Ganti Judul dan ALt sendiri

Masjid Soleh Hawa Ceger

 kajian sunnah di masjid Soleh Hawa

Masjid Soleh Hawa berlokasi di Jl Ceger No 3 Kelurahan Ceger Kecamatan Cipayung Jakarta Timur. Masjid ini merupakan salah satu pilihan umat muslim tidak hanya untuk sholat tapi juga untuk menuntut ilmu agama. 

Profil Masjid Soleh Hawa Ceger 

Masjid ini mulai beroperasional pada 1 Maret 2021 ditandai dengan sholat subuh diimami oleh Ustaz Dr Firanda Andirja M.A. Lokasinya sangat strategis yaitu di pinggir jalan raya Ceger. 

Awal saya kenal dengan masjid ini awal tahun 2022 lalu. Saat beberapa teman sering berbagi informasi kajian. Hampir setiap Minggu ada kajian rutin. Tapi biasa kami kesini kalau ada waktu luang saja. 

arsitektur masjid soleh hawa ceger
Tampak depan Masjid Soleh Hawa Ceger Jakarta Timur (Dokumen Pribadi)


Bentuk Bangunan Masjid Soleh Hawa

Pertama kali memandang bangunan ini hati menjadi tenang karena nuansa warna putihnya yang bersih. Memasuki gerbang kita akan menemukan di sebelah kiri pos security lengkap, area parkir yang luas. 

Di sebelah kiri juga ada area toilet dan sekretariat pengurus masjid. Kemudian tempat penyimpanan sepatu. Sementara itu di sebelah kanan ada Resto Soha Arabic & Indonesian Food. 

Kemudian saat kita menuju area utama terdiri dari dua lantai. Ada dua pintu besar yang tersedia di lantai 1.  Jika saat kajian dua pintu tersebut berfungsi satu untuk Ikhwan menuju lantai 2 dan satu untuk akhwat di lantai 1. 

kubah masjid Soleh Hawa Ceger
Bentuk kubah bagian dalam masjid
Tetapi saat hari biasa, masjid hanya difungsikan satu lantai di lantai 1 dengan sedikit space untuk wanita. Biasa bagi akhwat yang ingin menuju masjid melalui jalur toilet. 

Memasuki area dalam masjid Soleh Hawa Ceger ini, kita akan melihat desain simpel tanpa banyak ornamen. Hanya ada ruangan luas yang sangat dingin. Kapasitas jamaah 400-an lengkap dengan dua lampu hias. 

Di bagian depan terdapat jam digital dan screen yang sangat besar. Biasa digunakan saat kajian berlangsung. Sementara untuk lantai 2, berhubung saya akhwat dan belum pernah kesana jadi belum bisa menggambarkan secara langsung. 

Tapi dari cerita pak su hampir sama dengan lantai 1 cuma ada kubah bulat besar dengan ornamen emas, coklat dan putih serta dilengkapi dengan lampu hias, ada dua proyektor dan screen di lantai 2 ini. 

Selain itu di masing-masing lantai tersedia area buku-buku Islam, Alquran, meja dan sutrah (pembatas sholat) untuk para jamaah. Kalau lupa bawa mukena juga tersedia disini. Secara umum masjid ini memang sangat sederhana tanpa ornamen yang banyak. 

Tapi tempatnya sangat nyaman baik untuk sholat maupun untuk kajian bahkan ramah anak. 

tempat wudhu masjid Soleh Hawa yang bersih

Bagian tempat wudhu juga sangat bersih sekali. Tersedia tiga area yaitu wudhu lengkap tempat meletakkan barang diatasnya, area wastafel dilengkapi cermin besar, handwash dan tisu dan ketiga toilet. 

Area toilet di tempat akhwat ada dua pilihan jongkok dan duduk. Di dalamnya juga tersedia shower yang bisa digunakan untuk jamaah yang sedang melakukan itikaf atau pelatihan. Area ini sangat nyaman, bersih dan wangi. 

Selain itu di lingkungan masjid juga terdapat rumah pemilik masjid yang bernuansa sama. Di area belakang masjid juga terdapat pekarangan pemilik rumah yang asri. Biasa untuk kajian umum (tabligh Akbar), area ini digunakan sebagai tempat parkir motor jamaah. 

Area ini terdapat kolam renang, saung yang asri dengan pepohonan hijau dan area yang juga luas. Sangat ramah anak, tapi tentu saja kita tidak bisa bebas di area ini ya karena ini privasi pemilik rumah. 

Kegiatan di Masjid Soleh Hawa Ceger 

Bagi saya dan keluarga masjid ini jadi salah satu pilihan mengikuti kajian. Masya Allah banyak sekali kajian-kajian yang diadakan disini. Baik rutin maupun tematik. 

kajian rutin di masjid Soleh Hawa

Menariknya kajian-kajian Sunnah yang diadakan sangat lengkap mulai dari Tauhid, Fiqh, Tafsir dan banyak lagi bahasan yang tentu saja semuanya berdasarkan Al-Qur'an dan Sunnah dengan pemahaman salafus shalih. 

Selain kajian, pengurus juga mengadakan pelatihan pengurusan jenazah, membuka kelas tahsin, bahasa Arab dan Taman Pendidikan Quran (TPQ) untuk anak-anak. Masya Allah tempat ini bikin betah deh. 

Saat ini beberapa kajian rutin yang diselenggarakan yaitu setiap hati Kamis Ba'da Magrib Kitab Tauhid bersama Ustaz Badru Salam Lc  dan hari Jumat Ba' da Magrib Kitab Fiqh Muyassar bersama Ustaz Gigih Surya Nugraha S.H. 

Bagi teman-teman yang tertarik untuk mengikuti kajian di Masjid Soleh Hawa Ceger Jakarta Timur ini bisa mengetahui informasi terupdate-nya di akun Instagram mereka @masjid.solehhawa .

sekretariat masjid Soleh Hawa Ceger Jakarta Timur
Sekretariat pengurus Masjid Soleh Hawa di lantai atas 

Nah, bagaimana dengan teman-teman sudah pernah ke masjid ini atau kemana biasa kalau kajian rutinnya. Sharing dong di kolom komentar! 




Posting Komentar