Ganti Judul dan ALt sendiri

Masya Allah, Hijau dan Indahnya Ngarai Sianok

Pesona hijau ngarai sianok

MasyaAllah Indahnya Ngarai Sianok. Ngarai Sianok, siapa yang tidak kenal dengan lembah satu ini. Terutama bagi masyarakat Sumatera Barat, tempat ini sangat istimewa. 

Lembah Ngarai Sianok adalah salah satu bukti kebesaran Allah yang Maha Sempurna. Lembah ini merupakan bukti nyata pergerakan tektonik (lempeng bumi). Akibat pergerakan tersebut membentuk sebuah lembah dengan celah seluas 200 meter dengan kedalaman tebing 100 meter. 

Masya Allah, saya saya mengajak anak-anak ke tempat ini pada pertengahan tahun 2021 lalu. Mereka merasa asing dan takjub. Tak henti-henti mereka yang saya ajarkan mengucapkan Masya Allah (Maha Besar Allah). 

"Mi baru kali ini Abang lihat tempat seperti ini. Tebingnya tinggi sekali ya mi tapi dingin. Air sungainya juga seru bisa untuk bermain air," ujar Sulungku saat saya ajak menikmati alam ini pada pagi hari. 

Masya Allah Indah Ngarai Sianok dan Nostalgia Masa Kecil 

Bagi perantau semacam saya, Ngarai Sianok adalah salah satu tempat istimewa sekali. Tempat yang menawarkan suasana nyaman, tenang, sejuk dan hijau. Tempat ini begitu mampu membuat pikiran jadi lebih relaks. (Buktikan sendiri kalau berkunjung ke tempat ini). 

Saya suka ke tempat ini pada pagi hari selepas shalat Subuh. Biasanya saya dan teman-teman sekampung sering jalan dari rumah menuju tempat ini. Tak terlalu jauh dari tempat kami tinggal, kira-kira 8 km saja dan hanya butuh waktu 1 jam berjalan santai. 

Kami seperti menembus negeri lain setiap kali memasuki kabut pagi. Udara dingin menusuk tulang hingga heningnya pagi yang begitu damai. Begitu juga kicauan burung dan suara monyet sahut-sahutan. Mungkin saat itu tak tampak istimewa. Tapi saat dewasa seperti ini, baru saya mengakui bahwa kenangan indah itu begitu istimewa sekali. 

Setiap pulang kampung selalu menyisakan cerita pada anak-anak dan cucu-cucu. Kelak jika kalian ke tempat ini mungkin tak seperti kami dahulu. Tekhnologi telah mengubah tempat ini menjadi sesuatu yang biasa-biasa saja. 

Tapi tentu saja kami berharap tempat ini masih istimewa di hati kalian. Sebagai sebuah kebesaran Allah yang patut kalian agungkan, maka bertambahlah keimanan kalian.

Salah satu spot makan di Ngarai Sianok..

Ngarai Sianok dan Keindahannya 

Rasanya tak cukup nostalgia saya bersama tempat ini, terlalu banyak yang ingin saya tuliskan. Tapi takut bosan. Wah daripada bahas itu, lebih baik kita cerita sudut-sudut Indah di Ngarai Sianok. 

1. Terdaftar Sebagai Geopark Nasional 

Perlu untuk diketahui tempat ini sudah terdaftar sebagai Geopark Nasional pada tahun 2018 lalu. Tempat ini bahkan sering disamakan dengan Green Canyon Colorado Amerika Serikat.

2. Sarana Edukasi Sejarah dan Geografi 

Tempat ini bisa jadi pilihan edukasi dan geografi. Bagaimana lembah ini terbentuk secara alami akibat patahan lempeng tektonik. Tak hanya lembah juga ada aliran Sungai Batang yang terdapat di tengah lembah, mengalir deras pada musim hujan dan kering pada musim kemarau. 

3. Spot Lorong Hutan Bambu Yang Hijau

Tempat paling menyejukkan bagi saya adakah ada lorong hijau yang terdapat pada dua tempat yaitu dari perkampungan warga Sianok dari arah Koto Gadang  dan ngarai Sianok. Satu lagi dari arah Bukittinggi. Dua tempat yang menyejukkan jika kita mengunjunginya. 

4. Lembah Jurang Yang  Dalam dan Terhampar Luas

Inilah yang membuat tempat ini istimewa dari kejauhan kita bisa menikmati secara lengkap betapa indahnya lukisan alam ini sebab lembah yang dalam dan hamparan yang luas. Bahkan tidak asing bagi masyarakat Indonesia, pada lembaran uang 5 ribu selain penari piring, juga akan melihat lukisan indah Ngarai Sianok sebagai latar. 

5. Bukit-Bukit Hijau

Jika kita mengelilingi ngarai Sianok, maka akan kita temui bukit-bukit yang hijau di sepanjang jalan. Bahkan tak hanya itu, ada beberapa perkampungan warga Sianok dan spot foto indah di atas Bukit. Jalanan tempat ini juga sudah beraspal sehingga kita bisa menggunakan kendaraan menyusurinya. 

6. MasyaAllah Indahnya Ngarai Sianok: Bukik Takuruang

Salah satu tempat yang tidak bisa kita pisahkan dengan Sianok adalah Bukik Takaruang. Kenapa disebut seperti itu karena Bukit ini ini dikelilingi oleh aliran sungai jadi dia berdiri sendiri seperti terkurung. 

Tak cukup rasanya membahas Ngarai Sianok ini. Tempat ini merupakan tempat ini sangat istimewa bagi kami sebagai perantau Bukittinggi. Tak afdhol jika tidak berkunjung ke tempat ini jika pulang kampung.

Kesimpulan

Lembah Ngarai Sianok ini beralamat di perbatasan antara Kota Bukittinggi dan Koto Gadang Agam. Jadi wilayah berada pada dua wilayah Bukittinggi dan Agam. Kita bisa menuju tempat ini dari dua arah Bukittinggi dan Koto Gadang. 

Tak ada tiket masuk jika ingin menikmati alam ini dengan bebas..Kecuali jika kita memasuki Taman Panorama yang berada di Bukittinggi, maka kita membayar Rp. 10.000 rupiah. Tentu saja jika kita hanya bisa melihat Ngarai Sianok dari kejauhan saja.

Itulah sekilas tentang cerita kami dengan Ngarai Sianok. Tempat indah penuh kenangan dan menambah keimanan kepada Allah. MasyaAllah Indahnya Ngarai Sianok 

Bagaimana dengan teman-teman punya nostalgia dengan tempat yang dikunjungi? Yuk sharing di kolom komentar!


Posting Komentar