Ganti Judul dan ALt sendiri

Re-cook Donat Kentang Viral ala Fah Umi Yasmin

 

donat_kentang_viral_fah_umi_yasmin
Donat Kentang Enak dan Lembut


Donat Kentang Fah Umi Yasmin. Donat Kentang paling viral sejagat Facebook. Bahkan sudah ratusan yang me-recook resep Fah Umi Yasmin ini. Buat dibikin sendiri maupun bakulan. Penasaran coba deh searching? 

Awal Berkenalan dengan Akun Fah Umi Yasmin

Hampir dua tahun sudah mengenal akun Umi Yasmin yang terviral ini. Awalnya banyak sekali yang repost mengenai metode 5 30 7. Usut punya usut ternyata yang punya metode ini Umi Yasmin. Masya Allah. Searching akhirnya ketemulah dengan Facebook beliau. (Ini dia Metode Memasak 5.30.7 ala Fah Umi Yasmin).  

Wow, keren sekali hampir semua resepnya berhasil, mudah dan banyak yang dijadikan resep bakulan. Masya Allah, sadaqah jariyah yang tidak terkira untuk beliau. Salam kenal Umi kalau qodarullah umi baca artikel ini. (Ngayal).

Alhamdulillah, saya juga sudah coba banyak resep simpel beliau risol mayo, cilok, peyek (paling juara di keluarga kami) dan sate kambing. 

Donat Kentang Fah Umi Yasmin Recook Umma (Ummi dan Anak-Anak)

Hasil akhir dari donat kentang 

Nah, salah satu resep yang bikin saya penasaran adalah Donat Kentang. Beberapa kali mau coba selalu tertunda. Keunggulan resep ini adalah tanpa mixer dan tanpa ulen. Tapi hasilnya enak dan lembut. 

Akhirnya saya eksekusi juga bersama anak-anak. Kami hanya menggunakan setengah bahan.  Berikut resepnya

Donat Kentang Tanpa Ulen 

Resep: Fah Umi Yasmin

Recook: Ruang Umma

Bahan-bahan Membuat Donat Kentang 

Bahan adonan:

600 gr tepung terigu (saya menggunakan protein tinggi)

140 gr kentang /ubi, rebus haluskan

2 - 3 sdt ragi instant/yeast

5 sdm gula pasir

4 sdm susu bubuk (berhubung tidak ada stok, kami tidak gunakan)

2 kuning telor, tanpa putih telor (biar rasanya empuk tidak seret)

280 ml air/secukupnya

3/4 sdt garam, kasihnya setelah 20 menit didiemin.

2,5 - 3 sdm margarin 

Proses sebelum digoreng 

Cara Membuat:

1. Blender kentang/ubi dengan air (saya manual menggunakan tangan)

2. Semua bahan campur rata, kecuali garam dan margarin diamkan 20 menit dengan dibawah baskom adonan dikasih panci isi air hangat.

3. Setelah 20 menit campur garam dan margarin ulen sampai rata dan tidak lengket, diamkan 30 menit, siap cetak, hasilnya perfect tanpa harus pegel tangan.

4. Setelah mengembang kempiskan, bagi adonan, gilas pakai gilingan kayu/botol syrup, cetak, diamkan sampai mengembang ringan, baru goreng.

Note : 

Kalau mau rasa yang lebih enak, susu bubuknya ganti pakai susu cair kotak tawar, jadi airnya ganti susu kotak, tanpa susu bubuk. Setelah mengembang kempiskan, gilas pakai gilingan kayu/botol syrup, cetak, diamkan sampai mengembang ringan, baru goreng.


Untuk adonan kami hanya membagi adonan sama besar saja. Memilih adonan kecil karena biar anak-anak sekali makan. 

Hasil Recook Donat Kentang

fah_umi_yasmin
Recook Donat Kentang Fah Umi Yasmin


Masya Allah, setelah kami coba. Hasilnya sesuai dengan ekspektasi. Berhasil. Anak-anak suka. Tanpa capek-capek ulen. Kami hanya menggunakan seres sebagai topping. 

Dari setengah adonan yang kami buat. Kami mendapatkan 30 donat berukuran kecil. Jika ingin berukuran besar. Lebih baik ditimbang seberat 35 gr. Bisa menggunakan cetakan atau manual. 

Berhubung kami tidak memiliki cetakan jadi kami hanya manual menggunakan spuit untuk membulatkan donat. 

Alhamdulillah, resep ini akan jadi resep yang akan Umma recook berkali-kali. Next mau coba menggunakan susu cair juga. Katanya rasanya akan jauh lebih enak. Yuk cobain juga Donat Kentang Tanpa Ulen Fah Umi Yasmin. 

Selamat mencoba dan jangan lupa sharingnya ya di kolom komentar. 

[] 

Posting Komentar