Ganti Judul dan ALt sendiri

Cara Blogger Dukung Sustainabilty

Cara blogger Sunnah dukung sustainabilty

Cara blogger dukung sustainabilty tentu saja cakupannya sangat luas sekali. Bagaimana tidak seorang blogger memiliki kekuatan dalam tulisannya, sehingga secara tidak langsung komitmennya mendukung sustainabilty adalah dengan concern menulis berbagai hal mengenai sustainabilty. 

Apa Sih Sustainabilty? 

Istilah sustainabilty memang saat ini sedang jadi tren di kalangan pecinta lingkungan. Sustainabilty tidak hanya di bidang lingkungan tapi hampir semua dalam lini kehidupan mereka mulai berpikir untuk menjalankan kegiatan dengan konsep sustainabilty. Lalu apa sih Sustainabilty ini? 

Keberlanjutan (sustainability) adalah konsep lintas sektor yang melibatkan aspek lingkungan, ekonomi, sosial, dan lainnya.

Konsep keberlanjutan ini  berupaya membuat kehidupan menjadi lebih baik bagi generasi saat ini dan melestarikan sumber daya alam untuk generasi mendatang.

Dalam aspek lingkungan, sustainability sendiri mencakup pemeliharaan keseimbangan ekosistem, penggunaan sumber daya alam yang berkelanjutan dan pengurangan dampak negatif dari kegiatan manusia terhadap lingkungan. 

Sedangkan dalam aspek sosial dan ekonomi, sustainability  mencakup aspek keadilan sosial, kesejahteraan ekonomi, dan peningkatan kualitas hidup bagi seluruh masyarakat  Selain itu juga mencakup pembangunan yang berkelanjutan secara ekonomi dan sosial untuk mencapai keadilan dan keseimbangan jangka panjang.

Dari paparan tersebut maka keberlanjutan ini bukan menjadi hanya tugas negara atau orang yang sedang menjalankan bisnis saja  tetapi tugas semua orang. (Termasuk Umma yang kini memilih jalan menjadi blogger). 

Cara Blogger Dukung Sustainabilty 

Seperti kita ketahui blogger adalah orang yang aktif menulis dalam sebuah blog. Jadi aktivitas mereka tentu saja berkaitan dengan tulisan yang berisi tulisan, foto maupun video. Sebagai blogger tentu saja cara blogger mendukung sustainabilty lewat karya tulis. 

Karya tulis yang bisa mengedukasi banyak orang mengenai keberlanjutan ini. Tentu saja banyak sekali bahasan mengenai hal ini. Seorang blogger bisa memulai dengan menulis tulisan sederhana dan ringan terlebih dahulu. 

Misalnya saja cara mengurangi limbah, mengenai energi terbarukan, tips mengurangi emisi karbon, kerusakan lingkungan, perubahan iklim dan lain sebagainya. 

Konsisten menulis mengenai topik keberlanjutan ini akan membuat seorang blogger memiliki ciri khas sebagai blogger yang mendukung sustainabilty. 

Seorang blogger sangat dituntut untuk aktif mengetahui informasi terupdate dan pastinya buatlah tulisan yang bisa menimbulkan kesadaran bagi pembaca. 

Seperti kita ketahui di Indonesia sendiri Maslaah terbesar yang belum bisa terselesaikan adalah masalah sampah. 

Masalah yang sebenarnya bisa diatasi jika kita menerapkan gaya hidup berkelanjutan.   Nah permasalahan ini bisa jadi banyak sekali tulisan yang dihasilkan seorang blogger. Mulai dari menampilkan realita menyedihkan, dampak dan solusi atas masalah yang sedang dihadapi. 

Bahkan tidak tertutup kemungkinan karya tidak saja berbentuk tulisan tapi juga dalam bentuk foto dan video. Buatlah semenarik mungkin konten-konten, yakinlah karya kita akan mengunggah batin yang menikmati. Percayalah. 

Tentu saja seorang blogger sangat jelas cara mereka mendukung keberlanjutan adalah dengan karya tulis dan menerapkan gaya hidup berkelanjutan. 

Diantara gaya hidup sustainable adalah hidup minimalis, mengurangi penggunaan plastik, menerapkan hidup minim sampah, belajar berkebun dan perilaku hemat energi. 

Bagaimana Islam Bicara  Sustainabilty?

Tentu saja sebagai muslim, kita perlu merujuk pada Qur'an dan Sunnah dalam setiap lini kehidupan termasuk dalam mendukung sustainable. Konsep keberlanjutan  dalam Islam merupakan salah satu perintah Allah Subhanallahu Wa Taala dimana kita diperintahkan untuk memelihara yang telah Allah ciptakan. 

 وَالْأَرْضَ مَدَدْنَاهَا وَأَلْقَيْنَا فِيهَا رَوَاسِيَ وَأَنْبَتْنَا فِيهَا مِنْ كُلِّ شَيْءٍ مَوْزُونٍ

Dan Kami telah menghamparkan bumi dan menjadikan padanya gunung-gunung dan Kami tumbuhkan padanya segala sesuatu menurut ukuran. [al-Hijr/15:19]

Bahkan Rasulullah memotivasi umat islam agar gemar menanam pohon. Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

مَا مِنْ مُسْلِمٍ غَرَسَ غَرْسًا فَأَكَلَ مِنْهُ إِنْسَانٌ أَوْ دَابَّةٌ إِلَّا كَانَ لَهُ بِهِ صَدَقَةٌ

Muslim mana saja yang menanam sebuah pohon lalu ada orang atau hewan yang memakan dari pohon tersebut, niscaya akan dituliskan baginya sebagai pahala sedekah.[HR Bukhari (6012).

Kita sangat dilarang untuk merusak alam menggunduli hutan, menebang pohon, membuang  limbah ke sungai, membakar areal pesawahan dan  perbuatan merusak alam lainnya.

Bahkan yang tidak habis pikir, kita sangat tahu dampak dari perbuatan yang kita lakukan tersebut akan mendatangkan bencana yang lebih besar bagi umat manusia. 

Seperti banjir bandang, kabut asap, pemanasan global adalah beberapa diantara akibatnya dari perbuatan kita tersebut. Sangat jelaslah bahwa Islam sangat mendukung keberlanjutan ini. 

Banyak sekali kisah-kisah para umat terdahulu bagaimana akibat kerusakan yang mereka lakukan baik maksiat dan kerusakan alam berdampak bagi kehidupan mereka  (Allah datangkan bencana). 

Cara Blogger Dukung Sustainabilty: Biarkan Karya Yang Bicara 

Masya Allah, tentu saja Umma sebagai blogger yang ingin fokus pada Niche blogger Sunnah Lifestyle, tentu saja akan berupaya menjadikan karya sebagai wujud mendukung sustainable ini.

Umma akan membuka banyak kesempatan kepada pihak yang akan berkerjasama mengedukasi masyarakat mengenai sustainabilty. Tentu saja dengan banyak kerjasama akan menambah wawasan dan literasi pengunjung blog Ruang Umma. 

Tapi sebagai blogger yang menulis berusaha merujuk pada Qur'an dan Sunnah maka Umma tidak menerima kerjasama menyuarakan sustainabilty dari perusahaan rokok, bank konvensional, perusahaan asuransi, produk alkohol dan lainnya . 

Jadi meskipun blogger perlu menyuarakan sustainabilty tapi tentu saja tetap berpegang pada prinsip sebagai seorang muslim.

Nah, sekian cuap-cuap Umma mengenai cara blogger dukung sustainabilty. Bagaimana dengan teman-teman, bagaimana cara teman-teman mendukung sustainable? Sharing ya di kolom komentar. 

Posting Komentar