Ganti Judul dan ALt sendiri

IBF 2023, Pameran Buku Islam Terbesar di Indonesia

Gerbang utama menuju lokasi IBF 2023

Islamic Book Fair (IBF), pameran buku terbesar kembali digelar tahun ini. IBF 2023 mengusung tema "Berakhlak dan Berprestasi dengan Literasi Islami '. Pameran buku kali ini telah diselenggarakan pada Rabu hingga Ahad 20-24 September 2023 bertempat di Istora Gelora Bung Karno Senayan Jakarta.

IBF 2023 Dinobatkan Sebagai Pameran Buku Islam Terbesar di Asia Tenggara

Setelah sempat off beberapa kali, antusias pengunjung pada event Islamic Book Fair tahun ini semakin besar. Tercatat  IBF 2023  diikuti 71 perusahaan penerbitan buku dan 33 perusahaan multiproduk.

Total ada  191 stand buku dan beberapa stand non–buku. Dimana 124 stand diisi oleh peserta dari perusahaan penerbit buku, 55 stand diisi oleh perusahaan multi produk, dan 12 stand diisi oleh media dan sponsor. Ada lebih dari 200 ribu judul buku yang dipamerkan di IBF 2023.

Pameran buku ini buka dari pukul 10 pagi hingga 9 malam. Banyak sekali agenda kegiatan yang diselenggarakan oleh pihak panitia diantaranya lomba kaligrafi, PPP, IBF Award 2023, seminar, bedah buku, kontak bisnis, jumpa tokoh nasional dan internasional, lomba-lomba, dan acara lainnya yang dikemas dengan pendekatan edutainment.

Harga tiket masuk Islamic Book Fair untuk anak-anak, pelajar dan mahasiswa Rp 10.000. Sedangkan untuk dewasa atau umum, harga tiket Rp 15.000.

Acaranya banyak sekali, seru dan rugi untuk dilewatkan. Cara membeli tiket ke IBF selain datang langsung juga bisa membeli lewat online di https://www.tiket.com/to-do/islamic-book-fair-2023 . Ikuti saja instruksi. Keren ya.

Bertabur Diskon dan Hadiah Menarik

Satu hal yang paling dicari di IBF adalah hampir semua bertabur diskon. Penerbit buku memberikan harga spesial bagi pengunjung dan bahkan banyak hadiah menarik serta merchandise diberikan secara cuma-cuma.

Apalagi bagi yang belanja banyak biasanya akan banyak lagi potongan harga diberikan. Bagi yang memiliki kelapangan tentu saja wajib menyempatkan datang ke pameran buku ini.


IBF 2024 Memotivasi Para Pemuda Untuk Terus Mendukung Literasi Islam

Tentu saja bagi kita sebagai seorang muslim, menulis adalah bagian terpenting  dalam perjalanan menuntut ilmu. Bagaimana banyak sekali anjuran para ulama-ulama terdahulu untuk mengikat ilmu dengan tulisan.
Pameran buku menjadi salah satu ajang semakin mendorong kita menjadi bagian dari orang-orang yang senantiasa menebarkan ilmu melalui tulisan.

Dakwah Islam tak akan lekang oleh waktu dengan melalui literasi. Semangat ini harus ditularkan kepada generasi penerus umat. Para pemuda muslim harus kita arahkan untuk menjadi bagian dari literasi Islam ini.

IBF dan Harapan Kemajuan Islam Untuk Senantiasa Mengikuti  Qur'an dan Sunnah

Bagaimanapun kemajuan tekhnologi semakin pesat, sebagai muslim kita tetap meyakini semua harus berdasarkan aturan Qur'an dan Sunnah. Kita harus bisa tegas ketika kemajuan tersebut merusak keimanan kita. Membuat kita lalai dan meninggalkan hal-hal yang dilarang agama.

Sebagai pemuda muslim yang berpegang teguh kepada Qur'an dan Sunnah Rasulullah sepatutnya kita jadi bagian dari literasi Islam di dunia.

Kemajuan tekhnologi sudah banyak menyeret generasi muda harapan agama masuk ke dalam jurang kemaksiatan. Penyebab utamanya adalah bisa jadi karena ketidaktahuan mereka akan batasan seorang muslim.

Disinilah perlunya dakwah, apalagi di zaman semua serba digital. Sebagian pemuda Islam harus ada di barisan depan
membentengi ratusan pemuda yang mulai terjerumus ke dalam kemaksiatan.

Islamic Book Fair semoga bisa jadi ajang berkumpulnya para pemuda Islam yang peduli pada literasi Islam. Menulis berdasarkan kepada Qur'an dan Sunnah agar semakin banyak umat yang kembali pada tuntunan utama beribadah, beramal dan bermuamalah.

Masya Allah, pada pameran IBF dari tahun ke tahun sangat banyak sekali penerbit Sunnah yang hadir. Menjadi bagian dari dakwah untuk kembali kepada Sunnah Rasulullah. Termasuk tahun ini, banyak sekali hadir penerbit buku Sunnah. Alhamdulillah.

Ke depan harapannya banyak hadir para penulis Sunnah yang bisa menyasar semua kalangan baik dari buku akademik, literasi, komik, animasi, akidah, fiqh,  bisnis parenting, kesehatan dan lini lainnya.

Hal ini agar makin banyak umat tercerahkan kepada dakwah yang Haq.


Tempat pembelian tiket untuk memudahkan pengunjung IBF 

IBF 2023 Sukses Menuju IBF 2024

Tentu saja agenda tahunan dari Ketua Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) Jakarta jadi event yang paling ditunggu umat muslim, terutama di daerah Jabodetabek.

Dari antuasias dan testimoni yang Umma amati di akun Instagram @islamicbookfair terlihat wajah bahagia, sumringah para pengunjung IBF 2023.

Event yang disponsori oleh Bank Syariah Indonesia resmi ditutup pada Ahad (24 September 2023). Dari laporan panitia antusias pengunjung akan event ini sangat besar sekali dari pagi sampai malam tidak pernah sepi pengunjung.

Program yang ditawarkan oleh para peserta pameran juga sangat menarik.

Harapannya semoga IBF 2024 makin banyak para pegiat literasi Sunnah yang hadir mencerahkan umat untuk kembali kepada Sunnah Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam.

Makin banyak terbit buku-buku sesuai Sunnah yang menyasar semua kalangan pembaca mulai dari bayi, anak-anak, pemuda, dewasa maupun orang tua.

Semoga IBF 2024 makin bisa menjawab kebutuhan umat muslim untuk menjadi pribadi yang lebih baik dalam menghadapi kemajuan tekhnologi yang semakin pesat melalui literasi Islam.

Pesan Umma tetap bijak saat berburu buku ya. Pastikan buku yang kita beli bermanfaat untuk diri kita, menambah keimanan kita, meningkatkan ketakwaan kepada Allah dan semakin memotivasi kita untuk lebih baik lagi.

Sekian ya ulasan dan cerita panjang Umma mengenai Islamic Book Fair 2023 dan sampai ketemu di IBF 2024 mendatang dengan keseruannya.

Nah, selain Islamic Book Fair banyak lagi event muslim seru dan berfaedah digelar di berbagai daerah di Indonesia. Seperti cerita Mbak Cindiriyanika tentang cerita dirinya menghabiskan akhir pekan di Muslim Life Fair Jogja

3 komentar