Ganti Judul dan ALt sendiri

Inilah Megahnya Masjid Al Barkah Cileungsi, Memakmurkan Masjid Dengan Sunnah

Progres pembangunan masjid Al Barkah Cileungsi
Masjid Jami'Al Barkah Cileungsi Bogor 

Masjid Jami' Al Barkah Cileungsi merupakan salah satu masjid yang sangat terkenal bagi umat muslim. Masjid ini merupakan salah satu wasilah dakwah Sunnah dikenal oleh masyarakat tidak saja masyarakat Cileungsi saja tapi menyebar ke seluruh Indonesia bahkan mancanegara atas izin Allah. 

Masya Allah, lewat siaran radio Rodja dan Rodja TV dakwah Sunnah makin dikenal dan di Masjid Al Barkah Cileungsi inilah pusatnya. Melihat antusias umat muslim Jabodetabek bahkan wilayah lain yang beramai-ramai menghadiri kajian yang diisi oleh para Syaikh dan assatidzah membuat mesjid ini sering tidak muat oleh para jamaah. 

Atas motivasi besar dari umat muslim dan atas izin Allah, akhirnya pembangunan Masjid Al Barkah Cileungsi sudah memasuki tahap finishing. 

Masjid Jami' Al Barkah Dulu dan Sekarang

Umma sendiri awal mengunjungi masjid Al Barkah pada tahun 2013. Tetapi karena jarak yang jauh hanya sering datang sesekali jika ada kajian. Umma sendiri jadi saksi betapa semangat kaum muslim menuntut ilmu sangat besar. Bahkan mesjid sering tidak muat. 

Pada tahun 2013, mesjid memiliki bangunan yang tidak sebesar dan seluas saat ini. Mesjid yang beralamat di Kampung Tengah Cileungsi Bogor ini terdiri dari dua lantai dengan tempat parkir yang sangat terbatas. Jalan menuju masjid juga sedikit sempit jika menggunakan mobil. 

Kapasitas Masjid Sunnah Al Barkah Cileungsi Bogor
Perubahan Masjid Al Barkah Cileungsi Bogor 

Kemudian atas izin Allah, Bangunan baru Masjid Jami' Al-Barkah Cileungsi sudah mulai bisa digunakan sejak September 2022 hingga saat ini. 

Profil Masjid Al Barkah Cileungsi 

Masjid Al Barkah (Sumber Foto: Radio Rodja)

Masjid Al Barkah Cileungsi memang sudah familiar dikenal sebagai masjid Sunnah. Salah satu masjid yang aktif mensyiarkan dakwah Sunnah di Indonesia. 

Mesjid ini beralamat lengkap di Jl. Pahlawan Kp. Tengah RT 03/03. Cileungsi, Bogor. Ini lokasi tepatnya

Mesjid ini bersebelahan dengan Kantor Polsek Cileungsi. Sebelum perluasan, akses menuju mesjid melalui samping kantor polisi dan berada di belakang jalan raya. Tapi sejak pembangunan, akses masuk masjid langsung dari depan. Mesjid Al Barkah berdiri megah di pinggir jalan raya. Sangat megah dan insyaallah jadi masjid yang dicinta oleh umat muslim. 

Arsitektur Masjid Al Barkah Cileungsi

Mesjid ini mulai digunakan akhir tahun 2022 dan sangat banyak perubahan. Mesjid ini terlihat sangat megah sekali. Bahkan lebih luas dan indah sekali. 

Dari luar terlihat bangunan sangat megah sekali. Mesjid ini terdiri dari 3 lantai utama, 2 lantai mezzanine, 4 lantai khusus parkir motor, dan 1 lantai semi basement untuk parkir mobil.

Dari luar terlihat nuansa Krem dengan kubah berwarna biru. Ada tiga akses memasuki mesjid Al Barkah Cileungsi. Pertama dari arah jalan raya langsung, dari arah kiri dan dari arah belakang (lokasi mesjid sebelum dilakukan perluasan). 

Info Kajian di Masjid Al Barkah Cileungsi
Arsitektur Masjid Al Barkah Cileungsi Bogor 

Mesjid yang berdiri megah ini begitu indah dan asri. Memasuki mesjid akan terlihat banyak sekali pintu masuk. Jika kita masuk dari lantai basement kita bisa menggunakan tangga dan lift menuju lantai utama mesjid. Khusus akhwat berada di lantai 2. 

Kesan modern sangat terlihat dari mesjid ini, meskipun sangat sederhana tanpa banyak hiasan. Bagian loteng mesjid sangat indah dengan penataan lampu yang apik. Di area utama juga terdapat beberapa layar TV untuk memudahkan jamaah dalam mengikuti berbagai kajian. 

Berdasarkan informasi dari website Rodja,  data kapasitas jamaah, toilet, dan parkir untuk bangunan masjid yang baru adalah sebagai berikut :

  • Total jamaah : 𝟓.𝟓𝟑𝟎 orang
  • Auditorium : 𝟑𝟏𝟑 kursi
  • Parkir mobil : 𝟖𝟎 mobil
  • Parkir motor : 𝟒𝟓𝟎 motor
  • Toilet : 𝟓𝟐 unit
  • Toilet disabilitas : 𝟒 unit
  • Urinoir : 𝟐𝟓 unit
  • Tempat wudhu : 𝟏𝟓𝟗 unit
  • Wastafel : 𝟏𝟓 unit
    Tempat Wudhu Masjid Al Barkah Cileungsi

Kegiatan dan Kajian Rutin di Masjid Al Barkah Cileungsi

Selain sebagai tempat sholat, mesjid ini selalu jadi pusat ilmu bagi umat muslim. Banyak sekali kegiatan yang digelar oleh Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) diantaranya program takashus, tahsin dan belajar bahasa Arab. 

Kajian umum, bulanan dan rutin selalu ada di mesjid Al Barkah ini. Untuk update kegiatan dan kajian bisa mengikuti akun sosial media di @masjidalbarkahcileungsi  

Masjid Al Barkah Cileungsi: Kantor Pusat Radio Rodja dan Rodja TV

Kehadiran siaran radio Rodja dan Rodja TV tidak bisa lepas dari Mesjid Al Barkah ini. Banyak umat muslim sampai dakwah Sunnah kepada mereka lewat siaran dari mesjid ini. Dari kejauhan kita sudah melihat menara berbentuk tinggi segitiga  bertuliskan radio rodja dan Rodja TV. Juga ada jam digital besar yang memudahkan orang melihat waktu terutama waktu sholat. 

Radio Rodja dan Rodja TV Masjid Al Barkah Cileungsi
Menara Radio Rodja dan Rodja TV Terlihat dari kejauhan 

Dari sinilah program-program dakwah Sunnah disyiarkan tidak hanya ke seluruh Indonesia baik kota maupun pedalaman. Tapi juga hingga ke seluruh dunia. Masya Allah.

Diantara Syaikh dan Ustaz yang mengisi kajian di Rodja adalah Syaikh Abdurrozaq, Ustaz Badrussalam, Ustaz Abdullah Taslim, Ustaz Firanda Andirja, Maududi Abdullah, Ali Musri, Syafiq Riza Basalamah, Erwandi Tarmidzi, Yala Kurnaedi dan masih banyak lagi. 

Selain kajian siaran radio Rodja dan Rodja TV juga memutar tilawah Al-Qur'an. 

Pengalaman Umma Mengunjungi Masjid Al Barkah Cileungsi 

Pengalaman Mengunjungi Masjid Sunnah Al Barkah Cileungsi
Cerita Umma mengunjungi Masjid Al Barkah Cileungsi 

Sebelumnya Umma mau cerita dulu, sejak ada akses tol baru membuat perjalanan kami ke mesjid ini hanya membutuhkan waktu 20 menit. Jika selama ini bisa mencapai 1 jam lebih. (Baca cerita Umma tentang review Tol Nagrak ya). 

Lanjut cerita Umma tentang mesjid, Umma hanya takjub sembari memuji Allah dengan segala kehendak Nya. Tahukah Pasca perluasan masjid (selama pandemi 2020-2022 proses renovasi), Umma baru sempat mengunjungi masjid di Juni 2022 ini. Umma sangat excited sembari mengucapkan takbir dan tahmid. Sungguh sebuah perubahan yang sangat luar biasa. 

Anak-anak juga sangat senang berkunjung ke masjid ini. Bagus sekali kata mereka. Kami masuk dari pintu utama jalan raya. Ada dua gerbang masuk dan keluar. Dari kejauhan sudah terlihat bangunan yang tinggi dan megah sekali. 

Informasi Masjid Al Barkah Cileungsi
Anak-anak bersama pak su di lantai basement Masjid Al Barkah Cileungsi 

Kami masuk menggunakan lift menuju lantai 2 khusus akhwat. Di depan lift ada rak sepatu untuk meletakkan sepatu dan sandal kita.

Setelah itu karena area akhwat kita disarankan untuk melepas cadar bagi muslimah yang mengenakannya. Akses menuju area utama bisa melalui dua arah kanan dan kiri. Ada beberapa pintu untuk masuk ke dalam masjid kanan, kiri dan belakang. 

Toiletnya juga sangat besar dan luas sekali. Di pintu menuju toilet ada kaca besar yang bisa digunakan. Kemudian masuk ke toilet tersedia banyak tempat wudhu. Apalagi desainnya cantik dengan penambahan beberapa tanaman hijau di sudut ruangan wudhu. 

Tersedia juga wastafel dengan kaca yang besar. Setelah itu ada toilet duduk dan jongkok yang ramah disabilitas. Pokoknya ke masjid ini nyaman banget deh. 

Umma bersama anak-anak saat ke masjid ini sedang ada kajian rutin bersama Ustaz Badrussalam dan alhamdulilah ramai jamaahnya. 

Di beberapa sudut juga disediakan rak berisi Al-Qur'an. Di sudut belakang dekat pintu tersedia mukena, sutrah dan kursi buat jamaah yang membutuhkan. 

Oh ya kalau ada yang bertanya apakah masjid ini ramah anak. Menurut Umma selama kita bisa menjaga adab-adab di masjid dan bisa mengawasi anak-anak. Masjid manapun akan ramah anak. Termasuk Al Barkah. 

Bagi yang berdonasi secara online langsung di tempat bisa scan

Satu lagi, jika ingin berdonasi untuk pembangunan masjid bisa melalui 

Bank Syariah Indonesia ( Eks BSM)

           756 3131 009
           a.n. Pembangunan Masjid Al Barkah Yayasan             Cahaya Sunnah
           (Kode bank 451)

     .    Informasi: 0821-12345-756

Dan untuk informasi terupdate bisa klik disini ya

Sekian ya cerita panjang Umma tentang Masjid Al Barkah Cileungsi. Sesuai dengan tagline mereka " Memakmurkan Masjid Dengan Sunnah" . Semoga umat muslim makin menerima dakwah Sunnah ini dan mulai menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. 

Bagaimana dengan Masjid Al Barkah Cileungsi ini menurut teman-teman? Atau teman-teman juga sudah pernah ke masjid ini. Sharing ya di kolom komentar tentang cerita Umma ini! Terima kasih. 


18 komentar

  1. Masya Allah, bangunan masjid sekarang makin bagus-bagus ya, fasilitasnya juga lengkap. Salah satunya Masjid Al-Barkah ini, jujur baru tau masjid ini dan kayaknya bakal betah berlama-lama disana

    BalasHapus
  2. Masya Allah, mewah banget ya rumah Allah, vibenya juga sejuk dan modern. Apalagi tempatnya yang sangat megah dan luas, pasti nyaman banget ibadah disitu

    BalasHapus
  3. Masya Allah, bener-bener keren arsitektur mesjidnya. Dari luar saja udah kelihatan adem yaa. Semoga Allah memberi kesempatan saya untuk mengunjungi dan sholat di mesjid ini. Aamiin ya Rabbal’alamiin.

    BalasHapus
  4. Luar biasa. Sangat megah dan membanggakan muslim manapun. Belum pernah ke Cileungsi, semoga suatu saat kesampaian bisa melakukan ibadah di masjid yang dirindukan ini

    BalasHapus
  5. Bagus arsitektur mesjidnya. Kalo nggak melihat menara dan kubah, saya pikir ini gedung pemerintahan dan sejenisnya.

    BalasHapus
  6. Masya Allah masjid Al Barkah semakin cantik dan megah yahh pasca perluasan. Iya nih terkenal banget karena aktif mensyiarkan dakwah Sunna juga. Salfok ama area parkir bisa sampe 450 motor dengan toilet sampe 50 lebih. Wow! Semoga ntar bisa mampir, insya Allah.

    BalasHapus
  7. Seneng banget ngeliat masjid-masjid yang megah, bersih, dan nyaman kayak gini. Semoga selalu ramai terisi umat muslim yang beribadah di sana.

    BalasHapus
  8. MasyaAllah, bagus banget desain masjidnya. Aku belum pernah ke masjid ini Umma, mau masuk list dulu deh buat wisata religi nanti.

    BalasHapus
  9. Masyaallahu adem banget kalau liat masjid. Apalagi desain masjid zaman ini makin variatif makin megah. Semoga bangunan yg megah ini diimbangi dengan kegiatan yang megah juga, ya mbak...

    BalasHapus
  10. masyaallah bagusnya masjid Al Barkah, fasilitas pendukungnya juga memadai aktivitas umat yang berkunjung ya, asli keren deh

    BalasHapus
  11. Masya Allah meski sederhana, bangunannya megah dan indah ya Masjid Al Barkah Cileungsi ini, fasilitasnya pun lengkap, bagus dan nyaman. 'Memakmurkan Masjid Dengan Sunnah'..Insya Allah

    BalasHapus
  12. MasyaAllah jadi pengen ke Masjid Al-Barkah juga, bagus banget desainnya.. Masukin wishlist dulu kalo nanti ke Cileungsi diusahakan kesana

    BalasHapus
  13. Seneng banget ada masjid sunnah yang besar, indah dan senantiasa aktif digunakan untuk menuntut ilmu syar'i seperti Masjid Jami Al Barkah Cileungsi. Barakallahu fiikum. Semoga senantiasa diberikan kemudahan dan keringanan untuk senantiasa meramaikan masjid.

    BalasHapus
  14. Bangunan masjidnya indah dan bagus, sayang belum sempat mampir ke masjid ini padahal sering ikut suami ke Cileungsi, semoga suatu hari bisa mampir dan melihat langsung indahnya desain masjid dan mengikuti berbagai kegiatan di sana.

    BalasHapus
  15. keren!!
    masjid2 lain bisa niruuu nih.
    supaya syiar dakwah makin baguuus ya

    BalasHapus
  16. Megah dan besar ya Masjid Al Barkah ini. Saya baru tahu tentang masjid ini setelah baca tulisan Mbak. Memang ya masjid yang lapang, megah, dan bersih selalu menarik umat untuk banyak berkegiatan di sana.

    BalasHapus
  17. masyaAllah bagus banget masjidnya, mbak. saya jujur baru dengar nih masjid jami al barkah ini

    BalasHapus
  18. Kl ga salah masjidnya kl dilihat dr atas dengan drone terlihat lafadz Allah.. Ktnya sbg konsep bentuk bangunan nya..

    BalasHapus