Ganti Judul dan ALt sendiri

Pengalaman Recook Resep Soto Ayam Fah Umi Yasmin

Recook Resep Soto Ayam Fah Umi Yasmin Recommended
Soto Ayam Recook Ruang Umma 
Soto Ayam Fah Umi Yasmin, salah satu resep yang paling sering Umma Recook. Secara sangat mudah dan benar-benar praktis. Alhamdulillah juga anak-anak suka dengan resepnya. 

Cerita Soto Ayam 

Sebagai darah Minang, sangat jarang Umma mencoba menu ini. Paling seringnya Soto Padang. Rasanya tiada duanya. Apalagi bikininan Nenek Gadis. Tapi sejak menikah dengan orang rantau, banyak sekali menu yang Umma baru kenal. Termasuk menu ini. 

Sebenarnya Umma sangat suka menu berkuah, cuma tak familiar dengan menu soto ayam. Hingga akhirnya pak su sering sekali membeli atau mengajak makan berbagai menu mulai dari Soto Daging, Soto Betawi, Lamongan, Surabaya, Kudus, Sroto dan banyak lagi. Ternyata banyak sekali ya jenis menu berkuah ini. 

Bisa dibilang dalam sebulan, Umma tak absen dengan menu Soto Ayam baik beli maupun bikin. Nah salah satu resep andalan Umma adalah resepnya Umi Fah Yasmin ini. 

Recook Resep Soto Ayam Fah Umi Yasmin

Setelah membuat beberapa kali resep Soto Ayam Fah Umi Yasmin ini, anak-anak suka sekali. Tapi kadang kalau umminya lagi nggak mood dan memberikan takaran bumbu yang tidak pas, sering gagal juga. Walaupun tetap dimakan sih. Penasaran kan dengan resepnya?

Bahan-Bahan:

1 kg ayam (agar tidak bau setelah dicuci beri perasan jeruk nipis dan cuci lagi, lebih enak dada ayam) 

3 liter air 

1/2 sdt merica bubuk

1/2 sdm gula

3 sdm garam

1/2 sdt kaldu instant

Bumbu Halus:

6 siung bawang merah

4 siung bawang putih

2 cm jahe

3 cm kunyit

2 butir kemiri utuh

1 sdt ketumbar

3 lembar daun jeruk

1 batang serai

2 lembar daun salam

2 cm lengkuas, geprek

2 sdm minyak goreng

Bumbu Perendam Ayam: 

1 sdt ketumbar

1/2 sdt kunyit bubuk

3 siung bawang putih

1 sdt garam 

Pelengkap: 

Telor rebus

Soun rendam air panas tabur garam

Jeruk nipis

Daun bawang

Daun seledri

Taoge pendek

Bawang goreng

Koya kerupuk udang

Kentang goreng

Hasil Recook Ruang Umma Soto Ayam Fah Umi Yasmin 

Cara Membuat Soto Ayam Fah Umi Yasmin 

1. Rebus air sampai mendidih, masukkan ayam, rebus 20 menit dari mendidihnya ayam, tutup. Diamkan 30 menit.

2. Blender / ulek bumbu, tumis sampai air habis baru kasih minyak, tambahkan daun-daun. 

3. Masukan bumbu yang sudah ditumis ke dalam kuah soto. Tambahkan merica bubuk, gula , garam , kaldu instant, daun bawang dan seledri  Koreksi rasa. 

4. Jika isian ayam mau digoreng bisa diberi bumbu perendam terlebih dahulu. Caranya haluskan bumbu perendam, tambahkan air sekitar 50 ml dan masukkan ayam yang matang ke dalam pencelup. Diamkan 5 menit, balik, tunggu 5 menit lagi. Goreng sampai kecoklatan. Setelah ayam dingin kemudian suwir. 

Catatan Penting Fah Umi Yasmin Untuk Resep Soto Ayam 

1. Untuk kuah soto, jika kurang kuning, bisa tambahkan kunyit bubuk ke dalam kuah tadi  Karena kadang kunyit ada yang tua warnanya gelap, ada yang masih muda warnanya terang.

2. Untuk Koya bisa membuat  sendiri dari kerupuk udang blender sama bawang putih goreng. Atau bisa juga, menggunakan kerupuk rasa bawang putih dan blender.

3. Cara pilih kentang untuk keripik kentangnya. Pilih kentang yang masih keras kalau dipegang/kentang baru, jadi hasil gorengannya lebih cantik putih-putih. Kalau kentang kita pegang sudah empuk, itu tandanya kentang sudah lama. Jadi saat  digoreng cepat coklat. Kentang lama cocok untuk buat perkedel.

Masya Allah ilmunya ya. Umma juga sangat suka banget pantengin Facebook Fah Umi Yasmin, karena banyak sekali ilmu baru yang Umma dapatkan. Apalagi Umma masih baru dalam dunia perdapuran ini. 

Semoga resepnya bermanfaat ya. Oh ya  Soto apa yang paling disukai atau yang pernah dibuat? Atau kalau sudah Recook resep Soto Ayam Fah Umi Yasmin, sharing dong di kolom komentar. Terima kasih..


Posting Komentar