Ganti Judul dan ALt sendiri

Tips Manajemen Waktu bagi Ibu Rumah Tangga

Tips mengatur waktu bagi ibu rumah tangga

Tips manajemen waktu bagi ibu rumah tangga. Menurut Umma banyak sekali tips  manajemen waktu bagi ibu rumah tangga agar hari-harinya produktif. Tetapi tentu saja bagi kita sebagai muslim, setiap yang kita lakukan harus bernilai ibadah di sisi Allah.

Karena dihadapan Allah, sekecil apapun
amal shalih yang kita kerjakan akan dilihat oleh Allah. Begitupun dengan ibu rumah tangga. Jangan pernah pandang pekerjaanmu sebelah mata wahai ummah.

Karena amal shalih itu luas, tidak sekedar menuntut ilmu, baca qur'an, sholat saja. Memasak untuk keluarga, menyiapkan urusan suami, mengurus anak-anak juga termasuk amal shalih. Jadi jangan dianggap remeh ya.

Bahkan jika disaat ibu rumah tangga harus  menghabiskan waktunya untuk anak dan suaminya dan tidak memiliki kesempatan untuk menuntut ilmu maka Allah akan membalas dengan pahala.

Tak ada kata Mager Bagi Muslim

Ibu rumah tangga identik dengan kata mager (malas gerak). Padahal sejatinya setiap muslim harus memiliki prinsip ketika selesai dengan satu urusan maka akan berpindah ke urusan lainnya.

Semua dijelaskan dalam Qur'an Surat Al Insyirah ayat 7

فَاِذَا فَرَغْتَ فَانْصَبْۙ

Apabila engkau telah selesai (dengan suatu kebajikan), teruslah bekerja keras (untuk kebajikan yang lain).

Jadi dalam Islam sangat memperhatikan masalah waktu. Sehingga kita sebagai ibu rumah tangga penting sekali untuk mengatur (me-manage) waktu dengan sebaik dan semaksimal mungkin agar bernilai pahala.

Cara mengatur waktu ibu rumah tangga
Membersamai suami dan anak-anak karena Allah Taala juga bernilai ibadah dan dicatat sebagai pahala 

Tips Manajemen Waktu bagi Ibu Rumah Tangga

Bersumber dari kajian ustazah Imroatul Azizah yang Umma lihat di akun YouTube Mutiara Hikmah Official, berikut tips manajemen waktu bagi Ibu Rumah Tangga:

1. Hidup di Dunia Untuk Memperbanyak Amal Shalih

Modal yang diberikan Allah adalah waktu.
Jadi penting sekali kita memiliki prinsip bahwa hidup di dunia ini untuk memperbanyak amal shalih. Hidup di dunia adalah memperbanyak amal shalih sebagai tiket masuk surga di akhirat kelak.

2. Menyadari Bahwa Waktu Akan Terus Berjalan

Kita harus menyadari bahwa waktu yang kita punya adalah saat ini. Bukan masa lalu atau bukan masa depan. Jadi fokuslah pada apa yang akan dikerjakan saat ini.

3. Berdoalah Kepada Allah Agar Diberikan Keberkahan Waktu

Kita perlu meminta kepada Pemilik Waktu (Allah) keberkahan waktu yang kita punya.  setiap hari nya.

4. Menjaga Hubungan Baik Dengan Allah

Dimulai dari bangun tidur kita berdoa kepada Allah Taala. Ternyata dengan pola itu Allah kumpulkan dunianya dan diberikan kepada hambanya yang mementingkan akhiratnya.

5. Awali waktu kita dengan membaca Alquran

Percayalah setelah membaca Alquran, Allah memberikan waktu kita keberkahan. Orang yang membaca Alquran di waktu pagi disaksikan oleh malaikat.

6. Iringi dengan Membaca Basmallah

Apapun aktifitas yang akan kita lakukan selalu ucapkan basmallah. Mengucapkan basmalah maka kita meminta pertolongan Allah. maka awali setiap kegiatan kita lakukan dengan membaca "bismillah".

7. Luruskan Niat

Niat menentukan apakah amalan kita diterima Allah. Tetapi tentu saja niat itu didalam hati bukan dilafazkan. apalagi,,

8. Berikan Porsi Waktu

Ilmu sebelum amal, akan membuat kita bisa memaksimalkan waktu.  Berkomit

9. Menjaga Hubungan dengan Manusia

Menjaga hubungan baik dengan keluarga terdekat terlebih dahulu suami, anak, orang tua, mengunjungi kerabat, berbuat baik kepada tetangga dan lainnya.
Mengatur waktu secara baik. 

Tips Anti Maher Ibu Rumah Tangga
Berkegiatan bersama anak-anak 


10. Buatlah To Do List

Ini hal yang perlu diterapkan adalah menulis apa yang akan kita lakukan setiap hari. Bisa pada malam hari atau pagi hari. Lama-lama akan jadi kebiasaan. Jangan lupa berikan batas waktu. Minta kepada Allah agar Istiqomah.

11. Tentukan Prioritas Kegiatan Setiap Hari dan Berikan Batas Waktu

Penting sekali seorang ibu menentukan pekerjaan prioritas yang akan dikerjakan dan memberikan batas waktu. Hal ini sangat bermanfaat bagi pekerjaan lainnya. 

12. Meninggalkan Aktifitas Sia-sia

Tinggalkan kegiatan yang tidak bermanfaat seperti saya scrolling sosmed, nongkrong, melamun dan kegiatan yang tidak jelas.

13. Jangan pernah menunda pekerjaan

Hal penting yang perlu kita perhatikan adalah jangan suka menunda-nunda pekerjaan. Bersegeralah.

Itulah beberapa tips manajemen waktu yang bisa dipraktekkan agar bernilai pahala ya. Jangan sia-siakan waktu yang telah Allah berikan kepada kita.

Ingat sekecil apapun yang kita lakukan tetap Allah akan membalasnya. Semoga tulisan Umma bermanfaat. Yuk sharing di kolom komentar bagaimana tips memanage waktu agar bernilai pahala.

Sebelum kita tutup bahasan kita maka sungguh indah firman Allah Taala.dalam Qur'an surat Al Asr yaitu

وَالْعَصْرِ ﴿١﴾ إِنَّ الْإِنسَانَ لَفِي خُسْرٍ ﴿٢﴾ إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ ﴿٣﴾٣

Demi Masa. Sesungguhnya manusia benar-benar berada dalam kerugian. kecuali orang-orang yang beriman dan beramal saleh serta saling menasihati untuk kebenaran dan kesabaran.

Betapa Allah begitu tegas mengingatkan kita akan pentingnya waktu. Semoga tips manajemen waktu bagi ibu rumah tangga diatas bermanfaat buat kita ya, terutama Umma. 


6 komentar

  1. MasyaAllah Umma, jadi dapat reminder ini. Seringkali kelupaan yang seringan mengucap basmallah, sama mageran. Huft saya baru anak satu aja dah ngerasa capek, umma keren banget. Semoga tetap produktif dan jadi muslimah yang progresif selalu.

    BalasHapus
  2. Tim anak dua hadir, hihi. MasyaAllah emang lagi2 balik ke diri sendiri ya mbak. Harus ikhlas melakukan apapun itu. Semangaaaat

    BalasHapus
  3. Kadang bisa disiplin, kadang ambyar. Banyak instrospeksi dari tulisan ini

    BalasHapus
  4. Um, tulisannya harus dijadiin poster nih di kamarku biar inget terus. Terima kasih sudah berbagi

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah, bisa di catat ini, disimpan dulu

    BalasHapus
  6. Terima kasih atas pengingat nya Umma. Masih PR banget nih tentag manajemen waktu. Rasanya waktu gak pernah cukup untuk menyelesaikan semua pekerjaan 😅😂

    BalasHapus