakan oleh banyak orang, terutama yang baru kenal Sunnah? Kenapa kok sekolah Sunnah mahal? Padahal sekolah Sunnah kenapa memberatkan umat yang ingin menyekolahkan anak-anaknya di mahaj yang berdasarkan Qur'an dan Sunnah. 

Tentu saja, Umma juga awalnya juga bertanya hal yang sama dengan banyak orang diluar sana. Kenapa sekolah berbasis Sunnah mahal dibandingkan sekolah pada umumnya. Tapi tentu ada sebab ada akibat. 

Sekolah Sunnah Apa Sih? 

Bagi sebagian kita mungkin masih asing dengan kata-kata sekolah sunnah. Sekolah Sunnah disini adalah sekolah yang dalam pendidikannya bersumber kepada Qur'an dan Sunnah menurut pemahaman salafus shalih (Rasulullah dan para sahabat Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam).

Pendidikan yang berfokus tidak hanya pada kualitas akademik semata tapi juga berfokus pada adab dan akhlak anak. Begitu juga dalam beramal selalu mengikuti amalan yang dilakukan oleh Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam. Tidak mengikuti amalan yang tidak ada tuntunannya dari Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam. Beramal dan berkata dengan dalil (Qur'an dan Sunnah).

Sebab-Sebab Sekolah Sunnah Mahal?

Banyak faktor yang menyebabkan sekolah Sunnah yang ada di Indonesia menjadi mahal.Tidak serta merta lembaga pendidikan memberikan biaya mahal tanpa sebab. Menurut pengamatan Umma ada beberapa faktor penyebab sekolah Sunnah mahal:

1. Biaya Operasional Sekolah Sunnah Mandiri

Perlu kita ketahui bahwa biaya sekolah Sunnah yang ada saat ini tidak mendapatkan subsidi dari pemerintah. Mereka membiayai operasional secara mandiri. Artinya mereka membutuhkan biaya untuk gedung, gaji guru, fasilitas sekolah dan lainnya. 

Bagaimana mereka bisa memberikan biaya murah sementara operasional mereka belum bisa tercukupi. 

Biaya yang dibebankan kepada santri tentu saja semua itu untuk memenuhi biaya operasional sekolah. 

2. Tidak Ada Donatur Tetap

Ya, mahalnya sekolah Sunnah karena belum memiliki donatur tetap yang membiayai operasional sekolah. Sehingga biaya menjadi mahal. 

Disinilah sekolah Sunnah perlu memiliki unit usaha yang membantu biaya operasional.

3. Mungkin bukan sasaran  Sekolah Tersebut

Perlu diketahui bahwa ada kualitas ada harga ini juga bisa berlaku pada lembaga pendidikan ya. Jika biaya sekolah Sunnah tersebut mahal, yakinlah yang mereka berikan untuk pendidikan juga besar. Coba cek apa saja yang mereka tawarkan untuk anak didik mereka. 

Kurikulum mereka, layanan, fasilitas dan lainnya..Tentu saja itu semua berbanding lurus dengan biaya yang dikeluarkan. 

Apakah ada sekolah biaya mahal tapi kualitas seperti sekolah biasa-biasa. Tentu tidak. 

Jadi jika sekolah itu mahal bisa jadi karena sekolah tersebut tidak menargetkan orang tua seperti kita. 

Solusi Ketika Sekolah Sunnah Mahal

Yup, banyak faktor penyebab sekolah Sunnah mahal. Yang perlu kita lakukan sebagai orang tua adalah mencari solusi atas permasalahan ini. Masalah yang menimpa sebagian orang tua yang berniat menyekolahkan anak di sekolah Sunnah tapi terkendala biaya. 

Menurut Umma, solusi ketika sebagian sekolah Sunnah mahal:

1. Carilah sekolah yang terjangkau biayanya

Tentu saja niat orang tua menyekolahkan anaknya di sekolah Sunnah agar bisa mendapatkan ilmu yang dibutuhkan anak mereka. Ilmu yang tidak saja bermanfaat untuk dunia semata tapi kekal hingga akhirat kelak. 

Jika merasa sekolah yang kita tuju mahal, maka carilah sekolah yang terjangkau biayanya. Jika aktif mencari informasi masih banyak sekolah dengan biaya terjangkau. Bahkan ada juga sekolah berbasis Sunnah yang memberikan beasiswa secara gratis kepada santri dhuafa dan yatim. 

Aktifkan bertanya dan mencari informasi maka kita akan mendapatkan solusi atas izin Allah. 

2. Sekolah Negeri Dengan Bimbingan Ketat Orang Tua di rumah

Jika memang tidak mampu menyekolahkan anak di sekolah Sunnah karena biaya atau tidak ada sekolah Sunnah di tempat tinggalnya. 

Maka bisa saja menyekolahkan anak di sekolah negeri (biaya gratis). Tentu saja orang tua ekstra di rumah memberikan pemahaman dan pengajaran terkait Sunnah. 

3. Homeschooling

Bisa juga menerapkan homeschooling ( sekolah di rumah) dengan bimbingan lembaga homeschooling. Banyak sekolah Sunnah saat ini yang menawarkan sistem homeschooling seperti Home Schooling Imam Nawawi (HSIN). Biaya juga cukup terjangkau dengan pembimbing pendidikan anak yang kompeten. 

Jadi sekarang sudah tahu kan Sahabat Umma, kenapa sekolah Sunnah bisa mahal? Umma doakan semoga Allah mudahkan orang tua yang ingin menyekolahkan anak-anak mereka di sekolah terbaik. Semoga bermanfaat ya. 


20 komentar

  1. Karena madrasah pertama anak itu ibunya di rumah, maka sebaik apapun sekolah di luar, tetap yang utama dan pertama didikan dari rumah dulu ya. Disini peran dan tanggung jawab orang tua yg sesungguhnya. Kalaupun bisa menitipkan anak di sekolah unggulan, ya harus siap dengan biaya dan konsekuensinya juga

    BalasHapus
  2. Iya, emang mahal ya
    Karena memang operasionalnya mandiri
    Pilih sekolah anak sesuai kemampuan saja ya

    BalasHapus
  3. sekolah yang operasionalnya mandiri memang harus mencari unit usaha yang harus memandirikan sekolah

    BalasHapus
  4. Memang sekolah swasta termasuk sekolah sunnah pembiayaannya mandiri, meski masih ada bantuan dari pemerintah tapi kecil jumlahnya. Mahal ya biaya sekolah jadinya

    BalasHapus
  5. Bisa memberikan pendidikan yang terbaik dan lengkap (akademis maupun keimanan) pasti menjadi keinginan terbesar semua orang tua ya, Kak.

    BalasHapus
  6. Pendidikan untuk anak merupakan tanggung jawab orang tua. Sekolah berbasis sunnah sama halnya sekolah berbasis agama Islam, secara logika menjadi mahal karena semuanya serba mandiri. Mudah-mudahan orang tua diberi kelancaran rizki untuk pendidikan anak-anaknya

    BalasHapus
  7. bagi yang awam pasti bilang wah. Padahal ya itu tadi ya pembiayaan yang mandiri. semangat untuk para orang tua, semoga dimudahkan rezekinya untuk pendidikan terbaik anak

    BalasHapus
  8. Akhirnya terjawab juga pertanyaan dari dulu kenapa sekolah sunnah mahal. Btw mau cerita dikit, Aku ngincer sekolah sunnah (yang uang pangkal + spp lebih murah ketimbang sekolah sunnah sekitar apartemen aku tinggal saat itu). Alhamdulillah pas dapat rejeki bikin rumah, di area sekolah itu, ini cuma 2 km aja ke sekolah tersebut, alhamdulillah

    BalasHapus
  9. Ini yang dimaksud sekolah sunnah itu sama fengan sekolah madrasah, IT, MtS seperti itukah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup sama tetapi dalam kurikulum mereka lebih mengacu pada dalil Qur'an dan Sunnah

      Hapus
  10. Menyekolahkan anak di sekolah sunnah atau sekolah Islam yang berpotensi butuh biaya besar, tidak menjadi halangan untuk kami memantapkan hati untuk tetap menyekolahkan anak-anak disana. Sulit, terseok-seok masalah biaya, inilah perjuangan. Demi untuk anak-anak. Karena kami menyadari, kami tidak cukup mampu mendidik agama mereka.

    BalasHapus
  11. Sederhananya si ada yang ada sekolah berkualitas karena untuk kualitas yang bagus butuh biaya operasional yang tinggi,
    Ya, kalo memang merasa belum mampu sekolah disana berarti bukan target marketnya jadi bisa cari sekolah lainnya

    BalasHapus
  12. Semoga ke depannya banyak para donatur untuk sekolah sunnah sehingga lebih terjangkau dan bisa dinikmati semua anak dari berbagai kalangan masyarakat.

    BalasHapus
  13. Kalau dari pengamatanku, sekolah sunnah yang mahal ini karena letk bangunannya ada di pusat kota. Sedangkan ada juga yang berpendapat, sebaiknya anak-anak dididik dengan lingkungan yang jauh dari hedonisme, sehingga ada beberapa juga sekolah sunnah yang harganya terjangkau, namun dari segi lokasi jauh dari keramaian.

    Semua plus minus, bagiku.
    Karena kami memiliki keterbatasan, jadi kami memilih menyekolahkan sunnah di daerah yang mudah dijangkau. In syaa Allaa, apapun ikhtiarnya.. berharap pada ridlo Allah semata.

    Barakallahu fiik~

    BalasHapus
  14. Memang ada plus minusnya ya. Untuk orangtua yang punya rezeki berlebih bisa memasukkan anaknya ke sekolah jenis ini. Sementara yang tidak, menyesuaikan dengan kemampuan mencari sekolah yang bagus.

    BalasHapus
  15. Sepakat sih sekolah sunnah itu mahal karena memang kualitas yang diberikan itu sama seperti ketika orang tua sendiri yang mendidik anaknya sendiri. Sebab mendidik anak itu tidak mudah, apalagi kalau jumlahnya banyak.

    BalasHapus
  16. Aku dulu sampai sekarang gelisah dan mengeluh karena sekolah Islam biayanya mahal
    Apalah kami yang pendapatannya tidak menentu
    Negeri jadi solusi
    Padahal anak anak pengen sekali sekolah sunnah

    BalasHapus
  17. kk teman anakku ada yang masuk sekolah sunnah tahun lalu, kelihatannya memang mahal biaya di sana, tapi memang sesuai dengan gedung dan fasilitasnya. tenaga pengajarnya juga bagus. memang sepadan sih biayanya.

    BalasHapus
  18. kalau statusnya buka sekolah negeri memang biasanya mahal ya, mbak. tapi kalau memang sesuai value keluarga dan ada uangnya ya nggak salah juga kan ya memasukkan anak ke sekolah sunnah

    BalasHapus