Ganti Judul dan ALt sendiri

Pengalaman Mengunjungi Toko Kue Tradisional Sari Sari Sarinah, Surganya Jajanan Pasar

Sari Sari Sarinah

Kaget juga ternyata ada jajajan pasar zaman baheula di pusat perbelanjaan modern seperti Sarinah ini. Yup, sari sari jajajan pasar merupakan salah satu toko kue tradisional yang sudah ada sejak tahun 1967 lho. Berarti sudah hampir 55 tahun Sari Sari Jajanan  dan rasa coklat danvada di Indonesia. Wow, penasaran kan? Yuk kita bahas!

Mengenal Sari Sari Aneka Kue Jajan Pasar

Sejarah Toko Kue Tradisional Sari Sari

1967: Hanya Berjualan Onde-Onde di Gang Kote Sudirman Bandung Menggunakan Sebuah Gerobak

Yup, bagi pecinta kuliner dan yang sudah berkunjung ke Bandung tentu sudah familiar dengan nama Sari Sari. Sari Sari merupakan toko kue tradisional yang sudah ada sejak tahun 1967 hingga sekarang. Toko kue tradisional yang sudah memiliki 4 cabang ini, berawal dari sebuah gerobak di Gang Kote, Jalan Sudirman Kota Bandung. Awalnya hanya menjual onde onde kemudian seiring bertambahnya permintaan pembeli pada saat itu, pilihan menu kue semakin bertambah. 

1974: Buka Toko dengan Satu Etalase di Jalan Sudirman Bandung

Seiring bertambahnya permintaan pembeli gerobak tidak muat lagi menampung aneka kue akhirnya membuka toko kue di Jalan Sudirman. Dari awalnya satu etalase menjadi beberapa etalase. 

Sari Sari Sarinah
Sejarah panjang Sari Sari hingga 2022 bisa dibaca di dinding luar Toko Kue Tradisional Sari Sari Sarinah 

2012: Relokasi di Jalan Sultan Tirtayasa Bandung Hingga Saat Ini

Dengan tekad yang kuat untuk melestarikan aneka kue jajan tradisional Indonesia maka Sari Sari melakukan relokasi ke Jalan Sultan Tirtayasa dan menetap hingga sekarang. Buka jam 5 pagi hingga 6 sore. 

2021: Sari Sari Mendjamu Sukaresmi Bandung 

Toko kue tradisional ini mulai memperkenalkan aneka jajanan tradisional Indonesia kepada kalangan anak muda Bandung. Bersanding dengan mendjamu, Sari Sari hadir dengan ratusan aneka kue jajan tradisional khas Indonesia di Jl Sukaresmi No 5 Bandung Buka dari 7 pagi hingga 6 sore. 

2022 : Sari Sari di Sarinah 

Akhirnya di tahun 2022 Toko Kue Tradisional ini membuka outletnya di Sarinah. Komitmen mereka untuk memperkenalkan aneka makanan khas tradisional Indonesia secara luas tidak hanya nasional tapi juga go internasional. Keren ya. Di Sarinah, Sari Sari buka mulai 9 pagi sampai 10 malam.

Profil Sari Sari Toko Kue Tradisional Legendaris
Ratusan Kue Tradisional siap menggoda kita m

Daftar Aneka Kue Jajan Pasar Sari Sari  Jajan Pasar Sarinah

Dari browsing yang Umma dapatkan ada sekitar 222 daftar menu aneka kue jajan pasar Sari Sari di Sarinah mulai dari harga 1500 rupiah. Menunya juga dari menu tradisional seperti bubur lemu, bacang ayam, bugis mandi,cara bika, getuk lindri, gogodo pisang tanduk, bolu kojo bangka, madu mongso, putu mayang kinca, talam udang/gandus, talam suji dan banyak lagi jajanan tradisional khas Indonesia dari Sabang sampai Merauke. 

Menu Kue Tradisional Sari Sari Sarinah
Ada 200-an lebih jenis Kue Tradisional Khas Indonesia di Sari Sari Sarinah 

Ada juga aneka menu nasi seperti nasi goreng, nasi uduk, nasi kuning, nasi tutug oncom, nasi ayam teriyaki, nasi krawu, nasi leles, nasi pepes ayam bakar dan banyak lagi. Selain menu tradisional juga ada menu western juga seperti sandwich, lasagna, spaghetti schotel dan beberapa pilihan lainnya. 

Pengalaman Menikmati Jajan Pasar di Sari Sari Sarinah

Sari Sari Sarinah, Surganya Jajanan Pasar 

Nah, sedikit kaget, Sarinah sebagai salah satu pusat gaya hidup kaum modern ada satu spot yang memanjakan lidah pecinta menu tradisional. Biasanya jajajan pasar identik dengan pasar tradisional. Tapi di pasar modern seperti Sarinah ada aneka jajanan pasar. Umma cukup excited dengan spot ini. Maklum orang kampung dan sangat menyukai jajanan tradisional daripada jajajan fast food yang ada saat ini. Ke Sari Sari Sarinah yang berlokasi di Jl. M.H. Thamrin No.11 Gedung Sarinah, Lantai Basement Unit B-06a seperti menemukan harta Karun. Maka layak disebut surga jajanan pasar karena bisa-bisa kalap belanja karena ingin mencoba ratusan aneka jajan kue pasar ini. 

Aneka Kue Tradisional di Sari Sari Sarinah Harganya Murah 

Tak hanya itu harganya juga sangat murah mulai dari 1500 rupiah saja, sudah bisa menikmati jajajan tradisional ini. Menariknya semua harga tertera di semua kue tradisional. Jadi kita bisa memperkirakan berapa belanjaan kita. Dalam hati Umma bisa balik lagi dan lagi nih. 

Nostalgia Aneka Makanan Masa Kecil

Satu menu yang paling Umma ingin sekali nikmati adalah gogodo pisang tanduk yang kalau di kampung Umma di lereng gunung Singgalang namanya Godok. (Asli kangen banget terakhir makan mungkin sudah 15 tahun lalu). Ke Sari Sari Sarinah seakan bernostalgia dengan aneka jajajan masa kecil. 

Godok atau gogodo pisang tanduk salah satu kue tradisional yang Umma kangenin 

Sari Sari Sarinah: Referensi Wisata Edukasi Kuliner Tradisional Untuk Anak-Anak

Tak bisa dipungkiri anak-anak generasi sekarang banyak yang tidak kenal lagi dengan aneka makanan khas tradisional di berbagai daerah di Indonesia. Mereka sudah dimanjakan oleh menu fast food dan kekinian yang tentunya sudah tidak original lagi. Jadi Sari Sari Sarinah bisa jadi salah satu referensi liburan bersama anak-anak. Mereka bisa mengenal aneka jajajan tradisional dari berbagai daerah di Indonesia. (Seru kali ya). Sekian ya cerita singkat Umma, maklum masih fokus ke si bayi. Next mau kesana lagi ah.


12 komentar

  1. Wah ternyata umur toko kue sari sari udah cukup tua ya, berarti masalah kualitas dan rasanya gak perlu di ragukan lagi. Apalagi udah buka cabang. Salfok sama foto-foto kuenya, bikin laper pengen cobain hehe

    BalasHapus
  2. Wow, keren banget! Sari Sari ini sudah menjalankan usaha selama setengah abad lebih, mulai dari gerobak sederhana sampai bisa jualan di pusat perbelanjaan modern yang bergengsi. Sekarang malah juga bisa ikut melestarikan dan memperkenalkan aneka jajanan tradisional untuk generasi muda juga, ya. Duh, lihat jajanannya jadi laper, nih.

    BalasHapus
  3. Bener lho anak jaman sekarang banyak yang ga kenal jajan tradisional, malah kenal pasta dan turunan cromboloni. Kaget ih ada Sari Sari di pasar modern kek Sarinah. Mana harganya murcee mulai 1500 an.

    BalasHapus
  4. Wow, ikut kebayang Mba jalan2 ke surganya jajanan kue tradisional. Pengen ke sana, harganya murah lagi ya.. bisa jadi referensi. Terimakasih Mba..

    BalasHapus
  5. aku tuh bbrp kali k sarinah yg baru tp blm pernah mampir ke sari-sari

    BalasHapus
  6. Saya baru tahu loh Umm jajanan pasar Sari Sari ini. Biasanya kalau ke Bandung, kulineran yang sering terlintas saja seperti batagor, prima rasa, dll. Ternyata Sari Sari sekarang ada juga di Sarinah ya. Bisa untuk referensi nih kalau sedang di seputaran sana.

    BalasHapus
  7. Sari sari sarinah tuh emang surga dunia jajanan tradisional, segala ada dan bisa kalap belinya. Aku tetap tim jajanan tradisional, ditengah gempuran makanan ini itu yang viral dan modern

    BalasHapus
  8. Oh, Sari Sari Sarinah ini roti legend-nya Bandung yaah..
    Aku pendatang, cuma tau Roti Gempol. Huhuu~
    Tapi kayaknya beda tipenya ya.. Kalau di Sari Sari Sarinah kan jajanan pasar.
    Seneng nemu hidden gems di Bandung.

    BalasHapus
  9. Wah macam-macam kue tradisionalnya sudah banyak dan beragam ya. Pantes aja sih Karena jualannya sudah dari tahun berapa itu 60-an ya

    BalasHapus
  10. Saya suka saya suka, jajanan tradisional itu ngangenin lo, banyak makanan tradisional yang ta kangenin, banyak ya koleksinya, bisa puas jajan nih kalau seperti ini

    BalasHapus
  11. Duh mendadak lapar bacanya, paling enak ngemil kue-kue tradisional kayak gitu sambil ngeteh kalau nggak inget umur

    BalasHapus
  12. wah jad kepingin berkunjung di sari sari, saa paling suka nih dengan jajanan pasar, hampir semuanya saya suka, Harganya murah lagi ya...mulai 1500. Di sini saja klo di kota kue tu 2000 an, itu yang di tepi jalan atau pasar, klo di toko gini ya paling 4000

    BalasHapus