Ganti Judul dan ALt sendiri

5 Hal Penting Sebelum Belanja Mingguan

Belanja Mingguan


Budgetting merupakan salah satu aktivitas yang bisa jadi healing lho bagi seseorang, terutama bagi ibu rumah tangga. Sebelum belanja mingguan, akan lebih baik ibu melakukan beberapa hal yang bisa membantu budgetting. 

Berikut 5 Hal Penting Dilakukan sebelum Belanja Mingguan:

1. Tentukan Budget

Penting sekali mengetahui budget kita sebelum membuat daftar menu selama seminggu. Selain akan membantu kita tidak agar pengeluaran tidak membengkak atau apa yang kita beli tidak sesuai anggaran yang ada.

Jika kita diberikan uang bulanan, maka anggarkan belanja mingguan. Acuan utama kita untuk berbelanja adalah anggaran yang ditetapkan.

2. Cek Stok Sayur, Lauk dan Bumbu 

Sebelum menentukan menu selama seminggu, penting sekali kita cek stok yang ada di kulkas maupun di dapur. Mulai dari sayuran yang tersisa, lauk yang masih ada hingga bumbu-bumbu yang masih ada seperti bawang merah, bawang putih, lada, merica dan lain-lain. Pastikan dan catat semua stok yang ada. 

3. Buatlah Rencana Menu Harian Selama Seminggu

Stok yang ada bisa jadi acuan kita menyusun menu harian selama satu minggu. Mulai dari sarapan, makanan siang dan malam. Hingga camilan. Hal ini akan memudahkan nantinya. Percaya deh. 

4. Catat Yang Harus Dibeli

Setelah itu catatlah apa yang akan dibeli mengacu pada menu yang akan dibuat selama satu minggu ke depan. 

5. Beli Sesuai Petunjuk Dalam Catatan 

Yup, proses terakhir maka belilah bahan makanan sesuai petunjuk dari kertas yang sudah dicatat.

Bagaimana Jika Hanya Bisa Belanja Harian?

Yup, mungkin ada dari kita yang hanya dapat uang harian sehingga sulit untuk belanja mingguan. Jangan bingung. Banyak solusi kok? 

Memilih Belanja Harian 

Jika mendapatkan uang harian dari suami atau dari hasil usaha dan tidak bisa belanja mingguan. Maka syukuri saja. Berarti bisa lakukan metode belanja harian. Jangan takut boros, tapi tetap terapkan management. 

Jika uang yang diberikan melebih target belanja, bisa jadi tabungan atau menu naik level. Jika awalnya hanya telur, bisa naik level ke menu ayam atau lainnya. Tapi memang menurut Umma belanja harian membuat boros. Bisa lakukan solusi kedua. 

Dana Talangan 

Komunikasi dengan suami karena ingin menerapkan belanja bahan makanan sekali seminggu dengan beberapa alasan seperti menghemat atau lainnya. Solusi Tetap Bisa Belanja Mingguan dengan Dana Talangan:

Tentukan Budget Mingguan

Tentukan budget belanja mingguan. Kita bisa membuat anggaran belanja mingguan yang bisa kita terapkan. Tentu saja tiap keluarga akan berbeda ya.

Bandingkan Dengan Kisaran Uang Belanja Harian

Karena kita mendapatkan uang belanja harian maka kita bisa menghitung kisaran uang yang diberikan selama seminggu. 

Gunakan Dana Talangan Untuk Berbelanja

Jika kita sudah menemukan angka budget belanja mingguan. Maka kita bisa meminjam uang tabungan pribadi jika punya atau ke orang yang kita percaya. Tapi memang lebih baik menggunakan uang pribadi ya. 

Tabung Uang Belanja Harian 

Usahakan gabung semua uang belanja harian selama seminggu tersebut. Kemudian uang tersebut bisa digunakan untuk belanja mingguan berikutnya. Begitu pun selanjutnya. Sisanya simpan untuk mengganti dana talangan belanja mingguan pertama kali. 

Disini kenapa Umma menyarankan untuk menggunakan uang pribadi, agar uang yang terkumpul pada Minggu pertama bisa digunakan untuk belanja berikutnya. Jika tidak tentu akan gali lobang tutup lobang karena harus membayar uang orang lain dan kemudian meminjam lagi. Hihihi intinya Umma juga bingung nih menjelaskan. Mungkin praktik aja kali ya, biar paham. 

Tapi Umma yakin kok kalau belanja mingguan jauh lebih hemat dari harian.

Nah, itulah beberapa hal penting yang bisa kita lakukan sebelum belanja mingguan ya. Percaya deh, awalnya memang sulit. Umma juga merasakan sekali, tapi makin kesini makin terasa manfaatnya. Selain hemat, anak-anak juga terkontrol makanannya dan tentu saja lebih sehat Insya Allah. Yuk pejuang budgetting, jadikan ini sebagai rutinitas. Semoga bermanfaat. 


Posting Komentar