Ganti Judul dan ALt sendiri

Pengalaman Umma Bikin Cromboloni Viral Hanya Pakai Adonan Donat

Asal muasal Cromboloni

Aseli Umma penasaran banget sama Cromboloni yang lagi viral di sosial media. Secara Umma emang typikal FOMO (asyeek) tapi kadang bisa juga sih mengendalikan dan mencari alternatif lain. Seperti membuat Cromboloni KW istilahnya. Mau tahu semudah apa membuat Croissant Bomboloni ala Umma ? Yuk kepoin. 

Cromboloni, Apa Sih?

Cromboloni, Croissant dan Bomboloni

Tahu kah ternyata Cromboloni singkatan dari Croissant dan Bomboloni. Croissant sebagai pastry asal Prancis ini sudah sangat terkenal seantero jagat. Begitupun dengan bomboloni, donat tanpa lubang dengan aneka isian selai kemudian ditambah taburan gula halus di luar.

Setelah adonan Cromboloni matang dan dingin kemudian diberi aneka isian dan ditambah finishing glaze aneka rasanya diatasnya plus tambahan topping lainnya. Rasanya benar-benar menggoda renyah di luar tapi lembut di dalam.

Cromboloni Dikenalkan Pertama Kali di New York City 

Tahukah ternyata di negara asal dikenalkan, namanya bukan cromboloni lho. Lafayette Grand Café & Bakery New York City mengenalkan dengan nama Suprême. Suprême ini pertama kali diperkenalkan pada April 2022. Suprême disebut sebagai croissant isi krim berbentuk bulat dan cromboloni ini merupakan penerus cronut – croissant dan donat yang pernah  tren pada 2013. Bahkan saat Suprême ini viral, orang-orang rela mengantre di depan Lafayette padahal belum buka. Karena respon warga New York City begitu antusias sehingga Lafayette harus membatasi jumlah pembelian dimana masing-masing pelanggan hanya boleh membeli 2 buah Suprême. (Wow keren ya).

Cromboloni from Lafeyette
Inilah pencetus Cromboloni di dunia dari Lafeyette Pastry 

Pencetus Awal  Pastry Cromboloni 

Dan tahukah siapa pencetus Suprême yang kita kenal dengan Cromboloni? Mengutip dari laman TastingTable, ternyata pencetus pastry cromboloni ini adalah Lafayette Pastry Chef Scott Cioe dan Head Boulanger James Belisle. Mereka ingin mengkreasi ulang croissant coklat klasik. Chef Cioe menceritakan, butuh beberapa kali eksperimen sebelum melahirkan bentuk akhir yang membuat pecinta kuliner NYC rela antre panjang. 

Chef Cioe juga mengatakan bahwa semua dibuat dari nol dengan bahan berkualitas terbaik. Suprême membutuhkan waktu untuk dipanggang didinginkan, diisi, dan diglasir. (Wow keren ya pencetus ide cromboloni ini menghadirkan menu yang disukai semua lidah warga dunia, termasuk Umma). Oh ya saat awal rilis, Suprême ini hanya ada dalam rasa coklat, rose berry spritz, dan pistachio. Kemudian pada periode tertentu, Lafayette Pastry memperkenalkan rasa baru mengikuti pergantian musim. Masya Allah ya untuk sebuah karya yang sungguh-sungguh memang bisa se-mendunia ini ya. Apalagi untuk urusan akhirat ya, lebih meng-akhirat lagi. (Wah maafkeun nggak nyambung ya). 

Resep Paling Mudah Cromboloni

Sebenarnya setelah Umma searching ternyata resepnya sangat mudah banget lho hanya bermodalkan lembaran danish pastry atau puff pastry saja. Jika menggunakan danish pastry Sahabat Umma perlu proofing terlebih dulu hingga adonan mengembang. Tetapi jika menggunakan puff pastry langkah tersebut bisa di-skip. Tetapi memang cromboloni menggunakan bahan danish pastry lebih renyah di luar dan lembut di dalam daripada puff pastry. Nah kalau bersih menggunakan danish pastry begini caranya. 

Bahan-Bahan: 

1 pack danish pastry, 1 kuning telur dan usu cair secukupnya

Isian: 

Glaze coklat, choco chips dan  rainbow sprinkle untuk taburan. Bisa mengikuti stok yang ada di rumah atau kesukaan kita ya. 

Cara Membuat: 

Keluarkan danish pastry dalam keadaan beku dan biarkan dalam suhu ruangan hingga melunak kira-kira 15 menit. Potong memanjang  seukuran 3 cm. Ambil 2 lembar danish pastry kemudian gulung perlahan  dan pastikan rapat.  Siapkan loyang alasi dengan baking paper.  Siapkan ring bulat, taruh diatas loyang  dan letakkan semua adonan yang sudah digulung dan diamkan selama selama 1 jam. 

Panaskan oven 200  derajat celcius. Kemudian adonan yang sudah mengembang, olesi dengan kuning telur dan susu. pada bagian atas. Panggang selama 20 menit dan jangan lupa tambahkan penutup loyang dan pemberat agar  cromboloni tidak mengembang keluar cetakan. Angkat dan dinginkan terlebih dahulu sebelum diiisi dan diglasir. 

Lubangi bagian atas untuk diberi isian glaze coklat. Kemudian glasir bagian luar dan berikan taburan sesuai selera.

Cromboloni adalah
Ini tahap Umma membuat Cromboloni dengan resep Donat 

Resep Mudah Membuat Cromboloni Adonan Donat

Berhubung Umma tak punya puff pastry atau danish pastry jadi Umma hanya menggunakan resep donat dan kemudian menggulungnya seperti cromboloni. Untuk resepnya bisa lihat di Resep Donat ya. Umma hanya menggiling adonan hingga tipis sekitar 2 cm dan menaruh di loyang. Kemudian biarkan mengembang dan digoreng deh. Setelah dingin diglasir sesuai bahan yang ada di rumah. Mudah dan rasanya enak banget.

Alhamdulillah anak-anak suka dan lumayan jadi pengganjal perut. Tapi tetap Umma masih penasaran dengan cromboloni yang dijual. Next kita review tapi jangan lupa ya cobain resep cromboloni Umma ya.  Selamat mencoba ya.    

13 komentar

  1. Viral banget ya cromboloni, tapi saya belum pernah nyoba nih. Haha. Asyiknya kalau bisa bikin sendiri, selain hemat juga nggak perlu antri panjang-panjang kayak di toko kue.

    BalasHapus
  2. Lah lagi viral? Aku malah baru tU cromboloni.. biasa bomboloni sama.croisant. croissant pun aku adonannya beli yg udh jadi buat bikin piknik roll biasanya yg dalemnya pake daging cincang terus di oven

    BalasHapus
  3. Kayaknya enak ya, seviral itu ya resep. Cromboloninya lembut ya. Mudah juga pakai resep donat

    BalasHapus
  4. Saya termasuk yang belum nyoba walaupun viral banget. Hehe. Pingin nyoba beli tapi lebih penasaran kalau bikin cromboloni KW ala-ala saya. Makasih resepnya, Mbak

    BalasHapus
  5. Malah baru tahu ini teh viral? Haha, saya di kampung emang kudet. Tahunya odading sama keluarga gorengan saja.
    Terimakasih Umma udah kasih resepnya. Mencobanya belum tahu kapan tapi setidaknya saya jadi tahu banyak informasi tentang donat yg gak dibolongi ini.

    BalasHapus
  6. Seneng banget ada resep cromboloni ala Umma.
    Jadi eksekusinya bisa dilakukan nih, uda dikasih tipsnya juga.
    Cromboloni Umma gemoyy gemoy yaah.. mashaAllaa~

    BalasHapus
  7. Cromboloni ini emang lagi viral banget, suka seliweran di tiktok dan dicoba bikin para food vlogger. Ternyata bisa versi murahnya ya dengan resep donat, jd ga perlu beli puff pastry

    BalasHapus
  8. Cromboloni ini memang viral banget ya, belum sempat buat mochi sudah muncul cromboloni, wkwkwk kiddosku sudah nguber minta dibuatkan ini, intip resep donatnya ah, barangkali bisa berhasil di aku

    BalasHapus
  9. Yuhuu bener banget nih, mba. Lagi viral dan emang seenak itu buat teman2 yang suka manis dan gurih.

    Sebelum viral aku pernah makan cromboloni hmm enak sih eh pas sudah viral jadi pengen beli lagi hhi

    Tapi ini ada resepnya yang mudah dicoba, kalo bikin sendiri bisa dapat lebih nih 😀

    BalasHapus
  10. Masya Allah, it looks so yummy umma. Hihihi pengen eksekusi pas libur nanti

    BalasHapus
  11. Wah, yang resepnya pakai puff pastry instan kayaknya lumayan gampang nih. Jadi pengin ikut nyobain bikin pastry yang lagi viral ini. nyummy.

    BalasHapus
  12. sering banget ini crombolini wara wiri di medsos. sempat viral ya. ternyata bisa dibikin di rumah ya dengan bahan bahan yang familiar. boleh dicoba nih resepnya

    BalasHapus
  13. Kemarin sempat dibahas juga kak di akun halalcorner, kalau beli di luar hati-hati titik kritis halalnya. Eh tapi aku lupa isiannya atau apanya gitu yahg rawan bikin nggak halal. Better bikin sendiri di rumah seperti Umma deh

    BalasHapus