Ganti Judul dan ALt sendiri

Resep Bolu Ketan Hitam Kukus Mudah Dibuat

Bolu Ketan Hitam Kukus Mudah Dibuat
Bolu Ketan Hitam Kukus

Siapa disini penyuka Bolu Ketan Hitam Kukus? Sama dong kita. Umma suka sekali dengan makanan manis satu ini. Sangat mudah membuatnya bahkan cukup hanya dengan dikukus saja. Bolu Ketan Hitam siap disajikan. Penasarankan dengan resep mudahnya? 

Bolu Ketan Hitam Kukus

Bolu Ketan Hitam merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang diolah dengan cara dikukus atau dipanggang. Bahan utama dari kue ini adalah ketan hitam. 

Kue ini pun sangat mudah kita temukan di jajajan pasar tradisional atau di toko oleh-oleh. Kue ini sangat familiar di lidah masyarakat Indonesia. Rasanya juga sangat enak dan lembut. Umma suka... Umma suka. 

Saking sukanya hampir setiap Minggu, Umma membuatnya. Bahkan kadang kalau bertamu ke rumah teman atau keluarga sering jadikan oleh-oleh. Kue ini disukai anak-anak maupun orang tua. Umma menggunakan resep dari Mak Frida yang dibagikan di akun instagramnya @fridajoincoffee

Resep Bolu Ketan Hitam Kukus Sederhana

Bahan-Bahan Bolu Ketan Hitam Kukus

Resep @fridajoincoffee

  • 6 butir telur
  • 200 gr gula pasir2
  • 50 gr tepung ketan hitam1
  •  sdt cake emulsifier
  • 1 sdt baking powder
  • 1/2 sdt ekstrak vanila
  • 1/4 sdt garam
  • 200 gr mentega, dicairkan atau bisa menggunakan minyak sayur)

Cara Membuat Bolu Ketan Hitam Kukus: 

  1. Kocok telur, qula pasir, ekstrak vanila dan cake emulsifier, hingga kental berjejak. Gunakan kecepatan tinggi. 
  2. Kemudian masukkan campuran tepung ketan hitam, baking powder dan garam yang sudah diayak, aduk balik dengan spatula, sekedar rata. Pastikan semua adonan tercampur rata. 
  3. Lalu tuangkan mentega cair, aduk balik, dan jangan lupa perhatikan adukan adonan tidak ada endapan cairan terutama adonan bawah. 
  4. Tuang ke dalam loyang 24x10x7 yang sudah dioles margarin dan sudah dialas kertas roti. (Umma menggunakan cetakan bolu bulat).  
  5. Kukus selama 30 menit atau hingga matang. 

Review Resep Bolu Ketan Hitam Kukus

Bolu Ketan Hitam Kukus
Hasil Recook resep Mak Frida Bolu Ketan Hitam Kukus 

Rasanya benar-benar moist dan lembut sekali. Umma suka sekali makan saat hangat maupun dingin. Bahkan tahan lama di suhu ruangan. 

Umma ingat pada percobaan pertama, bolu Umma gagal karena tidak rata dalam mengaduk adonan. Sehingga saat dikukus ada adonan yang lembek dan tidak matang. 

Jadi pastikan sebelum mengukus, pastikan adonan sudah tercampur rata dan tidak ada endapan ya. Ini agar hasilnya sesuai dengan yang diharapkan. Sangat mudah kok membuatnya. Yuk cobain. 

Jangan lupa share ya pengalaman teman-teman! Terima kasih dan salam sayang Umma. 


Posting Komentar