Ganti Judul dan ALt sendiri

Healing Seru ke Penangkaran Rusa Cariu Bogor

Healing Seru di Penangkaran Rusa Cariu Bogor
Abang sangat menikmati alam Penangkaran Rusa Cariu Bogor 

Mau cari tempat healing bareng keluarga di sekitar Bogor. Penangkaran Rusa Cariu bisa jadi referensi lho ummah! Saat Umma ke lokasi ini bersama anak-anak serasa kita menyatu dengan alam. Penangkaran Rusa Cariu menawarkan wisata alam keluarga yang sangat alami.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk Penangkaran Rusa Cariu Bogor

Lokasi penangkaran rusa ini memang agak terpencil di Cariu, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Indonesia, tetapi dapat dicapai dengan mobil waktu tempuh sekitar 2 jam dari Jakarta.

Untuk menuju lokasi penangkaran dari Jakarta, masuk ke jalan tol Jagorawi, keluar di pintu Cibubur, terus menuju Cileungsi, dan lanjut terus melewati Taman buah Mekarsari menuju Jonggol. 

Setelah melewati Jonggol kita menuju ke arah Cikalong, dan lokasi penangkaran berada di pertengahan jalan antara Jonggol dan Cikalong, yaitu Jalan Sirnarasa – Mekargalih, Cariu, Indonesia.

Penangkaran rusa Cariu berada di tepi sungai, untuk masuk lokasi kita menyeberangi jembatan gantung sepanjang 25 meter dan berjalan sekitar setengah kilo melalui jalan setapak. 

Harga tiket masuk untuk dewasa sebesar Rp.6000,- dan kawasan penangkaran ini dikelola oleh Perum Perhutani Bogor. 

Fasilitas Penangkaran Rusa Cariu Bogor

Pada lokasi penangkaran terdapat pula area perkemahan (camping ground) dan disekitarnya terdapat warung yang menyediakan makan dan minuman.

Jenis rusa yang terdapat di penangkaran ini adalah rusa totol / bambi (Axis  Erxl), rusa coklat (Cervus timorensis), rusa mini / kecil bawean.

Kita dapat memberi makan rusa-rusa tersebut dengan membeli makanan berupa kacang atau wortel dari warung terdekat. 

Tempatnya nyaman untuk bersantai dan udaranya sejuk, anak-anak dapat bermain di lapangan bersama rusa dengan didampingi penjaga penangkaran.

Selain rusa di Padang Savana ini juga terdapat hewan lain seperti trenggiling, kancil dan beberapa jenis burung.

Aktifitas Seru di Penangkaran Rusa Cariu Bogor

Aktifitas yang bisa dilakukan adalah memberi makan rusa, berlarian dengan rusa, bersantai ala piknik keluarga bahkan bisa camping di tempat ini.

Pintu Masuk Penangkaran Rusa Cariu Bogor setelah melewati perjalanan menyusuri jembatan, jalan mendaki dan menurun (Dok: Pribadi)

Pengalaman Umma Mengunjungi Penangkaran Rusa Cariu Bogor

Mengenal wilayah ini karena ada perjalanan ke rumah keluarga di Cianjur. Alamnya sangat indah dan tidak sengaja di pinggir jalan melihat tulisan Penangkaran Rusa Cariu.

Langsung cus searching. Bagus juga ya tempatnya, sangat alami dan asri. Tanpa pikir panjang kita langsung menuju lokasi. Taraa....butuh perjuangan untuk menuju lokasi. Karena akses jalan yang kurang bersahabat.

Jalanan bebatuan dan menurun membuat kita harus berhati-hati saat berkendara. Apalagi jalannya agak sempit. Tapi sesampai di parkiran, kita menemukan aroma alam yang sangat sejuk. Apalagi jika datang pada pagi hari, sangat sejuk sekali.

Sesampainya di parkiran kita tidak langsung menuju lokasi ya, kita harus melalui jembatan penyebrangan, beberapa kios dan lesehan. Awalnya anak-anak sedikit tidak tertarik karena jalanannya yang jauh.

Tapi Umma bilang ini petualangan dan kita harus bisa menaklukkannya. Akhirnya mereka bersemangat lagi dan mau diajak kompromi. Menyusuri jembatan penyeberangan yang hanya muat untuk satu orang dengan arus sungai yang sedikit deras dan penuh bebatuan.

Kemudian menapaki jalanan setapak dan mendaki menuju lokasi Penangkaran Rusa Cariu. Jangan bayangkan sampai di lokasi kita akan mendapati banyak rusa sedang bermain di Padang rumput ya.

Setelah itu kita akan menaiki beberapa jalanan mendaki yang dikelilingi oleh pepohonan besar sehingga membuat kita tidak terlalu kepanasan. Setelah itu kita mendapati jalanan menurun hingga sampailah di Padang Rumput Penangkaran Rusa Cariu.

Butuh waktu 15 menit untuk sampai di lokasi. Berhubung Umma bawa bayi yang mesti digendong, jalan Umma sedikit lambat dibandingkan anak-anak dan pak suami.

Benarlah sesampai di lokasi utama, rasa lelah kita terobati dengan aroma alam yang sangat menyejukkan. Apalagi bagi kita yang biasa hidup di kota.

Kita akan dapati beberapa rusa bermain bersama pengunjung lainnya. Rusa nya juga tidak liar dan ramah pengunjung. Jika ingin memberi makan, disana sudah ada yang menyediakan makanan untuk rusa dan kita cukup membayar 5k per kantong.

Oh ya kita juga bisa berkemah disini. Cukup hubungi pihak pengelola jika ingin merencanakan berkemah di tempat ini ya. Ada beberapa saung yang tersedia atau tenda kemah.

Menurut Umma tempat ini termasuk recommended bagi keluarga. Apalagi yang memiliki anak-anak. Kita bisa mengedukasi mereka tentang alam dan binatang.

Nah, bagi yang sedang berlibur ke Bandung, juga bisa bermain lebih seru dengan Rusa lho di Ranca Upas. Cerita seru dari Ulfi Urfillah dan info lengkap tentang Ranca Upas. 

Yuk healing di alam ke Penangkaran Rusa Cariu!



Posting Komentar