Ganti Judul dan ALt sendiri

Alasan Menulis Blog dan Cara Mengelola Waktu versi ruangumma.com

Alasan Menulis Blog Ruang Umma

Jika Umma flashback ke belakang, alasan  Umma menulis blog hanya satu pelarian. Sejak tidak bekerja lagi di tahun 2020, Umma sedikit bingung dengan mengatur jadwal di rumah pasca tidak bekerja. 

Meskipun Umma hanya bekerja dari rumah, tapi itulah me time Umma yang sangat membahagiakan apalagi dapat gaji semangat beda. Hihihi... Oh ya saat itu Umma bekerja sebagai penulis di salah satu media online (hampir 7 tahun lamanya). 

Tapi karena kebijakan baru harus ngantor sementara Umma tidak bisa meninggalkan anak-anak. Akhirnya dengan berat hati, Umma harus berhenti bekerja. (Sedih banget tapi harus terima, lama banget lho Umma sedih... hihi curhat). 

Sejak tidak bekerja lagi, Umma merasa ada yang hilang dalam hidup Umma. Biasa harus kejar dateline nulis minimal 5 artikel setiap hari. Semangat bangun pagi, buat nulis. Biar saat anak-anak bangun, Umma sudah beres dengan urusan pekerjaan. Tapi semua hilang begitu saja. 

Bahkan Umma pernah down hampir satu tahun lamanya pasca pandemi. Meskipun Umma terus berusaha bangkit dan berpikir jernih bahwa ini ketentuan Allah untuk Umma. Umma harus menerima dan memaksimalkan waktu untuk lebih berkhidmat pada keluarga (suami, anak dan rumah). Tapi dasar mindsetnya Umma bekerja itu begitu istimewa, susah sekali untuk menerima keadaan. 

Sampai akhirnya Umma berada di titik kepasrahan pada ketentuan Allah. Umma mulai berbenah diri dan menerima keadaan. Di tahun 2022 akhir Umma mulai enjoy dengan takdir ini. Berfokus pada hal lain yang lebih utama yaitu anak-anak. 

Awal Mula Kenal Blog

Sebenarnya Umma dulu waktu kuliah sering banget bikin blog gratisan. Tapi dasar orangnya kurang konsisten jadi terbengkalai begitu saja. Kadang lupa email dan password. Apalagi saat itu kalau update tulisan mesti ke warnet. Maklum jaman Umma komputer dan internet masih langka. Bahkan Umma nggak punya handphone, meskipun handphone jadul. Jadi fasilitas sangat terbatas. 

Sampai akhirnya di tahun 2022, saat Umma buka mesin pencari google mengenai healing yang tepat untuk yang suka menulis. Keluarlah banyak sekali tulisan yang berhubungan dengan blogger. 

Umma mulai baca dan tertarik sekali untuk menjadi seorang blogger. Umma mulai aktif pantau komunitas blogger, para blogger panutan dan semua yang berhubungan dengan blogger. Umma sangat tertarik sekali menjadi blogger. 

Jadi awal mula Umma ingin menulis blog lebih kepada menyalurkan hobi menulis Umma di tempat yang tepat dan sesuai dengan prinsip Umma sebagai seorang muslimah. 

Tapi seiring berjalan waktu terutama setelah Umma ikut kelas Blogspedia Coaching 4, Umma kembali instrospeksi diri dan ingin meluruskan niat "Kenapa Sih Memilih Menulis Blog?". 

Setelah mendapatkan pencerahan dari coaching Maritaningtyas  mengenai Big Why Blogging dan Adab Nge-Blog. Dikuatkan lagi oleh Bunda Lillah  . Umma akhirnya mengevaluasi lagi alasan menulis blog di ruangumma.com.

Alasan Menulis Blog di RuangUmma.com

Alasan Menulis Blog di RuangUmma.com : Sharing Semua Tentang Sunnah 

Seperti terlihat di blog, Umma ingin dikenal sebagai seorang blogger Sunnah. Kenapa blog?  Umma ingin jadi bagian yang mendakwahkan Sunnah dan passion Umma menulis, sehingga Umma ingin berkhidmat mendakwahkan gaya hidup Sunnah berdasarkan Qur'an dan Sunnah melalui blog. (Meskipun belum maksimal, tapi Umma berusaha untuk bisa terus meningkatkan diri serta terus memohon kemudahan dari Allah). 

Umma ingin RuangUmma ini jadi blog yang bisa berbagi mengenai Sunnah secara ringan. Mendakwahkan apa itu Sunnah serta hal-hal lain berkaitan dengan Sunnah di kehidupan kita sehari-hari. (Meskipun ini baru konsep, semoga ke depan Umma lebih bisa aktif menulis secara konsisten).

Alasan Menulis Blog di RuangUmma.com: Me Time

Yup, menulis seperti sudah jadi bagian dari diri Umma. Rasanya hampa jika tidak menulis seharian. Jadi menulis blog bagian dari me time Umma. Bahagia sekali bisa menyediakan waktu menyendiri kemudian menulis yang Umma suka. 

Meskipun sekarang terus belajar untuk bisa menulis yang baik dan benar. Tapi menulis blog jadi bagian me time Umma yang sangat Umma sukai. 

Alasan Menulis Blog di RuangUmma.com: Bermanfaat untuk Umat

Nah, setelah membaca dan mendengarkan penjelasan pada materi pertama di Blogspedia Coaching 4. Umma sungguh tersentil. Manusia terbaik adalah manusia yang bermanfaat untuk manusia lainnya. (Jleb Mak). 

Jika niat awal Umma pelarian jadi Umma ingin meluruskan niat kembali menulis blog ini agar bermanfaat untuk umat. 

Tapi tetap yang paling utama adalah seorang blogger harus mengetahui adab blogging itu seperti apa. Apalagi seorang muslim sebelum bertindak harus mengutamakan adab dulu sebelum ilmu. Jadi tentu saja saat kita sudah memilih untuk menulis blog, maka harus kita tekankan mengetahui adab-adab blogging sebelum beraksi. 

Itulah secara garis besar alasan Umma ingin menulis blog. Semoga tak sekedar teori belaka tapi bisa Umma buktikan dengan menghadirkan tulisan-tulisan menarik di blog RuangUmma. 

Tips Mengelola Waktu Nge-Blog Versi RuangUmma

Wah, maju mundur ingin menulis tips mengelola waktu ala RuangUmma. Karena secara teori memang bagus sekali. Tapi Umma masih berjuang menerapkan ini secara konsisten. Seperti materi pemanasan Blogging: Passion, Skill dan Consistency. Sebuah materi yang sangat luar biasa sekali membangun diri dari besarnya ujian dunia digital. Heee..

Tips Mengelola Waktu Nge-Blog: Fokus Tujuan Nge Blog

Penting sekali bagi seorang blogger untuk menentukan tujuan nge-blognya untuk apa. Tulislah segara garis besar dan fokuslah pada tujuan tersebut. 

Tentukan Skala Prioritas

Setelah menentukan tujuan nge-blog, selanjutnya pastikan skala prioritas kita dalam menulis blog ini apa. Apa sekedar menulis dan curhat atau lebih dari itu. 

Tetapkan Content Plan Secara Detail

Buatlah rencana konten artikel yang akan kita hadirkan di blog kita nantinya. Akan lebih baik tuliskan segara detail mulai dari rubrik yang akan kita bahas, menentukan jadwal publish dan lainnya. Tuliskan secara detail. Kemudian berjuanglah untuk disiplin dengan jadwal yang telah dibuat. 

Konsisten

Ya, ini hal paling penting dalam mengelola waktu nge-blog. Kita harus konsisten dan disiplin dengan rencana yang telah dibuat. Kapan waktu publish dan lainnya. Keseriusan kita akan terlihat secara nyata.

Bicara blogging, Umma juga masih berjuang agar bisa maksimal. Tapi tentu saja perjuangan itu harus dibuktikan dengan aksi dan selalu memperhatikan adab-adab blogging. Dunia blogging akan menyambut seorang blogger yang berdedikasi dengan blognya sesuai dengan gayanya. 

Welcome dunia blogging, semoga apa yang kita cita-citakan bisa terwujud..Happy blogging ya teman-teman. Sharing juga dong alasan menulis blog dan cara mengelola waktu versi teman-teman di kolom komentar. Terima kasih. 


12 komentar

  1. www.kaknzul.blogspot.com24 Juli 2023 pukul 23.19

    masyaallah umma tips mengelola waktunya kepakek banget buat saya. Sebagai pengingat buat saya buat semangat lagi nulis

    BalasHapus
  2. Sending virtual hug buat umma, sy pun sempat merasa kehilangan jati diri umma, dl suka nulis jurnal pribadi. Detai rapiih. Sejak punya anak jadi buyar samasekali g nulis. Bismillah semoga dg menemukan kembali diri kita lewat menulis bs bikin kita jd lebih baik ya umma. Salam kenal

    BalasHapus
  3. Related banget umma untuk manfaat ngeblognya, terlebih untuk me time ya. Soalnya kalau menghadirkan waktu khusus dan diisi dengan jornaling lalu diupload ke blog itu rasanya spesial banget, lega gitulah intinya hehe. Cara me time orang mungkin beda-beda juga, tapi aku sendiri juga menjadikan menulis sebagai sarana me time sambil menyelam passion lebih jauh hehe asal juga bisa bagi waktunya seperti kata umma harus konsisten xixi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya susah banget buat konsisten. Tapi bismillah bisa

      Hapus
  4. Masya Allah niatan menulisnya menjadi bagian dari dakwah ya, Umma. Semoga Allah mudah dan lancarkan, Umma. Semangat blogging!

    BalasHapus
  5. MasyaAllah, terimakasih tips simple tapi sangat mengena ini mba. Konsisten memang tak mudah. Semoga bisa istiqomah ya

    BalasHapus
  6. Sama seperti saya, resign kerja karena keluarga.

    BalasHapus
  7. Jujur ya mbak, menulis dengan menentukan content plan itu bakal berguna sekali. Sayangnya saya masih keteteran soal ini. Ya gimana, kadang buat nulis aja pas kepikiran tiba-tiba terus dibuat draft, dilanjutkan kalau bisa pegang laptop atau waktu luang. Mungkin bisa share tips berikutnya gimana buat content plan untuk blog mbak, insyaAllah akan sangat bermanfaat. Ditunggu tulisan berikutnya :)

    BalasHapus
  8. Suka banget dengan tampilan blog neng umma. Yang saya ingat dari tulisan neng uma yaitu konsisten. Bagaimana caranya dapat konsisten di padatnya aktivitas kak. Biasanya saya sangat lalai tentang itu

    BalasHapus
  9. Maasya Allah, blogger sunnah. Suka suka suka.... tulisan umma selalu inspiratif. Semoga saya juga bisa mengelola waktu dg baik dan bisa produktif sprti Umma. Mksh ya umma tips2 nya..

    BalasHapus