Ganti Judul dan ALt sendiri

5 Cara Tingkatkan Kekuatan Mental Anak

 5-cara-tingkatkan-kekuatan-mental-anak



Kekuatan mental anak-anak kita perlu ditingkatkan. Hal ini dilakukan untuk mempersiapkan mereka menghadapi situasi sulit dalam hidup mereka. 


Pengalaman mengajarkan bahwa banyak kegagalan dan kesuksesan itu disebabkan oleh jumlah kekuatan mental yang ada dalam diri individu. 


Hal tersebut tidak bisa didapatkan secara instan sejak lahir. Peran orang tua lah yang membuat mereka menjadi individu yang lebih kuat dan lebih kompeten. 

5 Cara Meningkatkan Kekuatan Mental Anak 


1. Jangan Takut Gagal


Performa buruk secara langsung terkait dengan ketakutan yang kuat akan kegagalan dalam banyak kasus. Ajari anak kita untuk tidak takut gagal tetapi untuk menghormatinya sebagai batu loncatan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar dalam hidup. 


Sebagian besar anak-anak takut tidak memenuhi harapan, sangat menderita karena tekanan teman sebaya , takut diejek, dll. Dan ini menimbulkan banyak tekanan pada pikiran mereka. 


Tekanan ini pada akhirnya menggerogoti kekuatan mental anak sehingga membuatnya lemah dan rentan dalam menghadapi kegagalan. 


Ajari anak kita untuk menganggap kegagalan sebagai batu loncatan menuju kesuksesan dan bukan batu sandungan.


2. Mengelola Emosi


Salah satu kualitas terpenting yang dapat diajarkan orang tua kepada anak-anak  adalah keterampilan mengelola emosi . Setiap orang merasakan kualitas negatif dari kemarahan, frustrasi, kekecewaan, dll, tetapi bagaimana emosi tersebut dikelola itulah yang membuat banyak perbedaan. 


Anak-anak yang kuat secara mental mengelola emosi negatif mereka tanpa terlibat dalam perilaku merusak diri sendiri atau mengasihani diri sendiri secara berlebihan. 


Anak-anak harus diberi izin untuk mengekspresikan emosinya tetapi dengan cara yang konstruktif dan ini harus diajarkan oleh orang tua sejak usia dini. 

Salah satu indikator terbaik dari kekuatan mental adalah kemampuan untuk tenang dalam situasi stres.


3. Belajar Disiplin 


Kualitas disiplin sering dipandang secara negatif di dunia liberal saat ini tetapi sebenarnya sangat penting dalam membentuk kekuatan mental seseorang.


Anak yang kuat secara mental biasanya disiplin dan memiliki kekuatan untuk mengikuti rutinitas dan mengikuti tujuan bahkan dalam keadaan yang tidak menguntungkan. 

Sukses dan gagal ditentukan oleh kekuatan mental seseorang.


Disiplin dapat diajarkan dengan cara sederhana seperti bangun setiap pagi untuk berolahraga bahkan ketika anak kita tidak “merasa ingin”. 


Namun cara terbaik untuk mengajarkan disiplin adalah dengan menerapkannya sendiri dalam hidup kita. Temani anak-anak  dalam sesi olahraga pagi mereka dan mereka pasti akan menyerap kebiasaan baik ini lebih cepat.


5-kekuatan-mental-anak

4. Hilangkan Kekhawatiran 


Bagian penting dari membangun kekuatan mental terletak pada menghilangkan kekhawatiran dan emosi negatif kecil lainnya. Masa kanak-kanak adalah fase terbaik untuk mengajari anak-anak tentang fakta bahwa tidak semua hal berada dalam kendali individu dan membuang-buang waktu dan energi untuk mengkhawatirkan hal-hal yang berada di luar kendali. 


Misalnya, ajari anak kita bahwa sambil mempersiapkan ujian dengan baik berada dalam kendali mereka; mencetak posisi pertama tidak dalam kendali mereka sehingga tidak perlu khawatir tentang hal itu.


5. Menjadi Pilar Pendukung 


Tunjukkan kepada anak-anak  bahwa kita selalu berada di samping mereka apa pun situasinya dan mereka secara otomatis akan merasa lebih kuat dan percaya diri . 


Tidak ada yang lebih meyakinkan bagi seorang anak selain dukungan tanpa syarat dari orang tua. Sebagai orang tua kita perlu mendorong anak-anak kita untuk tampil dan menang tetapi pada saat yang sama berada di samping mereka bahkan di saat-saat kelam mereka. 


Dukungan kita secara otomatis akan memberi mereka kepercayaan diri dan kekuatan untuk maju dalam hidup tanpa takut akan rintangan.

Sekarang kita sebagai orang tua tahu tentang cara-cara di mana kita dapat memupuk kekuatan mental anak-anak 


Masya Allah, sebagai umat muslim kita selalu diajarkan untuk senantiasa menampilkan akhlak yang baik. Secara otomatis melalui kekuatan mental yang coba kita tumbuhkan pada anak-anak selalu dibarengi dengan teladan akhlak yang mulia.


Hasilnya anak-anak kita menjadi insan yang kuat mental nya dan kuat Aqidahnya. Semoga Allah mudahkan kita menjadi orang tua yang bisa memberikan teladan yang baik untuk anak-anak. 


Referensi: 

https://www.indiaparenting.com/5-ways-to-boost-mental-strength-of-your-kids.html


2 komentar

  1. Wah terimakasih artikelnya Kak. menginspirasi dalam parenting yaa Ka.

    BalasHapus
  2. Nah kena tampar lagi deh kalo bahas parenting...disiplinin anak dimulai dari ortu yang kasih contoh. Ni ortunya masih banyak dosa sering ga disiplin huhu

    BalasHapus