Ganti Judul dan ALt sendiri

Bantu Wujudkan Rumah Impian Keluarga Perkotaan, Sinar Mas Land Kembangkan Konsep Liveable City

 

Sinar Mas Land Kembangkan Konsep Liveable City
Foto: e catalag Sinar Mas Land 

Liveable City setiap kali mengeja huruf demi huruf kata tersebut, Umma seakan dibawa pada salah satu impian Umma. Bisa tinggal di Kota Layak Huni. Umma yakin Liveable City merupakan impian semua orang yang ingin hidup lebih berkualitas.

Berkualitas tidak saja secara lahir saja tapi juga batin. Bisa lebih meningkatkan produktivitas sebagai seorang profesional, hubungan sosial yang semakin menambah semangat, kualitas pendidikan dan kesehatan yang diakui serta pemenuhan kebutuhan gaya hidup yang lengkap.

Rumah Ideal Keluarga Perkotaan Indonesia

Bicara rumah di Indonesia, ketika kita flash back kebelakang. Hampir semua rumah adat di berbagai wilayah di Indonesia menerapkan konsep rumah layak huni. Rumah yang sangat natural, dekat dengan alam, bersih, tertata mengikuti lingkungan dan tentu juga interaksi sosial yang saling mendukung.

Namun konsep rumah diatas sangat kental dengan suasana pedesaan yang jauh berbeda dengan perkotaan. Kota di Indonesia identik dengan polusi udara, sanitasi air yang buruk, sampah dimana-mana, bau selokan dan banyak lagi.

Tapi tahukah sebenarnya tidak mustahil konsep Liveable City, kota layak huni ini bisa hadir di kota-kota Indonesia. Apalagi alam Indonesia yang sangat mendukung untuk mewujudkan Kota Layak Huni ini.

Umma percaya jika kota layak huni ini bisa terwujud dengan dukungan semua pihak. Nanti kita akan bahas ya tentang Role Model Kota Layak Huni yang membuat Umma yakin akan terwujud di Indonesia.

Sebelumnya kita akan bahas mengenai Rumah Ideal Keluarga Indonesia. Dari berbagai literasi yang Umma baca dapat kita simpulkan bahwa rumah ideal adalah tempat tinggal yang dapat memenuhi kebutuhan penghuninya sehingga membuat mereka nyaman dan tenang.

Setiap negara memiliki standar rumah ideal berbeda. Semua ini dipengaruhi oleh ekonomi, sosial budaya dan iklim. Semakin sejahtera seseorang maka standar rumah ideal merekapun akan berbeda.

Rumah Impian Keluarga Perkotaan
Salah satu penampakan kawasan perumahan BSD City yang menerapkan konsep Liveable City (Foto: e catalog Sinar Mas Land)

Lalu Apa Sih Liveable City Ini?

Menurut Halweg, 1997 dalam bukunya “The City as a Family” In Lennard, S. H., S von Ungern Sternberg, H. L. Lennard, eds. Making Cities Livable. International Making Cities Livable Conferences. California, USA: Gondolier Press. menjelaskan mengenai pengertian dari Kota Layak Huni ini.

“A Livable City is a city where I can have a healthy life and where I have the chance for easy mobility – by foot, by bicycle, by public transportation, and even by car where there is no other choice…The Livable City is a city for all people. That means that the Livable City should be attractive, worthwhile, safe for our children, for our older people, not only for the people who earn money there and then go and live outside in the suburbs and in the surrounding communities. For the children and elderly people it is especially important to have easy access to areas with green, where they have a place to play and meet each other, and talk with each other. The Livable City is a city for all. (D. Hahlweg, 1997)” 

Kota Layak Huni adalah kota di mana kita dapat hidup sehat dan memiliki kesempatan untuk melakukan mobilitas yang mudah – dengan berjalan kaki, bersepeda, transportasi umum, dan mobil. 

Kota Layak Huni adalah kota yang layak huni. kota untuk semua orang. Artinya, Kota Layak Huni harus menarik, bermanfaat, aman bagi anak-anak kita, bagi para lansia, tidak hanya bagi orang-orang yang mencari uang di sana dan kemudian pergi dan tinggal di luar, di pinggiran kota dan juga masyarakat sekitar.

Bagi anak-anak dan orang lanjut usia, sangat penting untuk memiliki akses yang mudah ke area yang hijau, di mana mereka memiliki tempat untuk bermain dan bertemu satu sama lain, serta berbicara satu sama lain. Kota Layak Huni adalah kota untuk semua. (D.Hahlweg, 1997)”

Tentu saja dari penjelasan Hahlweg diatas terkait definisi kota layak huni dapat kita ambil kesimpulan bahwa kota layak huni adalah konsep pembangunan kota yang berfokus pada kesehatan, mobilitas yang mudah, ramah anak dan lansia, terdapat ruang terbuka hijau, tersedia fasilitas umum dan mendukung kebutuhan ekonomi, sosial hingga gaya hidup.

Sinar Mas Land

Ini 4 Pilar Utama Sinar Mas Land Dalam Kembangkan Liveable City

Berangkat dari definisi Liveable City sendiri, ternyata kita bisa belajar dari kesuksesan dan komitmen dari Sinar Mas Land dalam menerapkan konsep Kota Layak Huni di setiap proyeknya.

Melalui konsep Livable city ini, Sinar Mas Land berkomitmen menyediakan akses yang setara terhadap kebutuhan hidup seperti hunian yang baik, mobilitas, kualitas hidup, hingga layanan pendidikan serta lingkungan kerja di setiap proyek yang dikelola.  (https://www.sinarmasland.com/wvc2023)

Perlu kita ketahui, ada 4 pilar yang diterapkan oleh Sinar Mas Land dalam mengembangkan livable city di setiap proyek pembangunannya yaitu LiveLearnWork, and Play. Yuk kita bahas satu per satu:

1. Live

Live mengacu pada sarana dan prasarana yang mendukung kebutuhan hidup masyarakat, seperti: hunian, pusat perbelanjaan, ruang publik, akses jalan, dan keamanan.

2. Learn

Learn mengacu pada sarana dan prasarana yang mendukung kebutuhan pendidikan masyarakat, seperti: sekolah formal, sekolah vokasional, sekolah dasar hingga atas, serta universitas nasional dan internasional.

3. Work

Work mengacu pada sarana dan prasarana yang mendukung kebutuhan profesional dan lapangan kerja, seperti: pusat perkantoran, green office, kota industry, serta area komersial.

4.  Play

Play mengacu pada sarana dan prasarana yang mendukung kebutuhan emosional dan rekreasi masyarakat, seperti: pusat olahraga, taman rekreasi, exhibition halls, hingga pusat kuliner.

BSD City, Salah Satu Maha Karya Sinar Mas Land Berkonsep Liveable City

Tak sekedar konsep, Sinar Mas Land telah berhasil membuktikan kerja keras mereka dalam mewujudkan kota layak huni. Salah satunya adalah BSD City. BSD City kini layak disebut sebagai The Future Integrated Livable City di Indonesia.

Bumi Serpong Damai atau lebih dikenal BSD City ini sejak dimulai proyeknya pada tahun 1984 kini telah berubah menjadi sebuah Kota Layak Huni. Proyek yang dikerjakan oleh anak perusahaan Sinar Mas Grup ini bahkan menjadi salah satu impian tempat tinggal kaum urban. (Termasuk Umma).

Kenapa tidak, BSD City telah menjelma menjadi sebuah kota impian. Kota yang memiliki luas setengah luas Paris ini (sekitar 6.000 hektar) mampu menghadirkan sebuah konsep kota layak huni.

Disini terdapat semua yang kita butuhkan mulai dari rumah yang nyaman, urusan pekerjaan, bisnis, pendidikan, kesehatan, akses yang mudah, ruang terbuka hijau yang luas, fasilitas umum lengkap (termasuk masjid yang mudah dicari), transportasi publik beragam, pusat perbelanjaan dan banyak lagi kelebihan bisa tinggal di BSD City ini.

Banyak sekali tempat menarik bagi kaum urban di BSD City ini. Diantaranya
AEON Mall, The Breeze, QBig, Pasar Modern BSD City, Pasar Modern Intermoda dan ITC BSD serta The Loop BSD yang elegant, lengkap dan mewah.(Umma sendiri membayangkan betapa nyamannya kita bisa tinggal disana.)

Bagaimana Penerapan Konsep Pembangunan Liveable City di Indonesia?

Sebuah pertanyaan besar yang patut kita kupas secara mendalam. Menurut Umma pribadi konsep ini bisa saja diwujudkan dalam membangun perkotaan layak huni di wilayah Indonesia. Kota impian semua keluarga perkotaan. Tempat tinggal nyaman, tenang, lengkap dan bisa memenuhi kebutuhan jasmani maupun rohani mereka.

Kehadiran Sinar Mas Land tentu saja jadi angin segar bagi keluarga perkotaan di Indonesia. Mereka bisa memiliki rumah impian mereka secara mudah melalui proyek-proyek yang telah dikembangkan oleh Sinar Mas Land di berbagai kota di Indonesia.

Makin banyak proyek Sinar Mas Land tersebar di kota-kota besar Indonesia maka penerapan Liveable City ini akan terwujud.

Bagaimana sahabat Umma yang tinggal di perkotaan? Ingin memiliki rumah impian dengan konsep Liveable City, BSD City dan berbagai proyek properti Sinar Mas Land lainnya bisa jadi pilihan rumah impian keluarga Indonesia lho! 


41 komentar

  1. ahhh, sungguh ciamik sinarMas Land ini.

    selalu berikan hasil terbaik.
    masyarakat sangat terbantu dgn terobosan2nya.

    BalasHapus
  2. Salah satu keinginan dan impian ku adalah punya rumah yg liveable seperti konsep yg diusung oleh Sinar Mas Land. Semoga segera Allaah kasih rejeki rumah. aamiin

    BalasHapus
  3. BSD City ini memang sedang naik daun sekali ya. Karena infrastruktur yang terbilang lengkap dan terintegrasi, juga lingkungannya yang nyaman, BSD jadi incaran banyak pencari tempat tinggal. Canggih memang Sinar Mas Land mengkonsep hunian yang ramah warga alias liveable..

    BalasHapus
  4. Konsep livable city menjadi konsep yang bikin kita betah di dalam hunian karena gak sekedar bangunan tapi semua lengkap tersaji dari pusat perbelanjaan, edukasi, rekreasi dll

    BalasHapus
  5. Ah asik banget klo bisa tinggal di hunian dengan konsep Liveable City seperti ini
    Nyaman banget pastinya ya mbak

    BalasHapus
  6. Meskipun ngak tinggal di BSD tapi di sebelahnya, yaitu Citra Raya, tapi aku suka juga ke BSD kalau pingin ke AEON, konsep perumahan di sini memang nyaman banget, selain semua fasilitas tersedia lengkap cluster perumahan juga dibuat senyaman mungkin dengan konsep hijau.

    BalasHapus
  7. Sering wara-wiri BSD City tahu benar aku memang juara Sinar Mas Land dengan konsep Liveable City-nya. Apalagi proyek Sinar Mas Land tersebar di kota-kota besar Indonesia sehingga penerapan Liveable City ini akan terwujud dimana-mana.

    BalasHapus
  8. Bahagia banget berada di lingkungan perumahan yang developernya paham banget mengenai kebutuhan dan kebahagiaan sebuah keluarga. Dengan konsep Liveable City, semakin yakin memilih perumahan-perumahan yang dikembangkan oleh Sinar Mas Land. Investasi terbaik untuk kebahagiaan keluarga.

    BalasHapus
  9. Ingin banget mbaa..
    Kalau sinarmas land sih memang tak diragukan lagi, konsep hunian yg diusung selalu nyaman dan berkelas..

    BalasHapus
  10. Suka banget konsep yang diusung Sinar Mas ini, kalau di Surabaya ada Wisata Bukit Mas, kota mandiri ini mah, fasilitas pendukungnya lengkap, bersih, rapi pula perumahannya, suka dengan eksterior yang ditawarkan

    BalasHapus
  11. Keren ya hunian yang dibuat oleh Sinarmas ini. Benar-benar model livable City untuk kehidupan yang lebih baik

    BalasHapus
  12. penasaran banget euy sama BSD soalnya memang terkenal banget dari dulu kan yaa. sayang banget pas ke tempat mertua di tangsel kemarin nggak sempat mampir ke BSD semoga nanti bisa ke sana

    BalasHapus
  13. Baru membayangkan konsep rumah layak huni saja sudah menyenangkan. Karena rumah dan lingkungan yang layak huni nih bisa ngelepas stres banget kan setelah lelah kerja seharian.

    BalasHapus
  14. Tinggal di BSD City memang menjadi sebuah privilege, salah satunya adalah kita tinggal dalam livable city dengan fasilitas lengkap, mulai dari pendidikan hingga lapangan pekerjaan

    BalasHapus
  15. Sinar Mas Land tidak pernah gagal membangun hunian yang memang layak huni. Apalagi BSD city ya, rasanya bakal seneng banget kalau bisa tinggal disini nih.

    BalasHapus
  16. Tinggal di Liveable City ini idaman banyak orang ya mbak
    Apalagi kalau bisa tinggal di rumah yang dibangun oleh Sinar Mas Land

    BalasHapus
  17. Rumah tuh ibarat tempat isi energi untuk menghadapi tantangan hidup diluar, kalau tidak memberi kenyamanan bagi kita yang ada ruwet. Percaya dengan Sinar Mas Land bisa membangun rumah dengan konsep yang bikin nyaman penghuninya

    BalasHapus
  18. Kalo tata perumahannya kek gini nagihin banget sih. Pengen banget ada di lingkungan yang bersih, ijo, dan yg penting aksesnyaa mudah untuk kemana-mana

    BalasHapus
  19. Dulu impian banget punya rumah di perkotaan yang liveable gitu, hijau dan sesuai kebutuhan keluarga. Tapi setelah pulang kampung, ya nerima aja rumah di desa dengan suka dukanya, hehehe

    BalasHapus
  20. Kalau di Kota tuh punya kekhawatiran banyak Hal yaa..salah satunya kehidupan sosial yang tidak Sehat. Tapi dengan Konsep Liveable City, jadi meniadakan kekhawatiran itu dan tetap bisa memiliki kehidupan yang Sehat dari segi fisik dan mental bersama Sinarmas Land.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju banget Kak. Lingkungan sosial tempat tinggal itu berpengaruh sekali ke kenyamanan diri ya. Karena keinginan banyak orang pasti bisa pulang ke rumah dengan bahagia dan tenang. Konsep liveable city SinarMas Land ini bisa jadi salah satu solusi yang ok nih.

      Hapus
  21. Konsepnya bagus ya, livable city, kota layak huni. DImana daerah perkotaan banyak polusi belum lagi macet jadi tidak nyaman.

    BalasHapus
  22. 4 pilar yang diusung Sinar Mas Land keren banget, sesuai dengan kehidupan yang asri ya Mbak.

    BalasHapus
  23. Konsep pembangunan yang diusung sinar mas land tuh bagus banget ya mba. Menarik. Banget.

    BalasHapus
  24. intinya, kalau udah di livable city tuh kita hidup lebih mudah, nyaman, dan praktis ya. setiap kebutuhan bisa terpenuhi dengan baik

    BalasHapus
  25. Emang modern banget nih Sinarmas Land. Jadi mupeng juga pengen punya rumah di sana huhu

    BalasHapus
  26. Bisa membayangkan kenyamanan tinggal di Liveable City... kalau Sinar Mas Land sih memang ngga diragukan lagi

    BalasHapus
  27. Kebetulan waktu tinggal di Jakarta saya tinggalnya di BSD. Memang enak banget tinggal di BSD tuh. Sarananya lengkap. Pasar modern, busnya BSD, deket stasiun KRL. Nyamanlah pokoknya.

    BalasHapus
  28. wah penasaran banget sama BSD ini pastinya perumahannya keren banget dan enak ya, mbak buat ditinggali

    BalasHapus
  29. Kebetulan BSD ngak jauh dari perumahan tempat aku tinggal, memang sih fasilitasnya lengkap banget bagaikan kota dalam kota. Tapi memang konsep perumahan di beberapa tempat di Tangerang seperti BSD ini konsepnya seperti itu, yang terpenting nyaman dan para penghuninya bisa istirahat dengan tenang setelah berhari-hari sibuk di luar rumah.

    BalasHapus
  30. Jadi inget zaman pandemi ya..
    Dan konsep Liveable City ini selain sebuah jawaban dari keadaan yang lalu juga membuat kita aware bahwa dalam hidup gak hanya kenyamanan hunian aja, tapi juga perlu kenyamanan berinteraksi dalam berhubungan sosial dengan tetangga.

    BalasHapus
  31. Konsep livable city ini harusnya memang jadi hak semua manusia. Pemerintah wajib memerhatikan ini seharusnya. Namun, untung ada Sinar Mas Land yang paham konsep ini dalam mengembangkan properti rumah

    BalasHapus
  32. Memang beda tempat tinggal yang terkonsep seperti BSD City dengan perkotaan biasa. Masuk daerah sana udah berasa pindah kota, pindah negara kali kayak ke Singapura. Haha..

    BalasHapus
  33. Suka dengan konsep yang diusung Sinar Mas ini
    Proyeknya yang di Surabaya juga laris lo, padahal harganya juga lumayan sih, tapi memang konsepnya all in gitu, jadi orang lebih nyaman untuk tinggal disana

    BalasHapus
  34. Konsep liveable city yang ditawarkan sinar mas land memang gak tanggung ya. Udah paket lengkap bin komplit ini mah. Tinggal mikirin bagaimana dengan budget nya nih. Hihi....

    BalasHapus
  35. Konsep hunian yang ditawarkan emang ga tanggung-tanggung ya, paket lengkap dan impian sekali buat kita-kita ini

    BalasHapus
  36. Bukti Nyata Sinar Mas dalam menciptakan konsep Livable City memang tidak main-main. Harapan kedepan semoga Sinar Mas menjadi contoh untuk developer pengembang lainnya.

    BalasHapus
  37. Kalau. Lihat gambaran perumahan nyang ditawarkan sinar mas land tuh bikin pengen banget punya rumah disana. Keren

    BalasHapus
  38. Woooh keren yaa mba, Sinar Mas hadir memenuhi kebutuhan keluarga muda masa kini, bisa jadi rekomendasi hunian masa kini yang liveable banget buat yang berada di wilayah perkotaan.

    BalasHapus
  39. Terkesan banget nih sama empat pilarnya Sinar Mas dalam mengembangkan Liveable City ini. Tentunya tempat itu bisa menjadi pilihan hunian yang nyaman banget.

    BalasHapus
  40. Sangat butuh saat ini
    Tidak hanya bangunan megah
    Tetapi konsepnya harus masuk
    Pun harga sebisa mungkin tidak berat

    BalasHapus