Ganti Judul dan ALt sendiri

Perdana Service Motor! Ini 8 Bagian yang Wajib Dicek

Ilustrasi Motor (Dokumen Pribadi)

"Un.. saya udah waktunya service motor nih! Apa ya yang harus saya service, kan motor baru?" tanya adik Umma yang baru memiliki motor.

"Emang udah satu bulan ya, emang udah 1000 km ya?" tanya Umma kepada adik Umma yang masih kuliah semester satu tersebut.

"Udah ni, ini udah mau dua bulan malah? Cuma kan motor baru ngapain juga harus dicek ya? Pemakaian juga hanya kampus dan rumah doang!" ungkapnya lagi.

"Wah jangan salah, mau motor baru atau lama jika sudah jadwalnya cek lebih baik di cek. Daripada bermasalah di kemudian hari. Masih ingatkan dengan odong-odong (sebutan untuk motor bapak oleh cucu-cucunya karena sudah tidak terawat)," jelas Umma kepada adik.

Maklum adik Umma perdana memiliki motor dan masih awam seputar servis menyervis. Umma yakin di luar sana masih banyak orang yang seperti adik Umma. Tidak paham terkait servis motor dan segala yang berhubungan dengannya.  

Bagi yang perdana service motor, Umma akan berbagi informasi terkait bagian apa saja yang perlu dicek saat servis dan  bengkel service motor terbaik yang bisa jadi rekomendasi. Yuk kita bahas!

Ini 8 Bagian yang Wajib Dicek Saat Service Motor

1. Oli Mesin

Yup, bagian pertama yang penting sekali dilakukan pengecekan adalah oli mesin. Oli berfungsi sebagai pelumas, pendingin dan pelindung mesin. Pengecekan oli ini sangat penting sekali dilakukan apalagi jika perjalanan motor kita sudah mencapai 2500 km (rekomendasi dari pabrikan). Kita wajib ganti oli.

Tapi jika kita memilih oli berteknologi Ester yang merupakan base oil yang berkualitas tinggi di kelas oli ini,  kita bisa melakukan penggantian oli jika sudah memiliki jarak tempuh 5000 km. atau 2 kali lebih lama dibandingkan yang biasa.

Seperti diketahui keunggulan dari oli teknologi Ester bisa diganti 4 sampai 6 bulan, ramah lingkungan, tarikan mesin lebih enteng dan juga membuat mesin lebih dingin.

2. Oli Gardan

Bagi pengguna motor matic wajib rutin ganti oli gardan ya, karena mengingat fungsi oli gardan untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT) jadi penting sekali untuk diganti.

Waktu penggantian oli gardan ini menggunakan rumus 2x ganti oli mesin, kemudian baru dibarengi dengan 1x ganti oli gardan.Simpelnya oli gardan bisa diganti setahun sekali atau jika jarak tempuh sudah 10.000 hingga 20.000 km.

3. Busi

Bagian ketiga yang perlu dicek adalah busi. Busi merupakan part atau bagian pada motor yang fungsinya untuk mengubah aliran listrik koil menjadi percikan api sehingga mesin dapat menyala.
Jika busi tidak berfungsi baik, bisa menyebabkan motor sulit dinyalakan. Jadi perlu diingat ya.

4. Kampas Rem

Bagian selanjutnya yang paling penting dicek adalah kampas rem. Karena keamanan dan keselamatan berkendara menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan. Apalagi salah satu komponen pada motor yang besar pengaruhnya pada keselamatan, yaitu sistem pengereman.
Jika kampas rem sudah tipis,  maka rem pun  akan jadi kurang pakem, dan hal ini tentu saja bisa menyebabkan bahaya kecelakaan.

5. Filter Udara

Bagian berikutnya yang perlu dicek saat service motor adalah air radiator. Air radiator ini berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran.  Jangan sampai ada kotoran yang masuk, kemudian menyumbat sistem injeksi dan karburator.
Biasanya, mekanik akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu. Sebelum memutuskan, apakah filter udara masih bisa dibersihkan atau harus diganti.

6. Aki

Seperti kita ketahui tegangan pada aki idealnya berada pada 12,3-12,6 Volt dalam kondisi mesin mati. Sementara jika mesin menyala, maka tegangan aki berada pada 13,7 - 14,2 Volt.

Jika saat servis,  tegangan aki tak sesuai ketentuan tersebut, kemudian ditemukan ada kebocoran, atau kondisi terminal berkarat, mau tidak mau mekanik harus melakukan pemeriksaan detail.

Kondisi aki yang sudah tidak layak harus segera diganti agar kita tetap bisa menggunakan motor dengan nyaman dan aman.

7. Ban

Bahkan sebelum kita mengendarai motor, bagian pertama yang perlu dicek adalah ban. Begitu juga saat service, penting sekali Sahabat Umma untuk periksa.

Saat servis biasanya mekanik akan memfokuskan pemeriksaan pada tekanan udara di dalam ban, kondisi ban secara keseluruhan (bannya gundul atau tidak), dan sebagainya.

8. Tune up Motor Secara Rutin

Tune up adalah servis rutin motor yang meliputi pemeriksaan semua komponen,terutama yang berkaitan dengan performa motor keseluruhan. Biasanya pemeriksaan fokus pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson. 

Bahkan tune up biasanya juga disertai dengan ganti oli mesin, ganti oli gardan, atau penggantian sparepart lainnya sesuai informasi mekanik atau request pemilik motor.

Rekomendasi Bengkel Service Motor Terbaik

Bagi yang perdana service motor dan belum ada rekomendasi bengkel service motor terbaik. Umma rekomendasikan Planet Ban. Di Planet Ban ini Sahabat Umma bisa mendapatkan service motor rasa mesin baru.

Untuk mendapatkan servis yang bagus, ya kamu harus mencari bengkel servis motor yang bagus juga. Salah satu bengkel yang bisa kamu andalkan ada Planet Ban. Di bengkel ini, kamu bahkan bisa mendapatkan service motor rasa mesin baru . Hmm… apa sih servis mesin rasa baru?

Apa Sih Maksud Service Motor Rasa Baru?

Servis motor rasa baru dikenal juga dengan sistem servis terpadu. Tujuan melakukan jenis service motor ini untuk meng-upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dan biaya lebih hemat.

Fokus pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor rasa baru ini yaitu bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek dan disetel rutin.

Kenapa Sih Pilih Service Motor di Planet Ban?  

Service Motor Menyeluruh Seperti Mesin Baru

Jika Sahabat Umma melakukan servis di tempat lain, biasanya masih banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Bahkan sering juga ditemukan kotoran dan debu di blok CVT yang membuat motor jadi terasa berat.

Sementara jika service motor rutin di Planet Ban, maka seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru.

Hasil servis di Planet Ban,  tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih total.

Menggunakan Oli dan Cairan Khusus Berteknologi Tinggi

Planet Ban menggunakan oli motor matic dan cairan khusus berteknologi tinggi yang dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Hasilnya mesin jadi lebih awet dan jarang rusak.

Bahkan jika dipadukan dengan penggunaan sparepart asli, maka pemakaian menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng

Biaya Servis Lebih Hemat

Ganti oli di Planet Ban, cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000km saja (antara 4-6 bulan sekali), sehingga kamu tidak perlu sering ke bengkel.

Begitu juga harga service motor di Planet Ban untuk service motor injeksi cuma Rp20.000,- service CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- bahkan service throttle body juga cuma Rp20.000,-. Wah sangat terjangkau ya.

Dengan Servis Motor Rutin, Ikut Berkontribusi Menjaga Lingkungan Hidup


Tentu saja jika kita melakukan servis motor secara rutin maka kita ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang.

Masya Allah ya sahabat Umma,  dengan kita  rutin cek kondisi motor dan bagian apa yang perlu kita servis, banyak sekali manfaat yang kita rasakan  Motor jadi seperti mesin baru, biaya hemat dan juga berkontribusi untuk lingkungan. Yuk Service Motor-mu di Planet Ban dan dapatkan layanan terbaik untuk servis motor rasa baru!



15 komentar

  1. Pengetahuan baru buatku yang hanya suka naik aja tanpa servis ke bengkel 😅 pikirku urusan suami mah ini,tapi ternyata penting juga belajar mesko sedikit

    BalasHapus
  2. Jadi keinget semasa kuliah. Sering servis motor tiap bulan. Karena ga mau ada apa-apa sama motor pas dibawa. Info bermanfaat umma

    BalasHapus
  3. Duh.. ni ilmu yang selama ini aku pasrahkan sama mas mas di bengkel. makasih ya..

    BalasHapus
  4. Wah kebetulan aku juga sehari hari motoran Mbak. Jadi tahu ni apa yang perlu rutin di service supaya motoran tetap aman dan lancar.

    BalasHapus
  5. Apakah Planet Ban ada di.Palembang? Tertarik buat coba service motor di sini. Harganya juga oke banget. Btw, aku baru tahu lho kalau ada dua oli. Selama ini tahunya oli mesin saja.

    BalasHapus
  6. Aku tuh blas engga paham loh soal apa aja yang harus diservis. Kendaraan tuh ngertinya isi bensin, ganti oli, plus cuci motornya. Makasih artikelnya. Walaupun cewek perlu juga nih info ini. Biar engga dikadalin montir...ooops...hehe

    BalasHapus
  7. Penting banget rajin ngecek 8 bagian ini biar motor beneran rasa baru

    BalasHapus
  8. Wah iya, saat servis motor jangan lupa cek 8 bagian ini ya mbak
    Biar motor tetap terawat

    BalasHapus
  9. Bener banget, motor harus di servis secara berkala terutama oli dan kampas rem, tapi aku termasuk jarang lho servis motor soalnya suamiku yang rajin servisin, aku kebagian pake doang.

    BalasHapus
  10. Aku juga sering service motor ke planet ban. Emang lebih terjangkau. Biasanya ganti oli sih paling sering

    BalasHapus
  11. Service motor di planet ban saat ini banyak direkomendasikan. Bukan hanya harga terjangkau, tapi mekaniknya juga ramah dan teliti

    BalasHapus
  12. Service motor ini memang gak boleh dilupakan ya. Ganti oli, cek part yang mungkin sudah berumur, harus rutin dilakukan agar kendaraan tetap nyaman dipakai. Dan baiknya untuk hal yang seperti ini dipercayakan ke bengkel yang amanah juga.

    BalasHapus
  13. saya kalau awal beli motor termasuk rajin bawa ke bengkel tapi lama-lama suka malas makanya harus sering diingatin buat bawa motor ke bengkel buat diservice

    BalasHapus
  14. apalah aku yang mempercayai pada semua kang service. jadi harus banyak yang dilihat ya, mulai dari oli sampai ban

    BalasHapus
  15. Biasanya kalau servis aku cuma terima beres. Sekarang jadi tau apa aja yang harus diperhatikan, nice info mba 🤗

    BalasHapus