Ganti Judul dan ALt sendiri

Jago Desain Hanya Dengan Canva, Mungkinkah?

Jago Desain Bareng Canva
Belajar Desain dengan Canva 

Bicara desain, aseli Umma paling nggak bisa. Benar-benar zonk. Untung ada aplikasi Canva yang memudahkan segalanya. Canva telah memudahkan banyak orang untuk merancang sesuatu dengan mudah, termasuk Umma. 

Sejak mengenal Canva, Umma merasa sedikit terbantu untuk menyajikan infografis yang menjadi artikel kita lebih menarik. Pengunjung bisa berlama-lama dan mudah untuk memahami isi artikel kita. Meskipun tidak mudah karena memang tidak jago desain, tetapi fitur-fitur Canva sangat membantu menghadirkan desain yang keren. 

Artikel Blog Hambar Tanpa Canva

Blog akan hambar jika hanya berisi tulisan, sehingga menambahkan infografis kedalam tulisan akan membuatnya lebih menarik. Ibarat kita jalan-jalan, tentu kita akan memilih berjalan ke taman yang banyak bunga daripada yang kering dan gersang. Begitu juga dengan blog. 

Orang akan betah berlama-lama membaca tulisan kita. (Umma juga masih berjuang menghadirkan infografis yang menarik). 

Jadi jika ingin naik kelas sebagai blogger maka jangan lupa untuk menyajikan infografis dan desain yang menarik yang sesuai dengan Niche blog-nya. Yuk kita belajar!

Jago Desain Hanya Dengan Aplikasi Canva 

Apa Sih Canva?

Canva adalah platform desain yang memudahkan pengguna untuk membuat berbagai konten visual seperti poster, presentasi, media sosial, infografis tanpa harus memiliki keahlian desain grafis. 

Nah, tahukah ternyata sejarah hadirnya platform ini juga termotivasi dari memudahkan orang yang tidak jago desain lho. 

Sejarah Canva 

Dari berbagai literasi menyebutkan bahwa awal kelahiran Canva karena pada tahun 2007, Melanie Perkins seorang guru paruh waktu di Sydney Australia yang mengajar program desain menemukan muridnya kesulitan dalam membuat desain. Karena hal tersebut, akhirnya tercetuslah ide oleh Melanie untuk membuat software desain yang lebih mudah untuk banyak orang. 

Pada 1 Januari 2012 di Sydney Australia Melanie Perkins bersama dengan Cliff Obrecht dan Cameron Adams mendirikan Canva dan terus melakukan berbagai inovasi yang bisa kita nikmati hingga sekarang. Masya Allah ya, banyak orang yang terbantu dengan aplikasi satu ini. 

Canva sendiri ada  dua jenis layanan yaitu  gratis dan berbayar. Pada layanan berbayar, Canva menyediakan Canva Pro dan Canva for Enterprise. Selain itu, pengguna juga bisa membayar produk secara fisik untuk dicetak dan dikirimkan. Jadi Sahabat Umma bebas untuk memilih berbayar atau gratis.

Manfaat Canva

Oh ya setelah kita mengenal aplikasi ini dan sejarah, lalu apa saja sih yang bisa kita lakukan dengan aplikasi ini. Berikut diantaranya ya:

Membuat Desain

Banyak sekali fitur-fitur pilihan desain yang bisa dipilih oleh pengguna diantaranya membuat desain media sosial, video, presentasi, undangan, banner, konten Instagram, poster, infografis, sertifikat, dokumen, kartu, kolase foto dan banyak lagi. 

Jadi kita bisa menyesuaikan kebutuhan kita dan tinggal memilih fiturnya. Bahkan banyak sekali pilihan desain jika kita tidak bisa mendesain sendiri. 

Menjadi Canva Creator

Selain mendesain, aplikasi ini juga membuka kesempatan kepada para desainer untuk menjadi Canva Creator. Dimana hasil desain mereka nantinya akan dibayar dan bebas digunakan oleh pengguna berbayar. 

Cara Download Aplikasi Canva 

Bagi pengguna laptop/PC bisa menggunakan tanpa aplikasi. Tinggal membuka www.canva.com dan tinggal menggunakan. Cukup login saja dan siap digunakan. 

Bagi pengguna android atau iPhone bisa mendownload aplikasi di Playstore. Setelah itu login dan siap digunakan. 

Fitur Canva
Beberapa fitur Canva menggunakan Gadget

Pengalaman Umma Menggunakan Aplikasi Canva Untuk Membuat Infografis

Umma baru kenal aplikasi ini, setahun ini. Tapi baru familiar beberapa bulan ini saja. Mungkin karena keterbatasan waktu (urus rumah dan anak) Umma tidak bisa bebas berkreasi dengan Canva. Hanya sekedar pendukung artikel yang Umma tulis saja. 

Tapi jujurly Umma sangat excited dengan aplikasi satu ini. Karena semua desain yang kita inginkan bisa kita buat disini. Bahkan tidak perlu repot-repot membuat desain sendiri, kita juga bisa memilih desain yang sudah ada kemudian mengganti tulisan, gambar dan lainnya yang ingin kita ganti. 

Umma pribadi belum maksimal menggunakan aplikasi ini dan masih terus belajar dan memaksimalkan aplikasi ini untuk desain dan infografis. Nah kali ini Umma akan cerita bagaimana Umma akhirnya berhasil membuat infografis menggunakan Canva. 

Infografis sendiri adalah alat paling efektif untuk menyajikan informasi sehingga mudah dicerna oleh pembaca. Canva menyediakan berbagai template infografis yang siap pakai, sehingga memudahkan Umma. 

7 Langkah Sederhana Membuat Infografis dengan Canva

Berikut langkah yang Umma lakukan untuk membuat infografis menggunakan aplikasi dengan bantuan handphone:

1. Buka Canva

2. Pilih Infografis

3. Pilih Template yang diinginkan atau lembaran kosong

4. Tentukan ukuran

5. Edit dan Sesuaikan dengan keinginan

6. Tambahkan gambar atau data pendukung

7. Simpan sesuai keinginan JPEG atau PNG

Sangat mudah dan sangat membantu pembaca jadi paham artikel kita..Hanya saja memang dibutuhkan kesabaran saat mendesain. Apalagi bagi emak-emak multi talent seperti Umma yang Nyambi momong anak-anak. Butuh perjuangan. 

Saran Umma sih jika ingin mendesain lebih baik pada suasana yang tenang dan telah memiliki konsep yang jelas.. Infografis atau desain yang akan dibuat. 

Penutup: Jago Desain Hanya Dengan Canva, Mungkinkah?

Ngulik Canva untuk membuat infografis dan desain memang sangat mudah tetapi jika ingin memiliki ciri khas sendiri. Umma sarankan kita perlu mengupgrade diri ya. 

Usahakan untuk terus mempraktekkan, trial error dan jangan sungkan bertanya pada orang-orang yang profesional. Teruslah berusaha menghadirkan desain yang sesuai passion kita agar desain dan infografis kita hidup dan mudah dipahami oleh pengunjung blog kita. 

Menurut Umma, Jago Desain Bareng Canva suatu hal yang mungkin. Apalagi jika kita benar-benar sungguh-sungguh. Yuk belajar biar jago desain hanya dengan Canva!


Bagaimana pengalaman Sahabat Umma ngulik Canva nih. Umma sendiri masih dalam proses belajar! 

 


2 komentar

  1. Canva benar-benar penolong bagi emak-emak rada gaptek seperti kita, Umma 🤭 Semangat ngulik 🔥

    BalasHapus
  2. Bener mbak, memang harus pas tenang ngerjainnya

    BalasHapus