Ganti Judul dan ALt sendiri

Mainan-Mainan Edukatif di Perpustakaan Umum Depok

Mainan Edukatif Perpustakaan Umum Depok

Tahukah ternyata tak hanya membaca buku, di Perpustakaan Depok anak-anak juga bisa belajar sambil bermain lho  Banyak sekali pilihan mainan edukatif yang bisa dimainkan di Perpustakaan Umum Depok ini. Penasaran? Yuk Kepoin blog RuangUmma.

Mainan Edukatif dan Manfaatnya

Tentu saja sebagai orang tua kita ingin memberikan mainan yang bisa bermanfaat buat anak-anak. Bahkan orang tua penting sekali mengetahui mainan terbaik buat anak mereka sesuai umur mereka lho. 

Hal ini memberikan manfaat untuk stimulasi dan tumbuh kembang anak-anak kita. Sehingga penting sekali bagi kita memberikan anak-anak mainan edukasi. Mainan yang bernilai edukasi (pembelajaran) bagi mereka. 

Mainan edukatif adalah mainan yang dapat meningkatkan kemampuan anak dan membantu mereka belajar tentang suatu hal. 

Mainan Edukatif Perpustakaan Umum Depok

Manfaat bermain mainan edukatif pada anak diantaranya

  • Meningkatkan kreativitas anak
  • Membantu stimulasi motorik halus dan kasar pada anak. 
  • Meningkatkan konsentrasi anak
  • Meningkatkan perkembangan panca indera anak
  • Membantu mereka memahami akan sebab akibat
  • Mendorong perkembangan emosional dan sosial anak

Banyak sebenarnya mainan edukasi yang bisa jadi pilihan bagi orang tua diantaranya kartu angka dan huruf, balok, maze, congklak, balok magnet, huruf magnetik, playdough, mainan pasir, masak-masakan, kasir-kasiran  dan banyak lagi. 

Mainan-Mainan Edukatif di Perpustakaan Umum Depok

Nah, berhubung tulisan kali ini Umma mau berbagi mainan edukatif yang ada di Perpustakaan Depok jadi Umma hanya berbagi beberapa mainan edukasi anak yang ada di Perpustakaan Umum Depok saja.  

(Oh ya untuk alamat dan semua tentang perpustakaan Depok bisa baca di ulasan Umma ini ya, Perpustakaan Umum Depok . 

Mainan Balok

Mainan Balok 

Disini anak-anak mulai umur 8 bulan sudah bisa menikmati mainan balok. Kita bisa membantu mereka menyusun balok atau mencocokkan dengan tempat baloknya. Seru deh dan melatih konsentrasi anak. 

Magnetik Building

Seru bahkan ada panduan menyusun magnetik nya

Nah, ini nih jadi rebutan di Perpustakaan Umum Depok. Bisa dimainkan anak dari umur 8 bulan. Magnetic Tiles Building ini sangat menarik dan mengasah kreativitas anak. Ada kertas panduan untuk anak-anak. 

Bisa membuat rumah, kendaraan, istana, roket, kotak dan banyak lagi. Selain menyusun anak-anak juga bisa belajar mengenai warna dan pantulan warna secara langsung. 

Congklak

Mainan Congklak Perpustakaan Umum Depok

Juga ada mainan tradisional congklak lho di Perpustakaan Umum Depok ini. Jadi anak-anak bisa bermain sambil bersosial. Sportif dalam bermain. Belajar berhitung dan banyak lagi. 

Puzzle

Disini juga ada puzzle sederhana yang bisa dimainkan oleh anak usia 1 tahun seperti helikopter, truk semen dan motor. 

Balok Kata


Balok kata ini bisa dimainkan anak mulai umur 1 tahun lho. Sambil melatih kekuatan otot tangan, mereka juga bisa menambah kosa kata mereka. Seru dan asyik banget. 

Maze Geometri

Maze Geometri 


Mainan edukatif satu ini bisa melatih kemampuan berpikir anak untuk menyelesaikan setiap tantangan. Mencari persamaan dan menentukan jalan geometri masing-masing. 

Balok Bentuk dan Warna 


Balok satu ini tentu saja akan membuat anak-anak berpikir untuk mencocokkan bentuk, memasukkan ke dalam lobang yang cocok dan juga mengenal warna. Meskipun sederhana bagi kita orang dewasa tapi bagi mereka ini sebuah tantangan yang sulit dan butuh perjuangan. 

Balok Angka

Mainan Edukatif Balok Angka 

Balok angka sangat cocok untuk anak-anak mengenal angka. Mencocokkan dan memasukkan angka yang cocok ke dalam kotak. 

Pengalaman Anak-Anak Bermain Mainan Edukatif di Perpustakaan Umum Depok

Anak-anak sangat antusias dengan mainan edukatif yang disediakan di Perpustakaan Umum Depok ini. Mereka bahkan tidak mengenal waktu. Asyik bermain masing-masing. 

Membaca buku, bermain puzzle, maze, balok kata dan balok magnet. Seru kata mereka. Bahkan tidak mau pulang. 

Tapi satu hal juga yang mereka pelajari saat menggunakan fasilitas di Perpustakaan Umum Depok ini adalah harus antri dan bersabar menunggu giliran jika ada teman lain yang sedang bermain. 


Playground Anak di Lantai 1

Umma memang membiarkan mereka mengamati dan mengambil keputusan saat ingin meminjam mainan yang sedang dimainkan teman lain. Alhamdulillah mereka paham dan tidak merebut mainan begitu saja. 

Jadi berkunjung ke Perpustakaan Umum Depok kali ini. Sangat mengesankan karena anak-anak asyik bermain mainan edukatif yang telah disediakan. Makin betah deh di Perpustakaan. Apalagi di lantai 1 juga disediakan Playground untuk anak-anak. 

Playgroundnya juga nyaman karena berada di dalam gedung jadi anak-anak tidak perlu kepanasan. Diantara permainan adalah ayunan, perosotan, jungkat jungkit dan panjat tali anak. 

Sekian ya cerita Umma. Apa ada yang sudah berkunjung juga? Bagaimana menurut teman-teman? Apa di tempat teman-teman juga ada fasilitas mainan edukatif seperti di Perpustakaan Umum Depok ini? Sharing ya di kolom komentar. 


Posting Komentar