Ganti Judul dan ALt sendiri

Rekam Jejak Ruang Umma di #15DaysBlogspediaChallenge

 

Pesan dan Kesan Mengikuti #15daysblogspediachallenge
#15DaysBlogspediaChallenge bagi Umma suatu hal yang tidak pernah terlupakan. Tantangan 15 hari nge blog kemudian ditambahkan dengan satu tulisan mengenai kesan dan pesan selama mengikuti tantangan ini. Maka ini adalah tantangan yang sangat sulit Umma jalani.

Kenapa Umma bisa katakan sulit karena sangat susahnya membagi waktu. Waktu yang dipunya hanya saat anak-anak istirahat dan sudah tidur. Kenyataannya si bayi kecil tidur tidak teratur dan sering rewel sejak Umma ikut challenge. 

Alhasil, setoran sering mepet sekali dan laporan sering lewat satu hari akibat nulis sambil ketiduran. Ah.. benar-benar kurang maksimal sekali membersamai waktu ngeblog. Tapi dari sini banyak hal yang Umma pelajari terutama masalah manajemen waktu. 

Umma punya mindset baru tentang profesi ngeblog. Bahwa jika kita sudah memutuskan ngeblog maka kita perlu mengatur strategi agar masalah-masalah teknis tersebut bisa teratasi dengan mudah. 

Apalagi Umma yang berprofesi utama ibu rumah tangga, tentu harus punya strategi khusus agar bisa ngeblog tanpa menganggu urusan rumah. Wah teori yang sangat mudah tapi masih butuh effort dalam prakteknya. 

Flashback Aturan #15DaysBlogspediaChallenge 


Beberapa hal yang membuat Umma sangat pesimis dengan tantangan ini adalah karena aturan mainnya yang tidak main-main. 

1. Minimal menulis 800 kata setiap hari untuk 1 artikel


Siapa yang nggak panik, Umma akui paling banyak nulis itu hanya 300 kata. Itupun butuh kerja keras yang besar. Sekarang harus nulis 800 kata. Wow banget bagi Umma. Tapi Umma jadi belajar untuk menambah literasi. 
Seorang penulis perlu memiliki banyak literasi agar tulisannya bernilai dan bermanfaat lebih bagi yang membaca. 

2. Tidak boleh Bolong 


Wah, tidak ada konsekuensi bagi para peserta harus menyetorkan tulisannya setiap hari. Karena tantangan ini sebagai peluang awal bagi Umma bisa ikut kelas Blogspedia Coaching 4 yang sudah lama Umma tunggu-tunggu. (Meskipun sedikit pesimis tapi berdoa semoga Allah mudahkan ikut Coaching ini). 

3. Menulis Sesuai Tema, Posting IG dan Laporkan


Umma memang sedikit terkendala dengan beberapa tema yang Umma kurang mampu dan belum tahu sama sekali. Satu sisi Umma jadi kaya literasi. Tapi sisi lain Umma sedikit kesulitan menulis tema karena asing dengan tema tersebut. 

Sempat ingin menyerah di waktu-waktu terakhir..Karena waktu yang Umma punya hanya diatas pukul 10 malam ke atas dan butuh waktu 2 jam lebih menulis. Kadang Umma sering ingin menyerah saja, tapi karena kita sudah memulai pantang untuk mundur sebelum waktunya. 

Alhamdulillah meskipun sering beberapa kali telat laporan IG dan laporan tapi Umma berusaha maksimal upload artikel dibawah pukul 00.00. Sungguh tantangan ini belum bisa Umma taklukan, tapi setidaknya Umma sudah berusaha melakukan yang terbaik tanpa menganggu kewajiban utama Umma sebagai seorang ibu rumah tangga. 

Kesan dan Pesan untuk #15DaysBlogspediaChalleng


Tantangan 15 hari menulis blog ini memberikan kesan yang mendalam bagi Umma pribadi dimana ada beberapa hal penting yang jadi pelajaran bagi Umma:

1. Profesi Ngeblog


Ketika kita sudah memutuskan menjadi seorang blogger maka saat itu kita harus siap dengan konsekuensinya. Apapun alasan yang membuat kendala teknis harus bisa teratasi dengan baik. 
Profesi ngeblog bagi yang ingin serius di bidang ini harus bisa menjadi profesional saat menaklukkan tantangan. 

2. Manajemen Waktu dan Planning 


Bagi seorang blogger penting sekali mengatur waktu dan membuat planning agar bisa maksimal dalam ngeblog. Blogger harus tahu dengan waktu potensial mereka dan tidak menyia-nyiakan waktu tersebut.
Bahkan seorang blogger perlu membuat rencana menulis agar blog menjadi hidup dan aktif. 

3. Blogger Wajib Kaya Wawasan


Bukan hal mudah menulis dengan 800 kata bagi Umma sebagai blogger pemula. Tapi dengan tantangan ini Umma jadi paham seorang blogger dituntut untuk kata wawasan dan banyak literasi agar tulisannya lebih kaya. 

#15DaysBlogspediaChallenge ini benar-benar ajarkan banyak hal tentang profesi blogger apalagi pemula seperti Umma. Terima kasih kepada tim 15 Hari Blogspedia Challenge yang telah membuat Umma belajar banyak hal tentang blogging. 

Pesan untuk #15DaysBlogspediaChallenge , selamat atas tantangan yang diberikan kepada para peserta. Berbagai aturan yang telah ditetapkan membuat challenge ini begitu berkesan bagi para peserta terutama Umma pribadi. 

Semoga makin banyak challenge-challenge lain yang memberikan kesempatan kepada para blogger pemula untuk terus naik kelas dan bisa jadi blogger profesional. 

Akhir kata semoga ikhtiar ini bisa mengantarkan Umma jadi salah satu penerima Golden Ticket Blogspedia Coaching dan bisa jadi salah satu pemenang hadiah tentunya. (Aamiin). 

Tapi sekali lagi Umma mengucapkan terima kasih atas pengalaman menulis rutin setiap hari ini. Semoga jadi habit bagi Umma menulis setiap hari dengan atau tanpa adanya challenge ini. 

Oh ya bagi yang ingin tahu tentang 15 tulisan Umma di #15DaysBlogspediaChallenge, berikut Umma lampirkan dibawah. Semoga bermanfaat ya. 

Hari 1 – 2 Maret 2023: Skincare favorit ramah kantong (kecantikan)


Hari ke 2 – 3 Maret 2023: Resep kuliner keluarga

https://www.ruangumma.com/2023/03/resep-andalan-keluarga-umma-randang-khas-minang%20.html

Hari 3 – 4 Maret 2023: Isu kenakalan remaja

https://www.ruangumma.com/2023/03/isu-kenakalan-remaja-dan-cara-mengatasi.html

Hari 4 – 5 Maret 2023: Tayangan Inspiratif Terbaru


Hari 5 – 6 Maret 2023: Buku favorit yang paling berkesan

https://www.ruangumma.com/2023/03/buku-favorit-yang-paling-memorable.html

Hari 6 – 7 Maret 2023: Perlindungan anak (hukum)


Hari 7 – 8 Maret 2023: Tempat liburan favorit

https://www.ruangumma.com/2023/03/liburan-favorit-keluarga-wisata-alam-dairyland-puncak.html

Hari 8 – 9 Maret 2023: Rekomendasi tempat makan lokal


Hari 9 – 10 Maret 2023: Deforestasi

https://www.ruangumma.com/2023/03/deforestasi-peringatan-Allah-tentang-kerusakan-dan-gerakan-kembali-cintai-bumi.html

Hari 10 – 11 Maret 2023: Review gadget


Hari 11 – 12 Maret 2023: Transportasi Indonesia dari Masa ke Masa

https://www.ruangumma.com/2023/03/transportasi-darat-jabodetabek-dari-masa-ke-masa.html

Hari 12 – 13 Maret 2023: Diabetes anak


Hari 13 – 14 Maret 2023: Pelestarian bawah laut


Hari 14 – 15 Maret 2023: Cara Blogger Mendukung Keberlanjutan 



Hari 15 – 16 Maret 2023: Stop Fathering Kids, Cara Membangun Keluarga yang Harmonis


Masya Allah, sekali lagi terimakasih pengalaman tak terlupakan #15DaysBlogspediaChallenge. Oh ya sharing dong pengalaman teman-teman mengikuti challenge blogging dan apa saja yang teman dapatkan?


Posting Komentar