Ganti Judul dan ALt sendiri

Referensi Masjid Sunnah Yang Mengadakan Itikaf di Jakarta dan Depok

Masjid Nurul Iman Blok M Square Lantai 7 (Dok: Pribadi)

Referensi masjid Sunnah yang mengadakan Itikaf Selama Ramadhan di wilayah Jakarta dan Depok. Oh ya siapa yang di sepuluh terakhir bulan Ramadhan adalah hari-hari istimewa. Apalagi pada malam hari hingga Subuh, menjadi malam-malam yang senantiasa diisi dengan amalan shalih berupa shalat malam dan tilawah. 


Keluarga Umma dan 10 Terakhir Ramadhan

Bagi keluarga Umma, biasanya di sepuluh terakhir Ramadhan menjadi hari-hari paling ditunggu terutama bagi anak-anak. Meskipun kami belum bisa itikaf (menetap di masjid di 10 terakhir Ramadhan) sepenuhnya. Tapi biasanya kami akan ikut melaksanakan shalat tarawih (jadwal malam) berjamaah di masjid. 

Berhubungan pak su masih kerja siangnya jadi kami belum bisa sepenuhnya melaksanakan itikaf. Salah satu masjid yang sering jadi pilihan Pak Su sejak 4 tahun kami berumah tangga adalah Masjid Al Fattah Jatinegara. 

Biasanya kami akan berangkat jam 1 dini hari menuju masjid kemudian melaksanakan shalat tarawih berjamaah mulai pukul 2 sampai jam 4 pagi atau menjelang Subuh. 

Masya Allah, shalat di Masjid Al Fattah serasa shalat di daerah Arab sana. Bacaan shalat imam tarawih sangat fasih dan lantang. Jadi kita tidak merasa mengantuk atas izin Allah. Begitu khusyuk dan khidmat shalat di Masjid Al Fattah yang beralamat di Jalan Jatinegara Timur No 48-50 Jakarta Timur. 

Tantangan Umma Shalat Malam di Masjid

Ya, meskipun shalat di Masjid Al Fattah begitu khusyuk dan khidmat. Tapi Umma pribadi selalu merasakan tekanan batin kalau sudah menuju masjid. Sambil harap-harap cemas. Secara Umma membawa anak di bawah umur mumayyiz (masih balita), jadi masih dianjurkan untuk melaksanakannya shalat di rumah saja. 

Tapi masalahnya anak-anak sangat antusias ke masjid untuk shalat malam, meskipun mereka belum sepenuhnya melaksanakan shalat setidaknya mereka menyaksikan pelaksanaan shalat dan bacaan imam yang baik dan benar. Sebuah edukasi yang tidak perlu teori. 

Alhamdulillah, meskipun ada saja yang menegur untuk lebih baik melaksanakan shalat di rumah, atas kemudahan dari Allah Umma masih bisa melewati rintangan ini. Alhamdulillah bersyukur kepada Allah masih bisa melaksanakan shalat tarawih malam di masjid. 

Bukan pembelaan, tapi hafalan Alquran Umma yang hanya segelintir ini membuat Umma memilih untuk shalat bersama Imam. 

Sebenarnya tidak ada yang salah dengan aturan tidak dianjurkan membawa anak balita saat pelaksanaan shalat tarawih karena bisa menggangu kekhusyukan shalat berjamaah. Tapi Umma sangat sulit untuk  memilih di rumah.  (Umma juga tidak bisa berkomentar dengan masalah ini). 

Hanya saja Umma selalu berdoa semoga Allah senantiasa memberikan kemudahan untuk melaksanakan shalat malam di masjid dan anak-anak bisa diajak kerjasama. Tidak rewel, tidak menganggu. Apalagi si dedek kecil (3y) semoga anteng tidur sampai rumah kembali. 

Tapi entahlah untuk tahun ini, apakah Umma masih bisa melaksanakan shalat di Masjid bareng keluarga. Secara Umma juga tidak bisa memaksakan kehendak Umma yang berstatus ibu yang memiliki anak-anak dibawah 7 tahun. 

Siapa yang tidak gatal matanya, melihat Umma dengan 4 pasukan kecil-kecil disamping kanan kiri. Terkesan merepotkan, ribet dan lainnya. Padahal tidak ada gang perlu diribetkan sebenarnya (menurut Umma, biasa-biasa saja). 

Semoga tahun ini masih bisa melaksanakan shalat di Masjid Al Fattah. (Mohon doanya teman-teman, semoga Allah mudahkan bisa shalat malam berjamaah). 

Referensi Masjid Sunnah Yang Mengadakan Itikaf dan Shalat Malam di Jakarta dan Depok

Nah referensi ini sepengetahuan Umma saja ya. Berikut beberapa masjid Sunnah yang bisa Umma rekomendasi bagi yang ingin melaksanakan itikaf dan shalat malam di masjid.

1. Masjid Al Fattah Jatinegara Timur

Masjid Al Fattah Jatinegara
Masjid Al Fattah Tampak Depan

Ya, alhamdulillah sudah 4 tahunan (jeda 2 tahun covid) keluarga Umma shalat malam di Masjid Al Fattah. Biasanya mereka juga membuka pendaftaran itikaf khusus Ikhwan. Kemudian menyelenggarakan shalat tarawih malam berjamaah mulai pukul 2 sampai 4 pagi. 

Masjid Al Fattah ini berada di lokasi sangat strategis di pinggir jalan raya. Biasanya jamaah shalat sangat penuh apalagi di malam-malam ganjil. Biasanya penuh sampai jalan raya. Masya Allah. 

Sangat disarankan untuk berangkat lebih awal jika ingin mendapatkan tempat parkir yang aman dan tempat shalat di dalam. .

2. Masjid Nurul Iman Blok M Square 


Masjid Nurul Iman Blok M Square

Masjid ini juga membuka pendaftaran itikaf pada Ramadhan tahun ini. Kami dulu sebelum Covid pernah beberapa kali shalat malam di masjid ini. Tapi karena dua tahun ke belakang tidak diperkenankan untuk akses kendaraan pada jam malam maka kami tidak kesana. 

Tapi Alhamdulillah dari informasi di akun instagramnya @masjidnuruliman, tahun iniembuka kesempatan peserta itikaf sebanyak 100 orang Ikhwan dan akhwat serta siap menampungnya 500 jamaah shalat malam. 

Sejak renovasi masjid ini lebih luas dari biasanya. 

3. Masjid Babussalam Cimanggis Depok

Masjid Sunnah satu ini juga membuka pendaftaran itikaf selama Ramadhan. khusus Ikhwan dengan kuota 100 orang. Masjid ini beralamat di Jl Swadaya 3 No 40 Radar Auri Cimanggis Depok. Info terupdate bisa langsung DM ke akun Instagram mereka @babussalam_assunnah. 

4. Masjid As Syakirin Mekar Sari Depok

Masjid As Syakirin Mekar Sari Depok

Masjid yang beralamat di Mekar Sari Depok ini juga biasa membuka pendaftaran itikaf bagi Ikhwan dan akhwat. Mereka juga mengadakan beberapa kegiatan bermanfaat untuk peserta Itikaf salah satunya bimbingan Al-Qur'an. 

Sebenarnya masih banyak barangkali masjid lain yang mengadakan Itikaf selama Ramadhan Rekomendasi masjid diatas ini hanya sepengetahuan Umma saja. 

Jika ada teman-teman yang punya rekomendasi masjid yang mengadakan Itikaf selama Ramadhan sharing ya di kolom komentar. Sekian artikel Umma dengan judul " Referensi Masjid Yang Mengadakan Itikaf Selama Ramadhan". 

17 komentar

  1. Terimakasih infonya semoga teman-teman yang berada di wilayah masjid tersebut bisa memanfaatkan momen ramadan ini.

    BalasHapus
  2. Agama apapun mengajak umatnya untuk senantiasa dekat dengan Sang Pecipta. Mudah-mudahan artikel Mbak ini bisa menjadi sumber informasi untuk orang-orang yang mau memperbaiki ibadahnya. Agar bersama-Nya, kita semakin kuat menghadapi tantangan hidup.

    BalasHapus
  3. Masya Allah ini list-nya lengkap masjid sunnah yang mengadakan itikaf di Jakarta dan Depok, terima kasih. Semoga dimudahkan dan dilancarkan itikaf bersama keluarga ya Umma

    BalasHapus
  4. Makasih mbak untuk rekomendasi masjid-masjidnya, terkadang suka kesulitan cari info masjid yang mengadakan itikaf. Masjidnya unik-unik ya arsitekturnya.

    BalasHapus
  5. saya dulu waktu masih lajang pernah juga itikaf gini mbak beberapa kali. setelah punya anak terutama balita memang ada pro kontranya ya mengajak anak salat ke mesjid. di satu sisi kita ingin mengenalkan ibadah tarawih tapi di sisi lain anak usia balita itu kadang nggak bisa diam dan malah menganggu jalannya salat. ini kejadian di saya nih karena anak maunya main melulu pas di mesjid

    BalasHapus
  6. Terima kasih list mesjidnya Mba. Sangat membantu nih dan bisa direkomendasikan juga ke teman2 yg tinggal di daerah sana.

    BalasHapus
  7. Wah iya, sudah masuk 10 hari terakhir ya
    Saatnya gaspol dengan itikaf di masjid

    BalasHapus
  8. wah terima kasih mba referensinya, jadi tahu masjid mana saja yang mengadakan itikaf bersama di Jakarta dan Depok, sehingga orang yang tahu atau baca bisa langsung ke sana

    BalasHapus
  9. Memang ya pro dan kontra membawa anak-anak ke masjid saat itikaf tetap ada. Pernah mendengar dari kajian bahwa sebenarnya banyak manfaat jika anak-anak sering diajak berkegiatan di Masjid. Hanya mungkin memang pengurus masjid dibantu para jamaah, perlu menemukan cara agar semua sama-sama berbahagia. Makasi rekomendasi masjidnya Mbak.

    BalasHapus
  10. noted bgt mba
    memang kudu paham seputar adab dan fiqih nyq ya

    BalasHapus
  11. Saya sedih pas 10 hari ketiga ini lagi haid. Btw masjid sunnah itu maksudnya gimana mba? Masjid yang melakukan sunnah itikaf bersama atau bagaimana?

    BalasHapus
  12. Semoga lancar semua yang i'tikaf
    Pahala berlimpah
    Disehatkan semua yang melakukannya
    Aaamiinnn

    BalasHapus
  13. Masya Allah ... anak-anak jadi belajar banyak hal juga sebenarnya meskipun mereka tidak sepenuhnya paham ttg i'tikaf. Kalo masjidnya nyaman, masya Allah ya ... pasti nyaman i'tikaf saat dini hari.

    BalasHapus
  14. MashaAllah~
    Alhamdulillah, kalau dari sekolahnya anak-anak saat mengikuti serangkaian pesantren kilat juga diajarkan untuk shalat tarawih di waktu shalat malam. Dan jadi lebih semangat bila menemukan masjid sunnah yang juga melaksanakan sunnah tersebut.

    BalasHapus
  15. Nggak kerasa ya. Tetiba udah masuk 10 hari terakhir.

    BalasHapus
  16. Malah baru tau ada masjid yang tarawihnya jam 2 pagi gitu, Umma. Klo di kampung saya, yang sholat tengah malam hanya sholat tasbih, dari jam 12 sampai jam 1an kayaknya. Klo tarawihnya selepas Isya langsung.

    Semoga kita semua diberikan keteguhan untuk beribadah semaksimal mungkin di Ramadan ini. Salam hangat untuk Umma sekeluarga yaaa...

    BalasHapus
  17. Seumur hidup belum pernah i'tikaf di mesjid. Someday, hopefully..

    BalasHapus