Ganti Judul dan ALt sendiri

Serba-Serbi Pengguna FK, Dari Keunggulan Hingga Kekurangan French Khimar

Kelebihan dan kekurangan French Khimar

French Khimar saat ini sedang jadi salah satu pilihan berbusana bagi para muslimah. Disebut French Khimar karena Khimar ini dipopulerkan oleh muslimah di Perancis. Ciri khas dari French Khimar ini adalah model kerudung dari atas hingga bawah dengan bagian wajah menyatu dengan cadar yang bisa dikenakan atau tidak. 

Meskipun saat ini makin banyak model french Khimar tapi ciri khas yang utama adalah pada bagian kepalanya yang menyatu dengan cadar. Tetapi ciri khas lainnya ada pada mode Khimar yang  panjangnya hingga kaki dan dirancang menyatu dengan tangan. Insyaallah Ummahat dan sahabat Umma dah paham sih model FK yang sedang booming ini. 

Serba-Serbi Penggunaan Jilbab FK, French Khimar

Seperti yang Umma amati model ini sangat diminati oleh kaum hawa diminati karena praktis, menutup aurat secara menyeluruh dan mungkin juga karena fashionable. Tapi memang bagi pemula menggunakan FK sering merasa ribet dan menyesal karena sering melorot. 

Nah bagi yang sedang galau hendak menggunakan jenis Khimar satu ini, semoga tulisan Umma mengenai kelebihan dan kekurangan dari French Khimar ini bisa membantu. Yuk kita bahas!

Kelebihan FK, French Khimar

French Khimar, FK Sangat Praktis

Salah satu alasan orang menggunakan French Khimar adalah praktis. FK enak dibawa kemana-mana. FK juga mudah dikenakan. Cocok untuk seluruh wajah juga menurut Umma. Kuncinya percaya diri. Meskipun ada sebagai ummah merasa kurang pede menggunakan FK. 

Menutup Aurat Secara Menyeluruh

Meskipun banyak jenis FK, jenis FK Overhead membuat aurat tertutup secara menyeluruh. Karena Overhead merupakan French Khimar yang di desain panjangnya sampai kaki. Bahkan model overhead ini juga menyambung ke tangan dan tanpa lengan. 

Longgar 

French Khimar sangat longgar sehingga jika kita mengenakan dengan tepat maka akan membuat aurat kita tertutup sempurna. 

Cara Menggunakan French Khimar FK
Source Picture: Tasnim Collection

Kekurangan FK atau French Khimar

Mudah Melorot

Yup, bagi pemula menggunakan FK memang sering sekali mengeluhkan kalau  khimar jenis ini sering melorot. Bahkan membuat muslimah tidak fokus saat diluar. Akhirnya banyak muslimah yang enggan mengenakan khimar jenis ini. Nah perlu diketahui Sahabat Umma, setiap produsen memiliki desain yang berbeda. Jadi ketika kita membeli FK, kita perlu mengetahui cara menggunakan dan hal terkait lainnya. Kita bisa bertanya kepada penjual langsung terkait produk mereka.

Sepengetahuan Umma agar FK tak melorot, produsen sebenarnya sudah menyediakan tali agar bisa digunakan sebagai solusi agar FK tak melorot. Tinggal ikatkan tali tersebut ke kepala dengan benar. Jangan lupa gunakan inner sebelum mengikatkan tali ya, karena jika langsung bersentuhan dengan rambut menyebabkan tali mudah lari kemana-mana, akibatnya FK melorot juga. 

Jika terlanjur sudah membeli produk FK dan tidak ada talinya bisa menambahkan sendiri sesuai ukuran kita. 

Dahi Mudah Terlihat

Ya sering sekali juga kita temukan, muslimah yang mengenakan FK dahinya terlihat bahkan rambutnya juga ikut terlihat. Ini akan mengurangi esensi khimar untuk menutup aurat. 

Solusinya adalah pertama kenalan inner dan pastikan tali FK sudah terpasang dengan benar. Kalau bisa tambahkan kancing di kanan kiri agar semakin tak terlihat bagian dahi tersebut. 

Susah Saat Makan

Salah satu kekurangan FK ini adalah susah saat akan makan diluar. Apalagi yang memilih FK langsung dengan cadarnya. Otomatis bagian cadar harus dibuka. Solusinya bawalah cadar tali atau cadar jenis apapun yang bisa dilapisi dengan FK. Jadi memudahkan kita saat makan. 

French Khimar: Rambut Sering Keluar

Sering juga kita temukan rambut di kanan kiri pengguna FK sering keluar. Bisa karena pemula atau lupa menggunakan inner. Solusinya pastikan inner sudah terpasang dengan benar. Ada kok inner yang di desain menutup bagian rambut dengan kuat dan nyaman. (Lain kali kita bahas ya). 

Lekuk Tubuh Kadang Terlihat 

Jadi ingat waktu pak su komentar dan nggak suka Umma pake FK, padahal itu juga pake saat ada kang paket ke rumah. Karena sangat praktis tinggal Sorong dan selesai, Umma tidak memperhatikan sisi lainnya. Saat itu pak su langsung ngelarang Umma pake FK Overhead karena katanya membentuk lekuk tubuh. Bahkan (maaf) bagian payudara dan pantat bisa tercetak jelas. Alhamdulillah masih diingatkan pak du. Umma pas lihat ke kaca benar kata pak su. 

Tapi bukan berarti komentar pak su sepenuhnya benar ya. Menurut Umma cara pemakaian Umma yang salah dan ukuran FK yang dipilih juga kurang tepat. 

Solusinya: Pastikan ukuran FK lebih besar dari ukuran tubuh kita, FK hanya luaran pastikan kita mengenakan dalaman, gamis dan tok agar FK tidak tercetak di tubuh kita. 

Kesimpulan Umma Tentang Si FK, French Khimar 

French Khimar bisa jadi salah satu pilihan berpakaian para muslimah. Tapi pastikan sebelum mengenakan kita sudah mengetahui kelebihan dan kekurangannya. Kemudian kita coba kenalan sesuai petunjuk pemakaian. Jangan berpikir FK sudah mewakili baju luaran tidak. Karena FK hanya khimar jadi kita tetap perlu mengenakan baju luaran ya. Meskipun kita mengenakan French Khimar jenis Overhead yang sudah menyambung dengan lengan tetap saja wajib pakai gamis luaran maupun dalaman..

Begitu juga bagian dalam kepala, pastikan kita sudah mengenakan semua peralatan agar FK tidak melorot dan rambut keluar. Kenakan inner khimar yang tepat dan ikatkan tali dengan cara yang benar dan dipastikan kuat serta nyaman. 

Nah sekian ya cuap-cuap Umma tentang serba serbi penggunaan French Khimar. Kalau ada tambahan, masukan atau pertanyaan tinggalkan di kolom komentar. Terima kasih..

15 komentar

  1. Makasih mbak solusinya, kebetulan teman dekat saya baru mau mulai pakai niqab, sebelumnya memang dia sudah gamisan & khimar yang panjang-panjang. Hanya saja untuk niqab, dia masih bimbang. Izin share postingannya ke teman saya ya mbak 🙏

    BalasHapus
  2. Baru tahu ada FK Khimar ini Mbak. Sepakat bahwa pakai Khimar dengan tidak memperlihatkan lekuk tubuh ya? terima kasih atas info dan tipsnya Mbak.

    BalasHapus
  3. Saya baru tahu tentang khimar FK ini. Terima kasih banyak infonya Mbak, saya jadi lebih tahu tentang khimar FK, kelebihan dan kekurangannya

    BalasHapus
  4. Pernah beli di toko orange jahitan bahan adem enak dipake dan nggak ribet, cuma Nggak tahu mereknya apa. Klo pake khimar lebih nyaman

    BalasHapus
  5. Terima kasih informasinya ya mbak, saya baru tahu nih detailnya French Khimar
    jadi nambah wawasan lagi nih

    BalasHapus
  6. Umma pengguna FK? Bahannya adem kah umma? Mengingat saat ini cuaca kalau panas tuh bisa puanas luar biasa.

    BalasHapus
  7. Kalau di rumah apa nyaman memakai FK khimar ini? Buat mengerjakan pekerjaan ibu rumah tangga

    BalasHapus
  8. Baru dengar soal FK khimar. Terima kasih informasinya. Pastinya artikel ini membantu teman-teman yang sedang memilih-milih busana muslim. (Kata Nieke)

    BalasHapus
  9. kalau khimarnya menyatu sama tangan berarti gamis di dalamnya gimana mbak? lumayan sering sih ya lihat muslimah pakai khimar jenis ini karena memang praktis sudah ada tangannya

    BalasHapus
  10. Kalau khimar memang harus senyaman mungkin ya mbak saat kita pakai biar beraktivitas juga jadi ga terbatas

    BalasHapus
  11. Aku punya juga nih mba. Biasanya ada produsen yang adjust tali kecil biar gak gampang melorot

    BalasHapus
  12. Aku punya satu mbak, buat aku yang tidak terbiasa pakai cadar, FK ini jadi pilihan menarik saat pengen pakai cadar

    BalasHapus
  13. French Khimar ini memang terlihat fashionable, Mbak. Saya belum punya FK yang sesungguhnya, tetapi pernah punya kerudung yang model FK. Kekurangannya itu memang sering melorot, jadi kurang nyaman dipakai. Saat itu saya mengenakannya tanpa inner, nanti saya coba deh kalau pake inner jadi nyaman atau tidak.

    BalasHapus
  14. Saya setuju kalau sering melorot itu kuncinya ada di inner atau ciput yang harus lebih kuat. Cari bahan inner yang gak licin. Insyaallah rambut gak keliatan dan gak keluar jadi kain lain termasuk fk ini nempel kuat

    Termasuk soal mencetak tubuh. Ya jangan cuma pakai fk aja ya. Meski praktis tinggal Sorong tapi badan tetap harus pakai pakaian tertutup juga ya

    BalasHapus
  15. Ooo baru tau loh kalau ini namanya french kimar. Temanku ada yang sudah pakai, tapi lebih seringnya pakai warna cerah. Memang jadinya agak kelihatan bentuk tubuhnya. Mungkin harusnya yang gelap aja ya pakainya.

    BalasHapus