Ganti Judul dan ALt sendiri

MPASI Itu Mudah Bersama Generos

MPASI itu Mudah dr Deva Generos

MPASI Itu Mudah, benarkah? Bagi Umma dengan 4 anak yang sudah melewati proses MPASI adalah perjuangan yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata. Meskipun berseliweran banyak sekali teori parenting terkait pemberian makanan pendamping ASI. Tapi bagi Umma MPASI tak se-Mudah itu saudara-saudara.

Banyak sekali ujiannya mulai dari yang ringan, sedang maupun berat. Awal-awal masa si sulung Umma akui tak berhasil dengan MPASI nya, begitupun kedua dan ketiga. Umma hanya menjalani rutinitas tanpa memperhatikan asupan gizi apalagi masalah seimbang atau tidak, apakah mengandung nutrisi yang bagus buat penambahan berat badannya atau tidak. Ah bagi Umma itu baru angan-angan. Tapi tahukah dari empat anak ini Umma ditampar pengalaman (meskipun tidak secara langsung tapi membekas ke dalam jiwa dan pikiran Umma).

Dampak Mengabaikan MPASI Anak

Meskipun Umma sedikit berat untuk menceritakan aib Umma (eh bukan aib sebenarnya tapi keawaman Umma karena malas menuntut ilmu). Berikut beberapa hikmah yang Umma dapatkan dari dampak mengabaikan makanan pendamping ASI anak:

1. Berat badan anak tidak diperhatikan

Mungkin karena jarak anak dekat dan semua dilakukan sendiri membuat Umma keteteran dalam membersamai anak-anak. Sehingga Umma malas ke Posyandu setiap bulan. Padahal itu cara termudah untuk kita sadar akan penambahan atau pengurangan berat badan anak.

2. Mereka tidak mengenal makanan dengan baik

Ya, akibat pemberian MPASI yang kacau dengan tekstur yang amburadul, dengan kandungan gizi yang tidak sempurna. Mereka bingung dengan makanan. Seperti si sulung yang tidak suka makanan lembut seperti bubur sumsum, si kakak nomer 2 yang tidak suka makan makanan berserat. Si nomer 3 pun paling susah disuruh makan buah. Begitupun dengan si kakak no 4 tidak suka makan sayur dan berkuah. Alhasil mereka semua bingung makanan. Makanan mereka hanyalah fast food seperti nugget, kentang goreng, sosis dan teman-teman Frozen food lainnya ditemani saos. (Woalah begitulah adanya).

3. Sulit konsentrasi

Umma sangat merasakan sekali mereka sulit sekali berkonsentrasi. Tidak fokus dengan apa yang kita minta kepadanya. Suruh belajar malah mainan dengan adiknya.

4. Kurang aktif

Meskipun kurang aktif disini tidak terlalu berat, tapi tetap saja menganggu Umma. Saat interaksi dengan orang lain dirinya harus diarahkan terlebih dahulu. Saat bersama-sama dengan orang lain yang belum mereka kenal mereka diam membisu. Meskipun lebih mengarah pada sosialisasi tapi bagi Umma hal ini disebabkan oleh asupan makanan yang mereka terima tidak bagus untuk mestimulasi lebih jauh diri mereka.

Intinya selain pentingnya asupan makanan di 1000 hari pertama kelahiran juga sangat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan anak. Saat ini Umma masih berusaha perlahan memperbaiki kesalahan Umma di masa lalu kepada anak-anak. Sambil lebih siap untuk anak kelima nantinya. Umma aktif membaca lagi dan browsing terkait MPASI maupun makanan pada anak.
Sampai akhirnya Umma menemukan postingan dari komunitas Mom Blogger Community sebuah event yang diadakan oleh Generos yaitu Cooking Class dan Launching Buku "MPASI Itu Mudah", tanpa pikir panjang Umma langsung daftar sebagai peserta. Padahal jauh juga lho acaranya di Segitiga Bermuda Coffee and Eatery, Pamulang Tangerang Selatan. Kalau dipikir jauh juga dari Depok ditambah harus bawa 5 pasukan yang masih kecil-kecil. Tapi Umma ingin mendapatkan pencerahan terkait MPASI agar kesalahan Umma tidak terulang lagi. Umma ingin memperbaiki diri setidaknya bisa memberikan makanan yang tepat bagi anak-anak.

Nambah Ilmu "MPASI Itu Mudah" di Generos Fest Vol 2

Taraaa.. akhirnya Umma sampai juga di event Generos Fest Vol 2 pada Sabtu, 16 Desember 2023. Acaranya sangat keren dan sangat edukatif sekali. (Bagi moms yang memiliki waktu untuk acara Generos lainnya pantengin terus deh Instagram @ceritageneros  asli nyesal kalau nggak ikutin). Acara yang diawali dengan pemaparan tentang Generos oleh Fatimah selaku Product Development Program Generos.

Generos
Fatimah selaku Product Development Generos saat menjelaskan tentang Generos 

 
"Generos merupakan vitamin dan suplemen yang baik dalam membersamai tumbuh kembang anak. Produk herbal ini sangat bermanfaat untuk membantu memelihara kesehatan tubuh anak. Ada 5 kandungan alami yang terdapat dalam Generos yaitu ikan sidat, pegagan, madu hutan, mengkudu dan temulawak," jelasnya di depan para peserta #GenerosFestVol2.

Fatimah juga memaparkan bahwa sebagai suplemen vitamin, generos juga bisa dimasukkan ke dalam makanan MPASI. Penasaran kan! Lengkapnya bisa kepoin ya di Semua Tentang Generos. 

Belajar "MPASI Itu Mudah" Langsung dari Ahlinya

Yup balik lagi ke bahasan awal kita tentang MPASI Itu Mudah, inilah yang membuat Umma antusias untuk datang ke event ini yaitu kehadiran dr.Deva Putriane, Cht, CPHCT. dr Deva merupakan konselor laktasi, konselor PMBA (pemberian makan bayi dan anak), sleep and potty training consultant, instruktur pijat bayi dan physiological holistic care therapist. Bagi Umma yang masih awam dunia MPASI yang 'baik dan benar' sesuai dengan ilmunya, acara ini memberikan banyak pencerahan.
dr Deva menjelaskan mengenai beberapa poin terkait MPASI secara runut dan detail.

Pentingnya MPASI

dr Deva mengatakan bahwa makanan pendamping ASI sangat penting bagi anak jika sudah berusia 6 bulan.

"Jangan lupa berikan makanan yang bergizi seimbang makro dan mikro nutriennya agar anak dapat tumbuh dengan baik. Selalu perhatikan kualitas makanan dan pola makan. Begitu juga pada masa transisi dari ASI ke MPASI bayi masih adaptasi jadi berikan makanan secara bertahap mulai dari tekstur halus hingga sampai pada tekstur kasar," sebut dr Deva.

Terapkan Feeding Rules

dr Deva juga mengungkapkan bagaimana solusi bagi anak yang sulit makan dengan menerapkan feeding rules (aturan dan jadwal anak yang baik dan benar).

"Diantara tips yang bisa bunda terapkan terkait feeding rules adalah usahakan anak tidak ASI sebelum 1-2 jam jadwal makan, jadi dia merasa lapar, berikan makanan utama, biasakan duduk bukan tidur, ciptakan suasana menyenangkan dan berikan makanan bervariasi," jelas dr Deva lagi.

Tentang Screentime

dr Deva sangat menekankan untuk para ayah bunda memperhatikan terkait screentime

"Penting untuk orang tua memahami bagaimana situasi lingkungan sekitar dan tidak memberikan gadget ketika makan. Caranya dengan pahami tentang screentime," sebut mamaceces ini.

Naik Tekstur

Selain itu penting ayah bunda mengetahui tentang naik tekstur. Kata dr Deva ini sangat terkait dengan oramotor anak yaitu sistem gerak otot. Jika tidak terlatih maka bisa jadi salah satu penyebab speech delay (Umma jadi ingat si Uni, saat pemaparan ini). 

dr Deva juga menjelaskan bahwa manfaat naik tekstur bagi anak adalah meminimalisir anak gangguan makan anak di kemudian hari dan juga pilih-pilih makanan. (Benar banget, si Kakak nomer 2 sangat pilih makanan sekali). 

Tips Menyimpan MPASI

dr Deva menyarankan untuk memisahkan bahan makanan mentah antara lauk hewani dan sayur. Sementara makanan matang bisa disimpan di kulkas bawah selama 24-48 jam sementara di freezer bisa 2-4 bulan. 

"Semakin cepat dikonsumsi nilai gizinya akan tetap baik dan kemungkinan terkontaminasi kecil," 

Tentang GTM 

Terkait GTM (Gerakan Tutup Mulut), dr Deva berpendapat penyebabnya bisa dari si anak itu sendiri bisa dari lingkungan. 

"Faktor dari anak bisa karena anak kurang sehat, anak naik tekstur yang tidak dipahami orang tua atau prosesi makan yang terlalu lama. Sementara faktor lingkungan bisa karena posisi duduk yang kurang nyaman, baju yang kurang nyaman atau suhu ruangan tidak nyaman. Ayah bunda harus cerdas mengamati penyebab anak GTM" jelas dr Deva. 

Tips Meningkatkan Nafsu Makan Anak

dr Deva bahkan juga berbagi tips meningkatkan nafsu makan anak dengan cara membuat tampilan makanan yang menarik, sajikan dalam porsi kecil tapi sering, berikan menu bervariasi, hindari memaksa anak menghabiskan makanan dan konsultasi dengan dokter apabila nafsu makan anak terus menurun dan tidak ada perubahan. 

Masya Allah, full ilmu banget yang disampaikan oleh dr Deva. Bahkan tak hanya berbagi ilmu terkait MPASI saja tapi dr Deva juga meluncurkan buku "MPASI Itu Mudah". Buku ini tentu saja dipersembahkan bagi semua orang tua yang peduli dengan makanan pendamping ASI anak. Buku ini wajib banget dimiliki oleh orang tua. Tak hanya ilmu terkait MPASI tapi juga dr Deva berbagi berbagai resep MPASI mulai dari 6 bulan hingga 23 bulan. Percaya deh habis baca buku ini deh, kita akan berkata MPASI Itu Mudah. (Umma juga mulai recook dikit-dikit rekomendasi resep dari dr Deva).

Tak hanya resep yang dibagikan di akun Instagramnya @devaputriane juga banyak sharing terkait MPASI dan tumbuh kembang anak. 

Dapat materi dapat intipan menu simpel tapi kaya nutrisi bubur daging sapi dari dr Deva di Cooking Class Generos Fest Vol 2, Sabtu (16/12/2023) di Segitiga Bermuda Coffee Tangerang Selatan 

Review Event Generos Fest Vol 2 dan MPASI Itu Mudah Karya dr Deva

Umma sangat mengapresiasi event Generos Fest Vol 2 ini. Sangat edukatif sekali buat para orang tua. Menambah wawasan terkait tumbuh kembang anak. Acara dikemas dengan sangat bagus mulai dari pemaparan dari Fatimah selaku Product Development Generos yanh menjelaskan tentang Generos. Kemudian dilanjutkan dengan peluncuran buku MPASI Itu Mudah karya dr Deva yang dilanjutkan dengan tallkshow bersama dr Deva mengupas tentang Makanan Pendamping ASI dan sesi tanya jawab oleh para ayah bunda. 

Setelah itu event Generos Fest Vol 2 dilanjutkan Cooking Class langsung oleh dr Deva yang memasak Bubur Daging Sapi. Sambil memasak dr Deva menjelaskan mengenai bahan-bahan yang aman buat bayi hingga tekstur yang pas untuk bayi 6 bulan. Lengkap deh. 

Di akhir acara panitia juga menghadirkan kak Elis, pendongeng anak yang menghibur dan mengedukasi anak-anak dengan kisah seru. Keren deh acaranya. Semoga kalau ada event lagi Umma di undang tapi maaf pasukan yang diajak se RT. (hihihi)

Oh ya sekian cerita Umma kali ini, sejujurnya setelah mengikuti event ini Umma optimis MPASI Itu Mudah yang sulit itu sabar dengan proses. Semoga Umma bisa membuktikan. (Masih nunggu 3 bulan lagi si bayi dikasih makanan pendamping ASI). 

11 komentar

  1. Wahh pas banget, anak mau MPASI ketemu postingan Umma.. semoga pencerahan disini bisa ku terapkan ya Umma huhu deg degan juga nih anak mau MPASI akan ada drama apalagi

    BalasHapus
  2. Seneng banget bisa hadir di event Generos Fest Vol 2.
    Pembicaranya semu ahli di bidangnya dan memberikan banyak sekali ilmu terkait ASI dan MPASI.

    BalasHapus
  3. MasyaAllah sudah pengalaman 4 anak ya, Mbak. Ikutan event Generos Fest pasti berasa refresh ilmunya lagi. Terima kasih reviewnya, saya jadi ingat-ingat tentang mpasi. Semoga bisa terapkan juga untuk anak berikutnya (kalo diizinkan Allah)

    BalasHapus
  4. Pentingnya ibu memahami manfaat Mpasi untuk si kecil ya, mba.
    Tak boleh asal tapi harus paham ilmunya. Lalu cara menerapkan, bahkan tak hanya itu, ibu juga harus tepat memilih dalam memberi nutrisi anak seperti pemberian vitamin seperti Generos yang bagus untuk perkembangan anak.

    BalasHapus
  5. MPASI emang penting banget, tapi kalau anakku dulu ada masa-masanya syusah makan sehingga butuh asupan suplemen vitamin

    BalasHapus
  6. Senangnya sekarang sudah banyak seminar atau talkshow yang membahas seputar MPASI pada anak, dulu waktu anak-anakku masih kecil belum ada pembahasan seperti ini, paling ilmunya dari majalah parenting. Tapi bener lho, semakin kita bisa meminimalisir GTM pada anak, akan berbuah manis setelah dewasa, anak-anak ngak mengalami masalah untuk urusan makan.

    BalasHapus
  7. Generos luarrr biasa, memberikan manfaat dan kemudahan bagi kluarga 😍💯
    kereeennn bgt ini mbaaa

    BalasHapus

  8. Beruntung para ibu zaman sekarang ya. Ada banyak cara dan sarana untuk belajar mengatasi kala anak mogok makan. Acara bikin mpasi, gizi anak. Wah pasti berharga sekali wawasannya.

    BalasHapus
  9. Mulai MPASI too emang membuat risau, kalau lagi GTM duh rasanya pusing sekalj

    BalasHapus
  10. Salut banget nih sama perjuangannya Umma untuk memberikan yg terbaik untuk anak. Rela lho jalan dri Depok ke Tangerang. Bravo Umma. Semua ibu MMG patut memoerjuangkan nasib anak yaa, hehe . Mudah2an bisa hadir nih di acara generos.

    BalasHapus
  11. MPASI menjadi tahapan penting dalam pemberian makanan bayi ya mbak
    Pastikan anak menerima asupan mpasi dgn gizi seimbang ya

    BalasHapus