Ganti Judul dan ALt sendiri

6 Destinasi Wisata Wajib Dikunjungi Saat ke Bukittinggi

Destinasi wisata Kota Bukittinggi

Banyak sekali destinasi wisata yang bisa dikunjungi saat berkunjung ke kota dingin Bukittinggi. Kota yang terletak di dataran tinggi Sumatera Barat ini memakan waktu dua jam dari ibu kota Padang. Alam yang sejuk membuat Kota Bukittinggi menjadi istimewa. 

Kalau bicara destinasi apa saja yang ada di kota kelahiran Umma tentu tak habis-habis mengupasnya. Bahkan rumah Umma sendiri akan jadi bahasan menarik. Ah tapi buat apa juga ngomongin rumah Umma, rumah yang tak lagi seperti rumah gadang. Yuk fokus lagi, ini 6 Destinasi Wisata yang bisa dikunjungi saat ke Bukittinggi. 

Ini 6 Destinasi Wisata Wajib Dikunjungi Saat ke Kota Bukittinggi 

Bukittinggi sendiri merupakan kota yang terletak di luar Kota Padang ibukota Sumatera Barat. Kota ini pernah jadi ibukota negara pada masa Pemerintahan Darurat Republik Indonesia, ibukota Sumatera dan Sumatera Tengah.

Berada di dua kaki gunung yaitu Merapi dan Singgalang membuat tempat ini sangat sejuk dan dingin. Apalagi saat pagi hari, kabut menyelimuti pandangan mata.  Inilah yang membuat perantau bahkan wisatawan tertarik mengunjunginya. Ya kota yang selalu dirindukan. Ah jadi mellow deh kalau ingat kampuang.Lalu apa saja sih yang ada di Kota Jam Gadang ini. 

1. Jam Gadang 

Jam gadang (besar) memang jadi icon kota ini. Terletak di pusat kota dan selalu ramai pengunjung baik pagi, siang maupun malam. Tempat ini tidak pernah sepi.

Sudah banyak perbaikan dan rekonstruksi dari taman sekeliling jam gadang. Terakhir makin bagus dengan desain yang sangat ramah pengunjung. 

Wisata terbaru Bukittinggi
Suasana jam gadang malam hari

Ada taman, kursi santai, air mancur yang lampunya sangat indah pada malam hari. Jika dahulu banyak pedagang kaki lima. Kini sudah ditertibkan di satu area.

2. Monumen Bung Hatta

Tak jauh dari jam gadang  kira-kira 100 langkah saja kita sampai di taman monumen bung Hatta. Taman yang membuat pengunjung jadi ingat dengan bung Hatta. Bapak proklamator Indonesia dan pahlawan kebanggaan kota jam gadang ini. 

Tamannya cukup indah dengan aneka bunga-bunga. 

3. Pasa Ateh  Pasa Bawah Pasa Lereng 

Wisata belanja ini sangat dekat dari Jam Gadang. Cukup langkahkan kaki 15 langkah kita akan sampai. Pasa Ateh (Pasar Atas) kemudian kita menurun sampailah di Pasa lereng (pasar turunan) dan jika kita jalan lagi ke bawah maka kita dapati pasa bawah.

Ciri khas pasar ini berbeda satu sama lain pasa ateh  dengan bangunan modern yang banyak mereka jual adalah lereng seperti kaki lima sementara pasa bawah lebih ke pasar tradisional. 

4. Kebun Binatang Kinantan Park


Kebun binatang milik pemerintah ini memang selalu jadi primadona bagi warga dan pengunjung. Apalagi pasca Covid-19, tempat ini dirombak dengan konsep yang lebih dekat dengan alam. 

Para binatang seperti tinggal di rumah mereka sendiri. Bahkan Harimau bisa lebih dekat dengan kita dan hanya berbatasan dengan kaca..Padahal dulu harimau itu sangat jauh dari para pengunjung. Meski menyeramkan tapi memberikan pengalaman bagi pengunjung. 

Selain itu juga ada air terjun buatan tapi serasa asli. Sejuk dan asri. Tempat ini wajib kita kunjungi dan para perantau juga tidak pernah absen ke tempat ini lho. 

5. Panorama Ngarai Sianok

Nagari Ngarai Sianok Bukittinggi 

Satu lagi yang paling membanggakan Bukittinggi yaitu Lembah ngarai Sianok yang indah dan mempesona. Tak jauh dari Jam Gadang. Tempat ini hanya butuh jarak tempuh 5 menit menggunakan kendaraan. Disini kita disuguhkan pemandangan alam ngarai Sianok. 

Ciptaan Allah yang Indah dan Masya Allah makin menambah keimanan kita kepada Keagungan Allah. 

6.  Lubang Japang

Dari panorama juga kita hanya perlu melangkah 200 langkah kaki menuju salah satu pintu masuk Goa Jepang. Sebuah saksi bisu kekejaman penjajahan Jepang. Tempat rahasia mereka untuk mengatur strategi menjajah bumi Minang. 

Tempat ini tetap terjaga dan tak pernah dilakukan perubahan. Banyak sekali hal menarik dan edukasi sejarah kita jika berkunjung ke tempat ini. 

Nah, ada apa saja di Bukittinggi? Sebenarnya banyak lagi. Lain waktu saya akan bahas lagi secara lengkap. Tempat seru lainnya di kota kelahiran saya. Sudah pernahkah ke Jam Gadang atau apa yang kalian pikirkan tentang Kota Dingin Jam Gadang ini? Share ya di kolom komentar. Terima kasih. 



Posting Komentar