Ganti Judul dan ALt sendiri

Megahnya Masjid Darussalam Kota Wisata Cibubur

Alamat Masjid Darussalam Kota Wisata Cibubur
Masjid Darussalam Kota Wisata Cibubur 

Siapa yang tidak kenal dengan Kota Wisata Cibubur? Kawasan tempat tinggal yang menawarkan kenyamanan gaya hidup, lingkungan yang sehat,  rekreasi, belajar dan juga olahraga. Tapi kali ini Umma tidak membahas itu, Umma mau cerita tentang Masjid Darussalam. Masjid Darussalam berdiri megah di tengah-tengah kawasan modern Kota Wisata Cibubur. Yuk kepoin!

Masjid Darussalam Kota Wisata dari Waktu Ke Waktu

Umma masih ingat saat pertama kali ke masjid ini di tahun 2014. Masjid tidak semegah saat ini. Dulu masjid ini hanyalah masjid kecil yang sangat sederhana. (Tapi Umma tidak memiliki dokumentasinya, tapi nanti Umma searching ya). Nah ternyata masjid ini sudah dibangun sejak 1998. 

Kemudian telah mengalami beberapa kali renovasi. 

Hingga pasca Covid-19 mengalami renovasi besar-besaran dengan wajah baru yang lebih modern dan semakin megah. 

Menurut Umma antusias jamaah di kawasan Kota Wisata untuk melaksanakan sholat jamaah maupun mengikuti berbagai kajian ilmu dan kegiatan keislaman semakin meningkat. 

Umma amati setiap waktu shalat parkiran jamaah dipenuhi oleh mobil dan motor. Masya Allah. 

Jadi patutlah Dewan Kemakmuran Masjid terus melakukan berbagai renovasi untuk memberikan yang terbaik untuk umat muslim. 

Masjid di Kota Wisata Cibubur

Alamat Lengkap Masjid Darussalam Kota Wisata Cibubur 

Masjid ini beralamat lengkap di Jl. Wisata Utama No.1, Ciangsana, Kec. Gn. Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Jika kita dari arah Jakarta dan menggunakan akses tol Nagrak, setelah keluar tol ambil kiri dan terus lurus menyusuri kawasan kota wisata. Nanti kita akan menemukan mesjid megah ini di sebelah kanan jalan. 

Jika dari arah Cileungsi kita harus putar arah karena kawasan ini berada di sebelah kanan. 

Jika dari arah Citra Grand maka lurus saja hingga ketemu plang bertuliskan Kota Wisata kemudian belok kiri. Mesjid ini berada kira-kira 1 km dari jalan raya. 

Banyak sebenarnya akses menuju mesjid. Sangat mudah mencari dengan bantuan google map.  

Info kajian Masjid Darussalam Kota Wisata Cibubur
Masjid Darussalam Kota Wisata Cibubur tampak dari area parkir masjid 

Wajah Baru Masjid Darussalam Kota Wisata Cibubur 

Masya Allah, sejak dilakukan renovasi besar-besaran, masjid ini semakin modern dan lebih kekinian lho, menurut Umma. Sangat luas sekali. 

Nuansa Putih Keemasan

Jika dulu bernuansa krem dan hijau, kini masjid ini memilih warna putih dan beberapa aksen emas di setiap sudutnya. Dari luar terlihat sangat megah sekali dengan empat menara tinggi mengelilinginya. 

Masjid seluas 5000 meter persegi ini terdiri dari tiga lantai dimana lantai 1 dan 2 untuk  sholat dan kegiatan keislaman sementara lantai 3 untuk pengurus masjid. 

Arsitektur di dalam masjid sangat modern dilengkapi dengan AC yang nyaman sekali. Begitupun ada layar TV di setiap sudut dengan berbagai program dan informasi. Sedikit banyak arsitektur dalam masjid terinspirasi dari suasana di dalam Masjid Nabawi. 


Area pintu masuk masjid 

Konsep Terbuka

Jika dulu saat Umma berkunjung, pekarangan masjid ini dipisahkan oleh tembok. Tapi pasca dilakukan renovasi masjid ini lebih berkonsep ruang terbuka. Tidak ada sekat antara jalan dan masjid..

Bahkan di area depan Masjid bertuliskan nama Masjid Darussalam juga disediakan kursi panjang untuk tempat duduk para jamaah. 

Tak hanya itu terdapat beberapa area santai bagi jamaah yang sedang menunggu waktu shalat.  

Pada malam hari, bangunan masjid dihiasi lampu warna-warni yang berganti setiap beberapa menit. Masjid terlihat sangat indah. 

Luas dan Ramah Anak 

Masjid yang memiliki luas 1,3 hektar ini memang disukai oleh para jamaah untuk menghabiskan waktu sambil menunggu waktu shalat masuk. Masjid ini juga ramah anak. Jadi mereka menyediakan pelataran masjid yang sering dijadikan sebagai tempat beristirahat bahkan anak-anak senang berlarian di area ini. 

Di depan masjid juga tersedia puluhan rak untuk meletakkan sandal dan sepatu agar masjid semakin rapi dan bersih.  

Tempat Wudhu Toilet Luas dan Bersih 

Tempat wudhu juga sangat luas sekali. Toilet juga banyak disediakan dengan pilihan duduk atau jongkok. Tempatnya juga dijamin bersih dan wangi karena ada petugas kebersihan yang siap sedia memastikan area ini bersih dan wangi. 

Tersedia Perlengkapan Sholat Wanita

Bagi jamaah yang tidak membawa mukena, pihak masjid juga menyediakan mukena untuk jamaah wanita. Mukena tersusun rapi di dalam lemari kaca yang sangat mudah ditemukan di pintu keluar area wudhu wanita. 

Alamat Lengkap Masjid Darussalam Kota Wisata Cibubur
Suasana Masjid Darussalam Kota Wisata Cibubur malam hari 

Halal Mart dan Kantin

Di area samping sebelah parkir juga ada Halal Mart, mini market milik masjid ini menyediakan berbagai kebutuhan harian jamaah. Begitu juga dengan kantin berbagai pilihan menu makanan dan minuman tersedia lengkap disini. 

Fasilitas Lainnya 

Di masjid ini juga ada tempat penitipan sandal dan barang. Di lantai 2 juga ada perpustakaan terpisah antara Ikhwan dan akhwat. Ada juga ATM Beras yang disediakan bagi jamaah dan masyarakat kurang mampu. Bagi masyarakat dan jamaah yang mendapatkan kartu, mereka akan bisa mengambil beras sesuai keperluan mereka. Masya Allah. 

Sebenarnya banyak lagi program lain dari masjid ini. Mungkin di lain kesempatan Umma cerita lagi ya. 

Kali ini Umma hanya cerita wajah baru Masjid Darussalam Kota Wisata pasca renovasi. Masjid terlihat lebih megah dan modern. Keren deh.

Jika berkesempatan ke Kota Wisata bisa mampir Masjid ini. 

Posting Komentar