Ganti Judul dan ALt sendiri

Pengalaman Mengunjungi Perpustakaan dan Galeri Kota Bogor

Perpustakaan dan galeri kota Bogor


Yup, masih edisi trip ke Bogor yang dekat stasiun. Tujuan kita sebenarnya mau ke Perpustakaan dsn Galeri Bogor ini. Setelah searching google dan tanya admin Instagram dari Perpustakaan dan Galeri Bogor akhirnya kita putuskan untuk kesana. Bagaimana bisa sampai ke Perpustakaan ini? Yuk baca cerita Umma bersama anak-anak yang sempat nyasar!

Mengenal Perpustakaan dan Galeri Kota Bogor

Perpustakaan dan Galeri Kota Bogor ini ternyata revitalisasi eks Gedung DPRD Kota Bogor lho. Baru diresmikan pada Desember 2022 dan kini telah jadi salah satu alternatif bagi masyarakat untuk menghabiskan waktu mereka di Perpustakaan dan Galeri. 

Alamat Perpustakaan dan Galeri Kota Bogor 

Perpustakaan ini beralamat di pusat kota Bogor dekat sekali dengan alun-alun dan stasiun Bogor lho. Hanya berjalan sekitar 500 meter ke arah kiri dari stasiun kemudian menuju Bank Jabar Banten ambil lurus setelah menyebrang. Satu gedung setelah Bank Permata kita akan sampai di Perpustakaan Bogor. 

Jadwal Buka Perpustakaan dan Galeri Kota Bogor 

Perpustakaan dan Galeri ini buka Selasa - Minggu mulai jam 8 pagi hingga 3 sore. Sementara Senin, Libur Nasional dan Curi bersama tutup. Tentu saja untuk masuk kesini tidak dipungut biaya alias gratis ya. 

Ruang Baca Anak Perpustakaan Bogor
Si Bujang santai baca buku 

Fasilitas Perpustakaan dan Galeri Kota Bogor 

Perpustakaan dan Galeri Bogor ini terdiri dari dua tingkat. Lantai pertama ada meja informasi, meja komputer untuk mengisi daftar tamu, tempat bermain anak 0-5 tahun dan ruang baca anak. 

Sementara lantai 2 untuk ruang baca umum dengan beberapa klasifikasi ruang baca sesuai kriteria buku. Di area tengah tersedia galeri dan kursi baca. Selain itu juga ada mushalla dan kantor staf Perpustakaan. 

Bangunannya termasuk bangunan klasik dengan suasana tempo dulu. Sangat nyaman dan asri. Selain itu juga tangga menuju lantai 2 didesain dari kayu. Terasa sekali nuasa klasik dari bangunan ini. 

Destinasi di Dekat Stasiun Bogor
Ruang baca anak lantai 1 Perpustakaan dan Galeri Kota Bogor 

Pengalaman Mengunjungi Perpustakaan dan Galeri Kota Bogor

Seperti Umma sampaikan di awal, salah satu tujuan kita ke Bogor adalah ke perpustakaan ini. Bermodalkan bertanya-tanya kepada orang mereka mengatakan belok kanan setelah keluar dari Pintu Stasiun menuju alun-alun. Sekitar 500 meter. Tapi setelah berjalan kok kita tidak menemukan perpustakaan. Awalnya Umma menyerah dan memutuskan untuk main saja di alun-alun kota Bogor karena panas dan capek kalau ternyata masih jauh. Maklum nggak kenal Bogor ditambah pesona alun-alun dengan pohon rindang membuat betah berlama-lama Alun-Alun. Tapi demi mengajarkan anak untuk tidak mudah menyerah, akhirnya Umma memandu mereka lagi untuk mencari perpustakaan Bogor. Umma nggak bisa lihat map masalahnya tapi akhirnya Abang yang memimpin pencarian. (Haaa.. maklum emak bawa dua anak balita satu di gendong satu di tuntun). 

Ternyata kita salah harusnya kita lurus ke depan kemudian belok kiri menyebrang luurs ketemu persimpangan empat kita belok kiri. Ada dua gedung sebelum ketemu perpustakaan. 

Di Pusat Kota Bogor 

"Mi ini kayak yang kita lihat di Google deh!" celetukan anak-anak. 

Akhirnya sampai di Perpustakaan. Karena berhubung kami yang ciw-ciwi belum sholat Zuhur kami sholat dulu di mushalla Lantai 2. Kemudian kami memutuskan untuk mengisi perut dulu. Tapi sayang di Perpustakaan ini tidak tersedia ruang untuk makan. Akhirnya kami keluar dan makan di halte Grab saja. Setelah mengisi perut yang tidak nyaman karena tempatnya terlalu kecil. Ditambah anak-anak sudah tidak sabaran masuk perpustakaan. Akhirnya kita masuk. Petugas mengarahkan ke meja tamu kemudian isi buku tamu melalui komputer. Kemudian diarahkan menuju lantai 2. 

Sedikit kesal dengan petugas karena kita bukan mau cari ruang baca dewasa akhirnya turun lagi menggunakan tangga. Karena informasi dari petugas lift nya rusak. 

Lantai 2 Ruang Baca Umum dan Galeri Perpustakaan dan Galeri Kota Bogor 

Cerita Berkunjung ke Perpustakaan dan Galeri Kota Bogor 

Nah, kita ternyata salah lagi. Tempat main anak tutup dan kita menyangka itu tempat baca anak-anak. Kata petugas kebersihan karena ada yang melanggar aturan jadi ruangan nya di tutup sementara. Kecewa udah jauh-jauh ke Bogor ternyata ruang baca anak tutup. Sempat mau komplain sama petugas di Informasi tetapi si Abang langsung manggil. 

Ternyata ruang yang ditutup itu ruang bermain anak saja sementara ruang baca anak ada di sebelah kiri dari pintu masuk.  Akhirnya anak-anak masuk dan membaca buku juga. 

Awal masuk sedikit bingung karena rak buku tidak terlalu rapi. Mungkin tadi banyak pengunjung. Desain bagian anak juga sangat artistik. Rak buku melengkung kemudian lurus. Di bagian kanan ada papan miring seperti perosotan menuju ke rak buku atas. Ada beberapa tangga yang dibawahnya terdapat buku boardbook untuk anak 0-5 tahun. 

Meskipun sedikit berantakan perpustakaan ini sangat lengkap bacaannya. Tapi penerangan menurut Umma kurang terang. Maklum Umma sedikit rabun. So far tempat ini recommended lah untuk baca buku. Tenang dan nyaman juga. 

Selain itu juga kita bisa meminjam buku. Satu akun boleh pinjam 2 buku selama satu minggu harus dikembalikan. Jika belum jadi anggota bisa mendaftar menggunakan NIK. So far senangnya anak-anak bisa berkunjung ke Perpustakaan dan Galeri Kota Bogor. 

Next semoga bisa main dan baca buku lagi disini. Oh ya jangan lupa baca juga ya cerita Umma main di alun-alun Kota Bogor ya!

.


8 komentar

  1. wah sudah cukup lama nih saya nggak ke perpustakaan di kota dan ngajak anak-anak. padahal mengajak anak ke perpustakaan ini banyak manfaatnya ya, mbak. cuma sayang sih perpus di tempatku koleksi bukunya kurang banyak apalagi kalau dibandingkan sama di jakarta

    BalasHapus
  2. Semoga tulissan ini dibaca pengelola perpustakaan dan galeri kota bogor ya Umma. Sehingga lampu penerangannya bisa diganti dengan yg lebih terang.

    BalasHapus
  3. Kemarin liat di TikTok ada yang review perpustakaan umum di kotaku juga. Kurang lebih kekurangannya sama dengan Bogor punya. Semoga perpustakaan di Indonesia khususnya daerah bisa terus memvaik. Aamiin.

    BalasHapus
  4. Senang banget bisa ajak anak-anak berkunjung ke perpusda ya umma. Semoga ke depannya makin banyak perpustakaan dan rumah baca yang nyaman untuk diakses anak-anak.

    BalasHapus
  5. Wah sayangnya rung bermain anaknya tutup ya, karena ada yang melanggar aturan jadi ruangan nya di tutup sementara...syukurnya ruang baca anak masih buka. Yeay, ga jadi kecewa

    BalasHapus
  6. Nyaman sekali perpustakaan kota bogor ini
    Emang enak baca buku di tempat yang nyaman seperti ini ya

    BalasHapus
  7. Jadi inget kalau dulu sering banget nongki di perpusda Jabar.
    Persis seperti Perpustakaan dan Galeri Kota Bogor. Ada perosotan dan rak-rak buku yang menarik hati. Senengnya, anak bisa explor semua buku "ajaib" bagaikan berada di giant bookshelves.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sammma Mbak. Sebagai sesama warga Bandung, zaman anak-anak kecil suka ke sini. Tempatnya nyaman, ruang baca anaknya ada perosotan, jadi anak engga bosen. Buku-bukunya juga keren.
      Baguslah kalau perpustakaan umum semakin cantik & bukunya banyak

      Hapus