Ganti Judul dan ALt sendiri

Pengalaman Mengenalkan Bisnis pada Anak

Pengalaman Mengenal bisnis pada anak

Mengenalkan bisnis pada anak secara efektif bukan hanya menerangkan teori-teori saja. Tetapi bagaimana anak bisa terjun langsung menikmati sebuah proses bisnis. 

Business sendiri secara sederhana adalah usaha yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang untuk menawarkan barang dan jasa kepada orang lain untuk menghasilkan keuntungan. Nah inilah yang namanya business itu. Konsep sederhana ini akan terasa rumit bagi anak kecil jika tanpa praktek. 

Inilah yang coba kami pahamkan kepada si Abang dan kedua adiknya. Bagaimana sebuah proses bisnis itu terjadi. 

Ini Pengalaman Receh Kami Mengajarkan Bisnis Kepada Anak

Ada beberapa tahap yang kami lakukan untuk mengenalkan bisnis pada anak kami. Mereka yang tidak mengenyam pendidikan PAUD dan TK formal mendorong kami memberikan berbagai pengalaman termasuk dengan bisnis atau istilah saya ke abang dagang.

Berikut tahap yang kami  lakukan: 

1. Mengenal konsep bisnis di dunia dan akhirat

Saya menerangkan secara sederhana mengenai konsep dagang ini kepada Abang. Sebuah kegiatan transaksi jual dan beli kemudian mendapatkan untung dari hasil dagang tersebut. Saya ajak dirinya berdiskusi untuk melihat sejauh apa yang dia pahami. 

"Jadi bisnis itu berdagang ya mi habis itu dapat untung?" tanya Abang. 

"Ya begitulah sederhananya dan disana ada usaha (strategi)untuk memperoleh untung tersebut," jelas saya . 

Dagang ini juga saya kaitkan dengan perdagangan dengan Allah. Sebagaimana Allah firman dalam Alquran terkait perniagaan ini. 

يٰأَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا هَلْ أَدُلُّكُمْ عَلٰى تِجَارَةٍ تُنْجِيْكُمْ مِّنْ عَذَابٍ أَلِيْمٍ ١٠

تُؤْمِنُوْنَ بِاللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ وَتُجَاهِدُوْنَ فِيْ سَبِيْلِ اللّٰهِ بِأَمْوَالِكُم وَأَنْفُسِكُمْ ۗ ذٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُوْنَ ۙ١١

"Wahai orang-orang yang beriman! Maukah kamu Aku tunjukkan suatu perdagangan yang dapat menyelamatkan kamu dari azab yang pedih?. (Yaitu) kamu beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan berjihad di jalan Allah dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagi kamu jika kamu mengetahui" ( QS As Saff 10-11)

Ayat ini adalah sebuah gambaran gang sangat jelas dengan tujuan kita hidup di dunia ini. Jika untuk dunia saja kita bekerja keras memperoleh untung, selayaknya kita juga bekerja keras memperoleh untung yang lebih abadi yaitu akhirat. 

Sejauh ini pemahaman sederhana Abang adalah perdagangan dengan Allah itu surga.

"Kalau perdagangan dengan Allah kita beramal baik dan untungnya surga yang mi" jawab Abang. 

Saya hanya tersenyum karena saya juga tidak punya ilmu tafsir menjelaskan secara detail. Semoga kelak Allah berikan pemahaman lebih jauh tentang konsep perniagaan dengan Allah lebih dalam lagi..

2. Membuat perencanaan bisnis

Kami atau dalam hal ini saya yang diamanahi pak su mulai berdiskusi dengan Abang apa yang ingin dia lakukan.  Saat itu dia mau menjual mainan aja mi. Tapi saya lebih melihat mudharatnya. Takut kalau memberatkan orang tua teman Abang kalau Abang jualan itu ke temannya. 

Akhirnya jadi ingat ibu jualan nasi kuning di depan rumah. Gimana kalau kita bikin risol aja.. Alhamdulillah Abang memang sudah sering bantu saya buat kulit risol dan mengisinya jadi insyaallah dia bisa diandalkan. Akhirnya keputusan ada pada risol. 

Apa langsung eksekusi, karena ada beberapa tahapan perencanaan yang perlu Abang tahu. Yaitu menginformasikan kepada ibu jualan kalau Abang mau nitip dagangan dan menghitung biaya untuk membuat risol. Setelah itu baru Action

3. Berbelanja Bahan dan Membuat Jualan

Saya meminta Abang langsung yang berbelanja ke pasar semua bahan. Biar dia juga kenal konsep uang dan pasar.  Alhamdulillah selesai juga tahap ini. 

Tentu saja tak semulus rencana, dalam pembuatan ada saja masalah. Seperti kulit yang gagal, robek, bolong dan lainnya. Ini memahamkan Abang bahwa semua bisnis itu tidak semudah jual beli untung saja. Tapi ada perjuangan.

Sederhananya seorang pebisnis harus siap rugi jika itu terjadi. 

Seperti yang kita rencanakan, ternyata target menghasilkan 50 risol ternyata cuma 40 risol. Hal ini mesti dipertimbangkan seorang pebisnis. 

4. Menghitung Harga Jual

Setelah kita mengetahui jumlah risol. Kemudian Abang menghitung modal yang kita habiskan membuat risol. Akhirnya dapatlah harga jual yang pantas agar tetap untung. Alhamdulillah sejauh ini Abang paham.

Tapi kita tidak bisa seenaknya menentukan harga, disana kita juga mempertimbangkan harga biasa pedagang lainnya agar kita bisa tetap bersaing. 

Jika harga terlalu tinggi, orang tidak akan membeli. Sebaliknya jika terlalu murah juga bisa rugi. Akhirnya harga sudah kami putuskan meskipun hanya balik modal. Setidaknya ini pengalaman bagi Abang. 

5. Menggoreng, Menitipkan dan Mengambil Jualan Kembali

Besok paginya setelah subuh Abang menggoreng risol tentu saja ditemani umi.Tidak mudah memang proses menggoreng risol harus sabar dan membutuhkan api yang kecil. 

Proses Abang belajar bisnis saat umur 7 tahun

Karena ketidaksabaran akhirnya risol ada yang hampir hangus dan tidak menarik untuk dijual. Dari 40 hanya ada 30 buah risol yang siap dijual. 

Akhirnya Abang titipkan jualan sambil berdoa semoga laris dan habis. Tiba-tiba datang WhatsApp mengabari kalau ibu mau tutup dan risolnya masih banyak sisa 5. Abang akhir ambil kembali dan sisanya kita berikan ke ibu yang jualan saja. 

Abang hanya mengambil tempat dan uang hasil jualan. 

6. Evaluasi 

Dalam proses bisnis ada evaluasi setelah kita berusaha. Alhamdulillah Abang jadi mengerti apa itu bisnis dan perencanaannya. Sebelum kita memulai bisnis kita sudah mempertimbangkan semuanya. Mulai dari modal, proses, resiko, dan hasil. Evaluasi penting untuk menentukan strategi lainnya. 

Bahkan sampai mempertimbangka waktu. Seperti jualan risol kemaren yang menyebabkannya tidak habis karena sudah telat menitipkan. Ibu buka pukul 4 pagi. Kita baru menitipkan pukul setengah 6, sementara ibu tutup pukul 6.  

Terus saja tidak habis karena yang membeli dagangan mulai sedikit. 

Tapi bagi kami bukan masalah untung dalam berdagang saja yang titik fokus kami. Tapi pengalaman ini tentu saja membuat Abang paham bagaimana bisnis tersebut. Bahkan bisa jadi pembelajaran aqidah sekaligus. Masya Allah. 

Itulah pengalaman sederhana kami mengenalkan Bisnis pada anak. Semoga sharing kami bermanfaat ya. Bagaimana dengan teman-teman? Anak Mulai Diajarkan Bisnis Seperti Apa? Tulislah dong di kolom komentar. 



✓ TerlamaLebih baru ›

Posting Komentar