Ganti Judul dan ALt sendiri

Pengalaman si Kakak SD Ikut Daurah Anak, Isi Liburan

Daurah Utlah Anak Mahad El Hijaz Cipayung

Umma deg deg an saat si Kakak yang baru kelas 1 SD ikut daurah anak. Semacam pesantren kilat gitu. Jadi mesti nginap 2 malam, jadwal daurah dari jam 03.40 sampai 22.00. Penasaran dengan ceritanya? Yuk kepoin cerita Umma!

Apa Sih Daurah? 

Mungkin ada yang belum familiar dengan kata daurah ya? Secara bahasa, dauroh berasal dari kata dara-yadurru-dauroh yang artinya pelatihan. Sedangkan menurut istilah, dauroh adalah aktivitas mengumpulkan masyarakat di suatu tempat untuk melakukan berbagai kegiatan guna mendalami Islam. 

Jadi sederhananya daurah ini adalah ini bisa disamakan dengan pesantren kilat mungkin ya. Tapi biasanya di sekolah berbasis Sunnah menyebutnya dengan istilah daurah. Lebih mendalam dari pesantren kilat. 

Daurah ini ada yang menginap ada yang tidak. Semua tergantung kepada pihak penyelenggara. Ada yang untuk anak-anak, remaja, mahasiswa ataupun dewasa maupun lanjut usia. Mulai dari kajian keislaman hingga mempelajari Alquran dan bahasa Arab. 

Persiapan Anak Ikut Daurah

Pamflet Daurah Utlah Anak Milik Panitia

Nah, yang membuat Umma deg deg an di kakak ikut daurah. karena masih kecil (8 tahuna), belum pernah kemana-mana tanpa emaknya. Tapi emak pingin juga si Kakak punya pengalaman daurah meskipun usianya masih kecil. Banyak hal yang bisa dipelajari si Kakak mulai dari belajar mandiri, mencintai ilmu, menambah teman dan banyak lagi. Akhirnya dengan hati setengah-setengah Umma daftarkan juga si Kakak. Kira-kira dua Minggu sebelum hari H. Ini persiapan Umma mempersiapkan kakak ikut daurah. 

Sounding

Setelah Umma mendaftarkan Umma nggak bilang ke Kakak (hanya untuk mengamankan kuota peserta). Umma sounding ke Kakak apa itu daurah dan asyiknya daurah.

Diskusi

Setelah Umma jelaskan, Umma bertanya apakah kakak tertarik ikut daurah. Kalau iya nanti didaftarkan. Sambil mengatakan selain sebagai pengalaman juga nambah teman . Bahkan lebih seru deh daripada di rumah liburan. 

Berikan Pilihan

Yeee.. dengan optimis dia menjawab. Ya mi Kak ikut. Meskipun sedikit ragu. Tapi di depan dia Umma menyemangati dan mengabarkan kalau nanti di daurah nggak ada Ummi dan konsekuensi lainnya. 

Motivasi

Setiap hari sampai hari H, Umma menyemangati kakak. Kalau kakak bisa tidur tanpa Ummi. Kakak pintar dan mandiri. 

Berikan Reward

Nah, mungkin ini juga yang membuat dia menyetujui mengikuti daurah. Nanti bakal Ummi kasih hadiah. Dan memberikan reward adalah salah satu cara membuat mereka bersemangat ikut daurah. 

Pengalaman Kakak Daurah Utlah Anak 

Nah info Daurah Utlah Anak (Daurah Liburan Anak) Umma dapat dari grup WhatsApp kelas di Kakak di sekolah. Tanpa pikir panjang dan tanpa izin ke si Kakak, Umma daftar karena kuota yang diberikan terbatas hanya 25. Sat set dan Alhamdulillah akhirnya kakak bisa ikut daurah. Ini adalah pengalaman pertama kakak ikut daurah. 

Daurah ini ternyata diadakan oleh kakak-kakak angkatan kelas 10 Mahad El Hijaz Cipayung Jakarta Timur. Mereka memberi nama angkatan mereka dengan nama Athreeas. Nama ini Umma tahu dari  banner dan bertanya kepada penanggung jawab Daurah Ustazah Indri. 

"Athreeas nama angkatan kelas 10 yang mengadakan acara ini ummu" jawab Ustazah Indri saat ditanya via WhatsApp. 

Masya Allah dengan mengusung tema "Iringi Langkahmu dengan ilmu amal dan dakwah". Daurah Utlah ini diselenggarakan selama 3 hari dua malam dari 24-26 Desember 2023 lalu. Masya Allah Umma sangat kagum dengan semangat Kakak membersamai adik-adik peserta daurah yang berumur dari 9-13 tahun. 

Daurah Utlah Anak Mahad El Hijaz
Anak-anak Sholat Jamaah (Foto: Panita Daurah Athreeas)

Adapun kegiatan Daurah Utlah Anak ini diantaranya kajian Islam mulai dari cara wudhu, sholat, adab, akhlak, pakaian muslimah dan banyak lagi mengenai keislaman. 

Selain itu ada juga materi keputrian membuat gantungan kunci dan juga BBQ. Mereka juga seru-seruan dengan banyak game, olahraga di pagi hari, halaqah, embun pagi dan banyak lagi. 

Saat ditanya ke Kakak, gimana kak daurahnya kak? Seru mi dan kakaknya asyik dan baik ada tahajud, sholat subuh, halaqah, game, bikin gantungan kunci dan banyak lagi cerita si Kakak. 

Masya Allah, terlepas dari apakah kakak bisa mengikuti daurah,apa saja yang kakak dapat selama daurah bukanlah fokus utama Umma. Umma bersyukur kakak bisa mandiri. Alhamdulilah tidak minta pulang juga selama daurah. 

Sepulang dari daurah kakak juga dapat oleh-oleh dan sertifikat. 

Karya Daurah Utlah Anak
Maaf sedikit kabur karena pas foto anak-anak tidak mau diajak kerjasama. Recokin. 

Tak hanya kakak yang mendapatkan pengalaman tapi juga Abang dan adik-adiknya yang berpisah dengan si Kakak. Ternyata mereka merasakan namanya rindu. Padahal jika sudah berkumpul tidak pernah akur. Ada saja yang menangis. Masya Allah. Sekian cerita Umma tentang Daurah Utlah Anak yang perdana Kakak kelas 1 SD ikuti. Semoga bermanfaat ya cerita Umma. 

Posting Komentar